Jumbotron

Surabaya #RawatBumi2019: Mari Bersama Wujudkan Kebun Raya Mangrove di Surabaya

Dibuat

Surabaya , Surabaya

Emisi Berkurang
Donasi Pohon
245.00

25 Donatur

245 pohon terkumpul dari 2,000 pohon

Batas Donasi: 21 Apr 2019

Penanaman: Minggu, 21 April 2019

Kampanye Alam Selesai

Melalui Kebun Raya Mangrove, diharapkan dapat menjadi pelindung Kota Surabaya. Utamanya, dari ancaman abrasi maupun banjir rob yang sering terjadi pada musim tertentu.
Halo kak, perkenalkan nama saya Sugik. Saya asli Surabaya dan aktif di komunitas motor D'Cruiser Indonesia. Kegiatan sosial yang telah kami lakukan di daerah Surabaya cukup banyak, seperti donor darah rutin, kunjungan ke panti asuhan, berbagi buku untuk anak-anak SD, dll. Untuk kali ini, kami berencana untuk mengadakan kegiatan penanaman mangrove di PAMURBAYA.

Pantai Timur Surabaya atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pamurbaya, adalah sebuah kawasan hutan bakau (mangrove) di pesisir timur Surabaya. Secara administratif, Pamurbaya meliputi 4 kelurahan di 3 kecamatan, yakni Kelurahan Keputih di Kecamatan Sukolilo, Kelurahan Wonorejo dan Medokan Ayu di Kecamatan Rungkut, serta Kelurahan Gunung Anyar Tambak di dalam Kecamatan Gunung Anyar. Ekosistem Pamurbaya banyak didominasi oleh tambak, rawa dan hutan bakau.

Keberadaan Pamurbayaberperan sangat penting bagi Kota Surabaya, terkait dengan hal pengendalian banjir, dimana lokasi Pamurbaya yang ada di ujung aliran sungai di Surabaya. Secara ekologis, kehadiran hutan bakau di kawasan ini berfungsi untuk melindungi pantai dari abrasi, serta melindungi keanekaragaman hayati pesisir yang tersisa di Surabaya.



Foto: Kondisi PAMURBAYA

Bagi masyarakat Surabaya, keberadaan hutan bakau di Pamurbaya membantu terjadinya infiltrasi atau penyerapan air laut ke dalam air tanah. Sedangkan berdasarkan penggunaannya, Pamurbaya ideal dikembangkan dengan beberapa fungsi yang melekat di dalamnya, antara lain pendidikan lingkungan hidup, ekowisata, dan riset.

Kawasan hutan mangrove ini juga merupakan rumah bagi satwa endemik yakni burung-burung yang habitatnya asli di kawasan mangrove. Kurang lebih ada 147 spesies burung dan 12 hewan yang dilindungi tinggal di hutan mangrove ini, misal Bubut Jawa, Cangak Merah (Ardea purpurea), Raja Udang, Remetuk Laut (Gerygone sulpurea), Kuntul, Gagang-bayam timur (Himantopus leucocephalus) hingga burung pendatang seperti Cerek kernyut (Pluvialis fulva), Cerek tilil (Charadrius alexandrinus), Kedidi golgol (Calidris ferruginea), dan Titihan Australia (Tachybaptus novaehollandiae). Selain itu ada juga monyet berekor panjang (Macaca fascicularis), dan sejumlah reptil eksotis yang khas.



Foto: Kondisi PAMURBAYA

Tidak mengherankan apabila Walikota Surabaya, Bu Tri Rismaharini, mencanangkan wilayah ini sebagai lokasi Kebun Raya Mangrove yang digadang-gadang akan menjadi Kebun Raya Mangrove pertama dan terbesar di Indonesia.

Namun sayangnya, di beberapa lokasi terutama di sekitar muara, tanaman mangrove ditempat ini masih belum begitu banyak. Oleh sebab itu bila laut pasang dan gelombang tinggi beberapa rumah warga pasti terkena banjir rob.

Oleh sebab itu kami tergerak untuk melakukan penanaman disana dalam rangka “Gerakan Rawat Bumi” yang digagas oleh LindungiHutan untuk memperingati Hari Bumi. Penanaman akan dilakukan pada tanggal 21 April 2019.



Foto: Lokasi penanaman

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/pohon. Penanaman akan dilaksanakan di Pantai Timur Surabaya (PAMURBAYA).

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

Kampanye alam"Surabaya #RawatBumi2019: Mari Bersama Wujudkan Kebun Raya Mangrove di Surabaya" telah dilaksanakan diKebun Raya Mangrovepada tanggal21 April 2019 dibantu olehRelawan LindungiHutan Surabaya dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah31 orang.



Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye ini dapat diakses di link berikut RawatBumi Surabaya

#Update 03-Jun-2020

Kampanye alam "Surabaya #RawatBumi2019: Mari Bersama Wujudkan Kebun Raya Mangrove di Surabaya" telah dilaksanakan di Kebun Raya Mangrove pada tanggal 21 April 2019 dibantu oleh Relawan LindungiHutan Surabaya dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 31 orang. Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye ini dapat diakses di link berikut https://drive.google.com/open?id=1mr-FJBimIVca68eXNZ9fkBMPD2ShckaC

Data dan Emisi/Serapan Carbon dapat berubah sesuai data update dan usia pohon
Anonymous

Anonymous

10 Pohon

Astri Vika Saraswati

Astri Vika Saraswati

4 Pohon

Ayo terus hijaukan hutan birukan laut
Anonymous

Anonymous

10 Pohon

Rifqianingrum Ayu Prayogi

Rifqianingrum Ayu Prayogi

10 Pohon

Dewi Amrom

Dewi Amrom

4 Pohon

sugiana teguh

60 Pohon

sugiana teguh

Anonymous

10 Pohon

Anonymous

Anonymous

10 Pohon