Jumbotron

Yogyakarta #RawatBumi2019: Aksi Tanam Pohon di Merapi

Dibuat

80 Donatur

Jenis Pohon Tanam : Cemara Gunung

129 pohon terkumpul dari 500 pohon

Batas Donasi: 20 Apr 2019

Penanaman: Minggu, 21 April 2019

Kampanye Alam Selesai

Mari hijaukan Gunung Merapi
Gunung Merapi adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia.

Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelangdi sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klatendi sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004. Gunung merapi mempunyai ketinggian puncak 2.930 m dpl.



FOTO : GUNUNG MERAPI

Gunung ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami erupsi (puncak keaktifan) setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh permukiman yang sangat padat. Sejak tahun 1548gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Kota Magelangdan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat, berjarak di bawah 30km dari puncaknya. Di lerengnya masih terdapat permukiman sampai ketinggian 1700 m dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak.


FOTO : ERUPSI GUNUNG MERAPI


FOTO : ERUPSI GUNUNG MERAPI

Akibat erupsi Gunung Merapi Tahun 2010, menurut catatan Balai Taman Nasional Gunung Merapi diperkirakan mengakibatkan kerusakan total pada kawasan TNGM seluas kurang lebih 3000 hektar akibat awan panas dan seluruh kawasan TNGM tertutup abu vulkanik, tentunya kerusakan kawasan ini disertai kepunahan ekosistem yang ada di dalamnya terutama ekosistem pada kawasan yang terkena awan panas.

Kawasan TNGM di Resort Cangkringan Kabupaten Sleman, Resort Kemalang Kabupaten Klaten dan Resort Dukun – Srumbung di Kabupaten Magelang mengalami kerusakan yang sangat parah, namun kawasan di wilayah Resort Pakem-Turi Kabupaten Sleman, Resort Musuk-Cepogo dan Resort Selo Kabupaten Boyolali kawasannya masih relatif utuh. Pada awal tahun 2011 Balai TNGM melakukan kegiatan penanaman sebagai bagian kegiatan restorasi. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut :
  1. Memulihkan secara cepat kawasan TNGM yang mengalami kerusakan akibat erupsi.
  2. Memberi rasa tenang kepada masyarakat dimana kawasan yang tadinya gundul karena terjangan material vulkanik sudah mulai di Tanami kembali.
  3. Menjawab dorongan masyarakat yang begitu kuat supaya kawasan TNGM cepat ditanami kembali.


FOTO : AKSI PENANAMAN DI GUNUNG MERAPI




FOTO : AKSI PENANAMAN DI GUNUNG MERAPI


Penanaman dilaksanakan pada kawasan TNGM yang sudah bisa ditanami kembali, dengan ciri-ciri kawasan yang terdampak erupsi dan sudah mengalami pembersihan akibat hujan dari sisa material erupsi berupa abu dan pasir sehingga lapisan tanah sudah terlihat, adapun pola penanaman adalah :
  1. Penanaman pada jalur batas kawasan terutama yang pal batasnya hilang
  2. Kawasan wisata alam di dalam Kawasan TNGM
  3. Kawasan yang dekat dengan pemukiman
  4. Kawasan TNGM yang dekat dengan sumber mata air

Melalui Kampanye penanaman ini Tim Lindungi Hutan di Kawasan Gunung merapi yang akan dilaksanakan pada 21 April 2019.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 30.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya Acir
  4. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  5. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  6. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dan pendakian dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!
LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Kampanye alam"Yogyakarta #RawatBumi2019: Aksi Tanam Pohon di Merapi" telah dilaksanakan di Gunung Merapipada tanggal21 April 2019 dibantu olehRelawan LindungiHutan Jogjakarta dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah141 orang.


Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye "Yogyakarta #RawatBumi2019: Aksi Tanam Pohon di Merapi" dapat diakses di link berikut "Penanaman Yogyakarta"

#Update 14-May-2020

Kampanye alam "Yogyakarta #RawatBumi2019: Aksi Tanam Pohon di Merapi" telah dilaksanakan di Gunung Merapi pada tanggal 21 April 2019 dibantu oleh Relawan LindungiHutan Jogjakarta dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 141 orang. Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye "Yogyakarta #RawatBumi2019: Aksi Tanam Pohon di Merapi" dapat diakses di link berikut https://drive.google.com/open?id=1LzECuxqhmEDTNnYNqUVYJHG4PunSpvvo

Ecommunication

Ecommunication

29 Pohon

Donasi dari charity kegiatan Ecommunications UII Jogja
Yustina Yasin

Yustina Yasin

2 Pohon

Semoga makin banyak yang sadar untuk melestarikan lingkungan!
Wahyu Nur Hidayati

Wahyu Nur Hidayati

1 Pohon

Desta Sekar

Desta Sekar

1 Pohon

Milenia Annisa

Milenia Annisa

1 Pohon

Milenia Annisa

Ecommunication

29 Pohon

Milenia Annisa

Anonymous

10 Pohon

Milenia Annisa

Sugiri Muliadi

9 Pohon