Kampanye Alam ""Aksi NGERUMAT BUMI" #penanaman pohon pantai Mangunharjo, Semarang" | LindungiHutan
Gambar Kampanye
Kampanye Selesai

"Aksi NGERUMAT BUMI" #penanaman pohon pantai Mangunharjo, Semarang

Gayuh Chandra Pramtama

Gayuh Chandra Pramtama

9 pohon terkumpul dari 1,000 pohon

3 Donatur

Batas Donasi: 31 March 2021
Kampanye Selesai
Penanaman: 22 August 2021
Selesai Ditanam
Unduh LPJ

Belum ada kampanye terkait

Cerita
Pantau
Update
Kampanye dibuat 11 January 2021
Kalo biasanya ulang tahun dirayakan dengan makan-makan atau kumpul bersama keluarga, kali ini saya mau merayakan ulang tahun dengan menanam pohon.
Halo Sahab
Salam Lestari!!
Perubahan iklim yang ekstrim seperti saat ini, menimbulkan dampak pada peningkatan ombak dan pasang surut air laut. Kondisi demikian, tentunya sangat berpotensi terjadinya abrasi pantai. Hal ini yang terjadi di pantai Semarang terutama di kecamatan Tugu, kelurahan Mangunharjo. Bahkan lebih parah apabila tidak ada yang peduli dan melakukan untuk mengatasinya. Salah satu tindakan yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan penanaman mangrove di sekitar bibir pantai. Penanaman mangrove dapat mencegah abrasi karena memiliki akar yang efesien untuk menahan tanah dan sebagai pelindung terjangan aingin di area pantai. Selain itu manfaat tanaman mangrove juga sebagai tempat hidup ekosistem pantai dan sebagai mata pencaharian penduduk untuk melakukan penangkapan ikan sekaligus tanaman mangrove dapat di manfaatkan sebagai obat-obatan.
Kondisi pantai yang sebagian sudah di lakukan penanaman dan terdapat banyak sampah
Kondisi: pantai rusak dan banyak sampah

Menyadari hal tersebut, Saya Gayuh Chandra Pramtama. Saya adalah seorang penggemar untuk melestarikan alam. Saya berasal dari Pati Jawa Tengah, saat ini kondisi
lingkungan disekitar daerah saya sangat membutuhkan bantuan dan uluran tangan saudara-saudara untuk saling peduli menjaga lingkungan terutama kepedulian kita untuk lebih sadar melakukan tindakan yang dapat kita lakukan salah satunya adalah dengan melakukan penanaman vegetasi seperti mangrove di kawasan pantai, dimana keadaan dengan adanya vegetasi di kawasan pantai sangat berpengaruh untuk menahan terjadinya abrasi, selain itu vegetasi pantai juga sangat berpengaruh untuk kehidupan makhluk hidup seperti ikan dan makhluk hidup lainnya yang mendominasi daerah pesisir pantai.

kondisi : air laut yang sudah mendekati daratan

Ini adalah foto dimana kondisi pesisir pantai mengalami kenaikan air mendekati area daratan, hal ini membuktikan menurunnya vegetasi dan rusaknya ekosistem kawasan pantai di sekitar kota Semarang.
Penyebab dari kondisi tersebut adalah meningkatnya suatu kondisi iklim yang ekstrim dan menurunnya kondisi lingkungan karena tidak adanya kepedulian kita terhadap lingkungan. Sehingga menyebabkan dampak seperti abrasi pada bagian pesisir pantai dan menurunnya vegetasi serta ekosistem pantai.
Harapan saya kita dapat melakukan perbaikan ekosistem pantai dengan cara melakukan penanaman pohon dimana harapan ini untuk memperkecil abrasi dan mengembalikan kondisi vegetasi pantai yang ada.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah
Rp 10,000/pohon.

Pantai Mangunharjo merupakan Kawasan ekowisata yang terletak di Kecamatan Tugu, Kota Semarang yang mengupayakan ekosistem mangrove sebagai kawasan percontohan. Pantai ini memiliki ombak yang landai, memungkinkan pengunjung untuk bermain air laut. Keindahan tersebut terkendala oleh laju abrasi yang tinggi yang menjadi penyebab utama rusaknya kawasan pesisir. Abrasi yang terjadi menyebabkan jarak antara pemukiman warga dan garis Pantai Mangunharjo hanya tersisa 1 km. Untuk itu, LindungiHutan melalui kampanye alam akan melakukan penanaman pohon Mangrove Rhizophora sebagai salah satu upaya untuk mencegah abrasi. Selain itu, akar mangrove memiliki fungsi untuk menjerat sedimen, dan diharapkan akan memunculkan daratan baru kedepannya. Akar Mangrove juga dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia yang dapat mencemari laut.

Bagaimana Cara Berdonasi ??
1. Klik Tombol “DONASI SEKARANG”
2. Input nominal yang akan di donasikanπ
3. Pilih metode pembayaran transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI), Go-
Pay dan Doku Wallet
4. Konfirmasi melalui WhatsApp, Website atau E-mail
5. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di
Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

Kampanye alam "Aksi NGERUMAT BUMI #penanaman pohon pantai Mangunharjo, Semarang" telah dilaksanakan di Mangunharjo, Semarang pada tanggal 22 Agustus 2021 dibantu oleh mangrove Lestari.



Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye ini dapat diakses di link berikut "Penanaman Aksi NGERUMAT BUMI #penanaman pohon pantai Mangunharjo, Semarang"
Data dan Emisi/Serapan Carbon dapat berubah sesuai data update dan usia pohon
24 Aug 2021
Pemantauan #1
9
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
2cm
Diameter Pohon
40cm
Tinggi Pohon
100%
Perkembangan
Gambar Monitoring
24 Aug 2021
Campaign telah dilaksanakan 24-08-2021
9
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
1cm
Diameter Pohon
1cm
Tinggi Pohon
1%
Perkembangan
24 Aug 2021
Campaign telah dilaksanakan 24-08-2021
9
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
1cm
Diameter Pohon
1cm
Tinggi Pohon
1%
Perkembangan
11 Jan 2021
Update Kampanye Dimulai Nanti Pada Tanggal Pelaksanaan 31-12-2021
1
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
1cm
Diameter Pohon
1cm
Tinggi Pohon
1%
Perkembangan
Gambar Monitoring
2 tahun yang lalu
Avatar
Lutfia Sittaturrahmah
1 Pohon
Bissmilah, semoga bermanfaat
2 tahun yang lalu
Avatar
Anonymous
3 Pohon
3 tahun yang lalu
Avatar
Gayuh Chandra Pramtama
5 Pohon
Semoga bermanfaat untuk bumi dan orang banyak.
3 tahun yang lalu
Avatar
Gayuh Chandra Pramtama
5 Pohon
5
Semoga bermanfaat untuk bumi dan orang banyak.
2 tahun yang lalu
Avatar
Anonymous
3 Pohon
3
2 tahun yang lalu
Avatar
Lutfia Sittaturrahmah
1 Pohon
1
Bissmilah, semoga bermanfaat

Hitung Emisi Karbon dengan Mudah dan Gratis

Melalui Imbangi, setiap pengguna dapat menghitung jejak karbon yang dihasilkan dan menyerapnya dengan langkah penghijauan bersama LindungiHutan

Hitung Jejak Karbon