Jumbotron

#TumbuhkanHutan

Dibuat

5 Donatur

Jenis Pohon Tanam : Mangrove Rhizophora

1,000 pohon terkumpul dari 1,000 pohon

Batas Donasi: 22 Feb 2021

Penanaman: Sabtu, 06 Maret 2021

Kampanye Alam Selesai

Tumbuhkan hutan Cilacap bersama Tumbuh Lab!
Halo Sahabat Alam!
Salam Lestari,

Perkenalkan, kami adalah Tumbuh Lab. Sebuah local hair productyang berkomitmen untuk selalu menyajikan produk-produk perawatan yang berbahan alami dan tidak mengandung bahan kimia. Bersama dengan LindungiHutan, dalam rangka aksi rehabilitasi lahan di Kampung Laut, Cilacap, kami ingin turut serta memperbaiki kondisi hutan di Indonesia.

"Cilacap dikenal sebagai daerah dengan risiko tertinggi bencana alam di Provinsi Jawa Tengah. Banjir, longsor, ancaman gempa, abrasi hingga tsunami berpotensi terjadi di kabupaten ini.”

Pengikisan daratan (abrasi) di Pantai Lengkong dan Kemiren Cilacap semakin parah. Di pantai Lengkong Cilacap Utara, abrasi semakin mempersempit daratan pantai yang biasa menjadi sandaran kapal nelayan. Abrasi yang semakin parah ini tentu membuat was-was warga. Jika kondisi tersebut dibiarkan, wilayah pemukiman akan terancam.

Mangrove yang berfungsi untuk mencegah abrasi pantai banyak dirusak oleh masyarakat. Oleh karena itu,banyak pemuda di Cilacap mulai melakukan kegiatan konservasi lingkungan dan memberitahu masyarakat tentang peran mangrove. Mereka juga memberitahu dampak merusak mangrove terhadap lingkungan dan ekonomi. Bukan hanya pantai yang terkikis gelombang, populasi biota laut akan turun, ekosistem laut menjadi tidak seimbang, lingkungan akan rusak dan akhirnya sumber pendapatan nelayan berkurang.

Rusaknya mangrove membuat masyarakat paham betul bahwa bakau dan juga hutan mangrove sangat penting untuk menahan abrasi dan bahkan tsunami. Andreas Aji Wibowo memulai kegiatan konservasi lingkungan dan masyarakat juga diberikan pengertian dampak lingkungan dan ekonomi jika warga terus merusak bakau. Bukan hanya pantai yang terkikis gelombang, populasi biota laut akan turun dan akhirnya sumber pendapatan nelayan berkurang.

Kampanye alam "#TumbuhkanHutan" telah dilaksanakan di Kampung Laut, Cilacap pada tanggal 6 Maret 2021 dibantu oleh Laskar Patra Krida Wana Lestari dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 4 orang.



Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye ini dapat diakses di link berikut "Penanaman Tumbuh Lab"

#Update 27-Jul-2021

Update #1 (6 Maret 21)

Tumbuh Lab

Tumbuh Lab

11 Pohon

Tumbuh Lab

Tumbuh Lab

257 Pohon

Tumbuh Lab

Tumbuh Lab

145 Pohon

Tumbuh Lab

Tumbuh Lab

152 Pohon

Tumbuh Lab

Tumbuh Lab

435 Pohon

Tumbuh Lab

Tumbuh Lab

435 Pohon

Tumbuh Lab

Tumbuh Lab

257 Pohon

Tumbuh Lab

Tumbuh Lab

152 Pohon