Jumbotron

Bertahun-tahun Tambakrejo terdampak abrasi, kita bisa apa?

Dibuat

15 Donatur

Jenis Pohon Tanam : Mangrove Rhizophora

679 pohon terkumpul dari 1,000 pohon

Batas Donasi: 02 Nov 2019

Penanaman: Minggu, 03 November 2019

Kampanye Alam Selesai

Tambakrejo kerap dilanda banjir, terutama jika air laut sedang pasang atau sering disebut dengan rob. Bantu kami untuk menanggulangi banjir di Tambakrejo dengan cara donasi atau gabung aksi
Tambakrejo adalah Dusun paling utara di Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kawasan ini kerap dilanda banjir, terutama jika air laut sedang pasang atau sering disebut dengan Rob. Tambakrejo juga dikenal sebagai desa nelayan, hal ini dikarenakan sebagian besar warganya memang berprofesi sebagai nelayan. Berbagai hasil tangkapan laut diperoleh para nelayan Tambakrejo untuk dijual langsung dalam keadaan segar maupun diolah terlebih dahulu.

Namun bagai dua sisi mata uang yang berlainan. Laut yang selama ini menjadi tumpuan nelayan Tambakrejo untuk menghidupi keluarganya, kini mulai mengancam masa depan. Ombak Laut Jawa secara perlahan mengikis daratan Tambakrejo dan mengancam tempat tinggal mereka karena jarak pantai yang semakin dekat. Tidak hanya itu, Sampah juga menjadi masalah berikutnya bagi warga Tambakrejo. Sampah yang terus menumpuk menyebabkan pencemaran air, udara dan tanah. Hal tersebut juga sebagai sumber penyakit seperti diare, demam berdarah dan lainnya.

Banyak solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi bahkan mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya adalah melakukan penanaman Mangrove. Penanaman ini dirasa cukup efektif karena mangrove memberi banyak manfaat bagi pesisir pantai. Akar Mangrove memiliki kemampuan untuk menahan dan mengendapkan lumpur sehingga mampu menahan laju ombak yang menerjang daratan, akar tersebut juga dapat menahan sampah yang berada dilaut. Dan hal ini dapat menyelamatkan pesisir Tambakrejo dari abrasi dan permasalahan sampah. -

Melalui program ECOCARE (Economics Care to Environment) yang diinsiasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Diponegoro (BEM FEB UNDIP) mengajak teman-teman untuk melakukan niat baik dalam menyelamatkan Pesisir Tambakrejo dari bahaya abrasi pantai. Bentuk nyata yang akan dilakukan adalah dengan melakukan penanaman Mangrove dan pembersihan pesisir dari sampah. Kami berharap semua orang bisa menyadari pentingnya pelestarian lingkungan bagi masa depan karena lingkungan hidup yang akan baik akan membuat kualitas hidup masyarakat di daerah tersebut juga menjadi lebih baik.
Karena itu kami mengajak semua orang untuk ikut berdonasi maupun gabung aksi dalam acara penanaman mangrove ECOCARE BEM FEB UNDIP bekerja sama dengan Lindungi Hutan.

Penanaman akan dilakukan pada tanggal 3 November 2019 di Pesisir Tambakrejo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman pohon adalah Rp5.000.
Dengan Rincian :
1. Biaya Penyulaman
2. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini) Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
3. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
1. Klik Tombol Donasi
2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
3. Pilih Transaksi Pembayaran
4. Konfirmasi
5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!


Kampanye alam"Bertahun-tahun Tambakrejo terdampak abrasi, kita bisa apa?" telah dilaksanakan diPesisir Tambakrejo Semarangpada tanggal3 November 2019 dibantu olehCamardan juga peserta gabung aksi yang berjumlah5 orang.



Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye ini dapat diakses di link berikut Ecocare

#Update 04-Jun-2020

Kampanye alam "Bertahun-tahun Tambakrejo terdampak abrasi, kita bisa apa?" telah dilaksanakan di Pesisir Tambakrejo Semarang pada tanggal 3 November 2019 dibantu oleh Camar dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 5 orang. Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye ini dapat diakses di link berikut https://drive.google.com/drive/folders/1P-ViXxQocOasM43xJImEjTmc70kZxrzi?usp=sharing

Anonymous

Anonymous

7 Pohon

Erlina

Erlina

20 Pohon

Anonymous

Anonymous

7 Pohon

Anonymous

Anonymous

6 Pohon

Bersahabat dengan alam bersama dengan sesama
Anonymous

Anonymous

5 Pohon

Yoh iso yoh !
Anonymous

KlenandKind.com

418 Pohon

Anonymous

KlenandKind.com

171 Pohon

Anonymous

Erlina

20 Pohon