Kampanye Alam "Wonosobo #RawatBumi2019: Mari Bersama Cegah Erosi Lereng Dieng Semakin Meluas" | LindungiHutan
Gambar Kampanye
Kampanye Selesai

Wonosobo #RawatBumi2019: Mari Bersama Cegah Erosi Lereng Dieng Semakin Meluas

Purwantoro Joko Susilo

Purwantoro Joko Susilo

200 pohon terkumpul dari 2,000 pohon

17 Donatur

Batas Donasi: 21 April 2019
Kampanye Selesai
Penanaman: 21 April 2019
Selesai Ditanam
Unduh LPJ

Belum ada kampanye terkait

Cerita
Pantau
Update
Kampanye dibuat 09 January 2019
Hari Bumi kali ini, kami ingin berbakti pada bumi dengan melakukan penanaman untuk mengurangi dampak erosi di lereng Dieng.
Perkenalkan, nama saya Purwantoro Joko Susilo. Saya asli Wonosobo, Jawa Tengah. Selepas lulus dari kuliah di bidang teknologi hasil pertanian, saya kembali ke kampung halaman saya di Garung.

Kawasan Garung yang berada di daerah dataran tinggi Dieng dikenal sebagai salah satu daerah yang masih asri dan sebagaimana daerah-daerah lain di Dieng, termasuk penghasil kentang terbesar di Indonesia.

Dieng termasuk ke dalam daerah aliran sungai (DAS) Serayu, salah satu DAS kritis di Jawa Tengah (BPDAS OPS,2004). Ia mengalami kondisi yang kritis akibat praktik pertanian yang tidak mengindahkan kaidah konservasi sehingga menyebabkan rasio debit maksimum dan debit minimum sungai sangat tinggi serta sedimentasi melebihi ambang batas laju erosi. Disini juga terdapat PLTA Garung, yang keberlangsungannya tergantung ketersediaan air, jadi harus di reboisasi agar mata air tetep terjaga. Intensifnya penanaman kentang di daerah Dieng menyebabkan kawasan ini rawan terjadi erosi dan longsor.



Foto: kegiatan yang pernah dilakukan

Alternatif teknik konservasi tanah dan air yang dapat diterapkan untuk menanggulangi erosi tanah dapat dilakukan dengan dua cara yaitu: 1)mekanik, mencakup pembuatan: teras dan saluran teras, saluran diversi, rorak, terjunan, gully plug, dam pengendali, dam penahan; dan 2)vegetatif, mencakup penghijauan dengan jenis tanaman tertentu, reboisasi, multiple croping, strip cropping, countur strip cropping, pemulsaan, alley cropping dan agroforestry.

Oleh sebab itu, saya bersama teman-teman Karang Taruna Karya Persada dan Persatuan Sedulur Wonosobo berencana akan mengadakan penanaman di Bukit Cinta Seroja dan Telaga Menjer Desa Maron, Garung, Wonosobo, Jawa Tengah. Penanaman ini termasuk dalam rangkaian “Gerakan Rawat Bumi” yang diinisiasi LindungiHutan untuk memperingati Hari Bumi tanggal 22 April.


Foto: bibit pohon

Tanaman yang akan ditanam berupa kopi, karena mempunyai sifat-sifat botani dan memenuhi standar budidaya tanaman yang beperan dalam konservasi tanah dan air (Kementerian Pertanian, 2006). Selain itu harapannya dengan penanaman tanaman kopi ini akan membantu perekonomian masyarakat sekitar kedepannya, apalagi kawasan tersebut merupakan kawasan wisata alam yang mana masih banyak terdapat lutung dan monyet ekor panjang.

Besaran donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/pohon. Penanaman akan dilaksanakan di Bukit Cinta Seroja dan Telaga Menjer.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Operasional Kegiatan
  4. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  5. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  6. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

Kampanye alam"Wonosobo #RawatBumi2019: Mari Bersama Cegah Erosi Lereng Dieng Semakin Meluas" telah dilaksanakan diDAS Serayupada tanggal21 April 2019 dibantu olehRelawan Wonosoba dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah12 Orang dari berbagai komunitas di antaranya adalah Babinkamtibnas dan Babinsa.



Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye"Wonosobo #RawatBumi2019: Mari Bersama Cegah Erosi Lereng Dieng Semakin Meluas" dapat diakses di link berikut#RawatBumi Wonosobo
Data dan Emisi/Serapan Carbon dapat berubah sesuai data update dan usia pohon
28 Mar 2021
Campaign telah dilaksanakan 28-03-2021
200
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
1cm
Diameter Pohon
1cm
Tinggi Pohon
1%
Perkembangan
15 May 2020
Kampanye alam "Wonosobo #RawatBumi2019: Mari Bersama Cegah Erosi Lereng Dieng Semakin Meluas" telah dilaksanakan di DAS Serayu pada tanggal 21 April 2019 dibantu oleh Relawan Wonosoba dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 12 Orang dari berbagai komunitas di antaranya adalah Babinkamtibnas dan Babinsa. Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye "Wonosobo #RawatBumi2019: Mari Bersama Cegah Erosi Lereng Dieng Semakin Meluas" dapat diakses di link berikut https://drive.google.com/open?id=1VCbA6NzoZTKz3Qwcld8K7jJlAQO50DWb
200
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
1cm
Diameter Pohon
1cm
Tinggi Pohon
1%
Perkembangan
Gambar Monitoring
15 May 2020
Campaign telah dilaksanakan 15-05-2020
200
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
1cm
Diameter Pohon
1cm
Tinggi Pohon
1%
Perkembangan
22 Apr 2019
Campaign telah dilaksanakan 22-04-2019
200
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
1cm
Diameter Pohon
1cm
Tinggi Pohon
1%
Perkembangan
09 Jan 2019
Update Kampanye Dimulai Nanti Pada Tanggal Pelaksanaan 21-04-2019
1
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
0.1cm
Diameter Pohon
0.1cm
Tinggi Pohon
100%
Perkembangan
Gambar Monitoring
4 tahun yang lalu
Avatar
Riska Achmadiah
20 Pohon
4 tahun yang lalu
Avatar
Andreas Yulian
4 Pohon
4 tahun yang lalu
Avatar
Ratri Dewi P
5 Pohon
Buatlah surga kecil disekitarmu :)
4 tahun yang lalu
Avatar
Ilyas adinegoro
6 Pohon
5 tahun yang lalu
Avatar
zulianah
20 Pohon
5 tahun yang lalu
Avatar
Rina E
40 Pohon
40
Dengan donasi pohon ikut selamatkan bumi Indonesia tercinta
5 tahun yang lalu
Avatar
Wardiyanto
40 Pohon
40
Semoga wonosobo bebas bencana
4 tahun yang lalu
Avatar
Riska Achmadiah
20 Pohon
20

Hitung Emisi Karbon dengan Mudah dan Gratis

Melalui Imbangi, setiap pengguna dapat menghitung jejak karbon yang dihasilkan dan menyerapnya dengan langkah penghijauan bersama LindungiHutan

Hitung Jejak Karbon