Jumbotron

Hijaukan Kembali Bumi Indonesia #kauuntukbumi

Dibuat

15 Donatur

Jenis Pohon Tanam : Mangrove Rhizophora

220 pohon terkumpul dari 1,000 pohon

Batas Donasi: 16 Aug 2021

Penanaman: Minggu, 05 September 2021

Kampanye Alam Selesai

Ayo Bangun Hutan Mangrove di Pesisir Pantai Bedono!
Perkenalkan kami adalah KAU Design, suatu usaha berupa jasa desain, branding, dan konstruksi berbasis syariah.

Saat ini,kami khawatir dengan kondisi hutan Indonesia, terutama hutan mangrove. Laju deforestasi hutan mangrove semakin tinggi akibat konversi lahan dan eksploitasi lingkungan. Akibatnya, pesisir pantai semakin lama terkikis akibat adanya abrasi.

Salah satu lokasi yang terdampak abrasi adalah Desa Bedono. Desa ini berlokasi di pesisir utara Jawa tepatnya di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Setiap tahunnya, luasan lahan yang terendam banjir rob semakin bertambah. Rumah penduduk perlahan tenggelam dan hilang ditelan air laut. Mereka terpaksa untuk pindah dari desa itu untuk bisa melanjutkan hidup. Namun, ada satu keluarga yang memilih bertahan. Adalah keluarga Mak Jah, keluarga beranggotakan enam orang ini memilih untuk tetap bermukim di desa yang tenggelam itu.

Keluarga Mak Jah bukannya tidak ingin pindah, tuntutan ekonomi memaksa mereka untuk bertahan. Mereka mengandalkan hasil tangkapan ikan menjadi sumber pendapatan keluarga mereka. Mereka tidak ingin dikasihani. Mereka berjuang dengan memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar mereka. Selain melaut, mereka menjual bibit bakau (Rhizophora mucronata) ke aktivis dan pecinta lingkungan untuk kegiatan penanaman. Hasil penjualan digunakan untuk menambah pendapatan keluarga mereka. Keluarga Mak Jah juga menanam pohon bakau di lingkungan sekitar mereka untuk mengurangi dampak abrasi dan terjangan badai. Rumah mereka berada di lautan, badai merupakan ancaman serius bagi mereka. Dengan menanam pohon bakau, kekuatan badai bisa dikurangi sekaligus menciptakan ekosistem baru yakni hutan Mangrove.

Manfaat dari adanya hutan mangrove memang tidak bisa dirasakan secara langsung. Bisa jadi dengan adanya hutan mangrove kita hanya merasakan terpaan angin bukan badai seperti di lautan. Bisa jadi rumah-rumah kita tidak terkena banjir rob karena sudah tertahan oleh hutan mangrove. Manfaat ini seringkali dianggap remeh padahal sangat penting untuk kelangsungan hidup. Rusaknya hutan mangrove merupakan masalah urgent yang harus segera diatasi. Jika bukan generasi sekarang, akankah kita mewariskan masalah lingkungan yang sama untuk generasi masa depan?

Terlepas dari siapapun anda, apapun profesi anda entah mahasiswa, pengusaha atau apapun itu. Anda bisa menolong Mak Jah untuk mengurangi dampak abrasi sekaligus berbuat baik bagi lingkungan. Anda dapat melakukannya dengan berdonasi sebesar Rp 10,000/pohon guna memperbaiki kondisi lingkungan terutama pesisir Bedono. Anda berdonasi dengan cara:

1. Klik Tombol “DONASI SEKARANG”
2. Input nominal yang akan di donasikanπ
3. Pilih metode pembayaran transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI), Go-
Pay dan Doku Wallet
4. Konfirmasi melalui WhatsApp, Website atau E-mail
5. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di
Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

Kampanye alam "#kauuntukbumi" telah dilaksanakan di Bedono, Demak pada tanggal 5 September 2021 dibantu oleh Mak Jah.



Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye ini dapat diakses di link berikut "Penanaman #kauuntukbumi"

#Update 08-Sep-2021

Pemantauan #1
Anonymous

Anonymous

10 Pohon

Na Jaemin

Na Jaemin

22 Pohon

KAU Design

KAU Design

10 Pohon

Abiyyi Yahya Hakim

Abiyyi Yahya Hakim

7 Pohon

Anonymous

Anonymous

10 Pohon

Anonymous

Anonymous

30 Pohon

Anonymous

Anonymous

25 Pohon

Anonymous

Na Jaemin

22 Pohon