Kampanye Alam "Bersama Hino Finance untuk Tumbuh Lebih Hijau: Lampung" | LindungiHutan
Gambar Kampanye
Kampanye Selesai

Bersama Hino Finance untuk Tumbuh Lebih Hijau: Lampung

PT Hino Finance Indonesia

PT Hino Finance Indonesia

Lihat Partner

1,200 pohon terkumpul dari 1,200 pohon

1 Donatur

Batas Donasi: 05 June 2023
Kampanye Selesai
Penanaman: 04 July 2023
Selesai Ditanam
Unduh LPJ
Cerita
Pantau
Update
Kampanye dibuat 11 April 2023
PT Hino Finance Indonesia menggandeng LindungiHutan menanam 1.200 jenis pohon Endemik Way Kambas Kabupaten Lampung Timur pada 4 Juli 2023. Bagaimana kisahnya?

Halo, Salam Lestari

Perkenalkan kami adalah PT Hino Finance Indonesia, perusahaan joint venture dengan Hino Motors Ltd, Summit Global Auto Management B.V dan PT Indomobil Multi Jasa Tbk. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan Merk Hino juga berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan kami di seluruh Indonesia.

Sebagai perusahaan pembiayaan, PT Hino Finance Indonesia berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik untuk mewujudkan impian seluruh pelanggan kami.
Kami menetapkan tiga prinsip utama dalam menjalankan bisnis yaitu Proses Mudah, Pelayanan Handal, dan Produk Terbaik.


Program CSR PT Hino Finance Indonesia Tanam 1.200 Pohon Laban di Taman Nasional Way Kambas

Bersama LindungiHutan, PT Hino Finance Indonesia berupaya mewujudkan komitmen untuk memberikan dampak baik bagi bumi melalui Program CSR menaman pohon. Hal tersebut diupayakan PT Hino Finance untuk senantiasa memperhatikan lingkungan dan alam Indonesia.



Oleh sebab itu, perseroan menggandeng LindungiHutan dalam melakukan upaya penanaman 1.200 pohon Laban di Taman Nasional Way Kambas. Penanaman tersebut merupakan upaya mendukung prinsip keberlanjutan melalui tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan perusahaan.

Mengenal Lokasi Penanaman Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas berada di Kabupaten Lampung Timur, dengan penanaman di daerah depan yang mudah dijangkau masyarakat. Hal ini karena salah satu keinginan masyarakat untuk ikut serta dalam pengelolaan kawasan taman nasional way kambas dengan ikut kemitraan konservasi pemulihan ekosistem berbasis masyarakat metode arboretum.

Wilayah ini menjadi kawasan dengan konservasi tinggi, terdapat hewan-hewan langka yang dilindungi. Arborentum direncanakan menjadi kawasan edukasi dengan banyaknya tanaman endemik berjenis pohon laban, sehingga dapat diketahui keseluruhan tumbuhan yang berada di taman tersebut.

Pada tahun 2022, LindungiHutan membantu masyarakat untuk melakukan penanaman pohon endemik way kambas di sana. Pohon tersebut bermanfaat menjaga daratan dari erosi, penghijauan, dan meningkatkan ekosistem hutan. Selain itu, hasilnya juga dapat dimanfaatkan untuk konsumsi serta edukasi untuk masyarakat sekitar.

Manfaat Pohon Laban

Pohon yang ditanam oleh PT Hino Finance adalah pohon laban (Vitex pubescens Vahl). Pohon ini tersebar mulai mulai dari Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Hingga Sulawesi. Pohon laban memiliki kemampuan hidup di tanah berkabur dengan tekstur lempung hingga berpasir yang banyak ditemukan di hutan sekunder.

Kayu pohon laban memiliki tingkat kekerasan yang tinggi dan tahan air. Sehingga sering dimanfaatkan sebagai penahan api untuk mengatasi kebakaran hutan, bangunan rumah, dan lainnya. Kulit batang pohon laban dimanfaatkan untuk membuat teh. Daun laban dapat dimanfaatkan pula sebagai obat nyeri pinggang, demam, gangguan pencernaan, hingga penambah stamina.

Lebih dari itu, aksi penanaman di PIK juga mendukung Pembangunan Berkelanjutan dengan

1. Meningkatkan area tutupan hijau (SDG's 15)
2. Membantu pengurangan emisi karbon (SDG's 13)
3. Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG's 1)
4. Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG's 8)

Anda juga bisa mengikuti jejak PT Hino Finance Indonesia dalam mewujudkan komitmen perusahaan dengan mudah, tepat sasaran, dan berkelanjutan bersama LindungiHutan. Hingga saat ini kami telah menanam lebih dari 700 ribu pohon di 40 lebih lokasi penanaman di Indonesia. Kunjungi website LindungiHutan dan lihat apa yang sudah LindungiHutan lakukan!

Penanaman telah dilaksanakan pada 4 Juli 2023
Dokumentasi lebih lengkap dapat diakses melalui link berikut : Dokumentasi
Data dan Emisi/Serapan Carbon dapat berubah sesuai data update dan usia pohon
21 Jan 2024
230070
Monitoring ke 1
1,022
Pohon Hidup
200
Pohon Mati
0.6cm
Diameter Pohon
64cm
Tinggi Pohon
83.63%
Perkembangan
Gambar Monitoring
04 Jul 2023
230070
230070 - Penanaman 1222 pohon
1,200
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
0.4cm
Diameter Pohon
30cm
Tinggi Pohon
98.2%
Perkembangan
Gambar Monitoring
8 bulan yang lalu
Avatar
PT Hino Finance Indonesia
1,200 Pohon
8 bulan yang lalu
Avatar
PT Hino Finance Indonesia
1,200 Pohon
1,200

Hitung Emisi Karbon dengan Mudah dan Gratis

Melalui Imbangi, setiap pengguna dapat menghitung jejak karbon yang dihasilkan dan menyerapnya dengan langkah penghijauan bersama LindungiHutan

Hitung Jejak Karbon