Kampanye Alam "Menanam Adalah Melawan" | LindungiHutan
Gambar Kampanye

Menanam Adalah Melawan

BULANDU

BULANDU

Lihat Partner

0 pohon terkumpul dari 1,000 pohon

0 Donatur

Batas Donasi: 31 July 2024
70 Hari lagi
Penanaman: 31 December 2024
223 Hari lagi
Donasi

Belum ada kampanye terkait

Cerita
Pantau
Update
Kampanye dibuat 10 July 2023
Menanam Adalah Melawan
Halo Sahabat,
Salam Lestari!
Perkenalkan,kami dari BULANDU.

BULANDU adalah penerbit buku independen yang menghadirkan bacaan alternatif di bidang Nonfiksi dan Fiksi.

Tujuan berkontribusi melalui kampanye alam ini karena kami menyadari bahwa kegiatan yang sedang kami geluti adalah bagian tak terpisahkan dengan Lingkungan, dan apa yang kemudian menjadi cita-cita Lindungi Hutan itu sendiri.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah
Rp 30,000/pohon.

Desa Tiwoho merupakan desa yang terletak di Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Desa Tiwoho sebelah Barat berbatasan dengan Kota Manado (Kelurahan Bahowo) sebelah timur berbatasan dengan Desa Wori. Desa Tiwoho berpenduduk sekitar 1164 orang dan 348 KK. Desa Tiwoho termasuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Bunaken (TNB). Dengan ditunjuknya Desa Tiwoho sebagai desa wisata rintisan menurut Keputusan Bupati Minahasa Utara Nomor 64 tahun 2021 diperlukan pengembangan wisata di wilayah Desa Tiwoho. Adapun rencana pengembangan wisata berupa pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam terbatas yang ada dalam kawasan TNB. Wisata alam yang akan dikembangkan adalah wisata edukasi ekosistem mangrove berupa mangrove trail. Adapun spesifikasi bangunan mangrove trail adalah sebagai berikut: Panjang trail 300 meter, lebar 1,5 meter dengan bahan yang terbuat dari bambu serta kayu aksesoris lainnya. Untuk mempercantik, digunakan juga cat dan lampu aneka warna.

Desa Tiwoho memiliki wilayah dan bentang alam yang kaya akan potensi sumberdaya alam, mulai dari dataran tinggi perbukitan sampai ke garis pantai. Sumberdaya alam tersebut perlu dijaga kelestariannya agar tidak mengganggu keberlangsungan hidup masyarakat. Masyarakat Desa Tiwoho sangat bergantung kepada hasil alam dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya. Kebutuhan hidup tersebut diperoleh langsung dari alam ataupun budidaya seperti ikan laut, kerang, ubi, singkong, dan lain sebagainya.
Selain untuk konsumsi, pemanfaatan sumberdaya alam lain dapat juga berupa jasa wisata. Potensi wisata yang ada di Desa Tiwoho akan sangat baik bila terus dikembangkan dengan tetap berlandaskan prinsip konservasi. Pengembangan pariwisata alam terbatas dapat dimulai dengan menentukan daya tarik wisata alamnya terlebih dahulu. Potensi wisata terbesar Desa Tiwoho adalah ekosistem mangrove yang memiliki keragaman jenis tinggi. Ekosistem mangrove tersebut perlu dikembangkan dan koordinasikan intensif dengan Balai Taman Nasional Bunaken. Kedepan harapannya, wisata mangrove di Desa Tiwoho bisa menjadi salah satu destinasi utama dari pariwisata Taman Nasional Bunaken yang telah mendunia.

Bagaimana Cara Berdonasi ??
1. Klik Tombol “DONASI SEKARANG”
2. Input nominal yang akan di donasikanπ
3. Pilih metode pembayaran transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI), Go-
Pay dan Doku Wallet
4. Konfirmasi melalui WhatsApp, Website atau E-mail
5. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di
Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!
Data pantau belum tersedia saat ini

Buka kembali setelah pelaksanaan penanaman

Data monitoring belum tersedia saat ini

Buka kembali setelah pelaksanaan penanaman

Belum ada dukungan dari Sahabat Alam

Belum ada dukungan dari Sahabat Alam

Hitung Emisi Karbon dengan Mudah dan Gratis

Melalui Imbangi, setiap pengguna dapat menghitung jejak karbon yang dihasilkan dan menyerapnya dengan langkah penghijauan bersama LindungiHutan

Hitung Jejak Karbon