Kampanye Alam "500.000 Pohon Untuk Pulau Kalimantan" | LindungiHutan
Gambar Kampanye

500.000 Pohon Untuk Pulau Kalimantan

UMKM Indonesia

UMKM Indonesia

350.53 pohon terkumpul dari 100 pohon

62 Donatur

Batas Donasi: 31 July 2023
Kampanye Selesai
Penanaman: 31 December 2023
Belum Ditanam

Belum ada kampanye terkait

Cerita
Pantau
Update
Kampanye dibuat 02 January 2023
"Ayo sertai kami dalam kampanye 500.000 Pohon untuk Pulau Kalimantan tahun 2023 yang diinisiasi oleh UMKM Indonesia. Bersama-sama kita dapat membantu menjaga keberlangsungan ekosistem Pulau Kalimantan dan memberikan manfaat bagi generasi mendatang. Marilah kita memulai tindakan nyata untuk melestarikan alam sekitar kita!"
HaloMasyarakat Indonesia,

Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia yang dikenal dengan kekayaan alamnya. Namun, sayangnya, akhir-akhir ini keberlangsungan ekosistem di Pulau Kalimantan terus terancam akibat penebangan hutan secara tidak terkontrol dan perubahan iklim.

Untuk itu, UMKM Indonesia memutuskan untuk mengadakan kampanye 500.000 Pohon untuk Pulau Kalimantan tahun 2023. Tujuan dari kampanye ini adalah untuk membantu menjaga keberlangsungan ekosistem Pulau Kalimantan dengan cara menanam 500.000 pohon di wilayah tersebut.

Kampanye ini merupakan tindakan nyata yang dapat kita lakukan untuk melestarikan alam sekitar kita. Selain itu, dengan menanam pohon, kita juga dapat membantu mengurangi dampak perubahan iklim yang semakin mengancam bumi kita.

Kampanye ini diinisiasi oleh UMKM Indonesia, namun kami mengajak semua orang untuk ikut serta dalam kampanye ini. Mari kita bersama-sama memulai tindakan nyata untuk melestarikan alam sekitar kita dan memberikan manfaat bagi generasi mendatang. Ayo bergabung dengan kami dalam kampanye 500.000 Pohon untuk Pulau Kalimantan tahun 2023!

Monitoring Dari Program Kami :

Wilayah yang paling terkena dampak penebangan hutan di Pulau Kalimantan saat ini adalah di Provinsi Kalimantan Timur. Menurut sebuah laporan, sekitar 56% lahan di Kalimantan Timur telah terdegradasi akibat penebangan hutan yang tidak terkontrol.\

Hal ini menyebabkan banyak kerusakan ekosistem di wilayah tersebut, termasuk menurunnya kualitas air, menurunnya produktivitas pertanian, dan meningkatnya risiko bencana alam seperti kebakaran hutan dan banjir. Penebangan hutan juga merugikan masyarakat adat yang tinggal di kawasan hutan dan mengakibatkan kehilangan sumber mata pencaharian bagi mereka.

Untuk mengurangi dampak negatif dari penebangan hutan di Pulau Kalimantan, diperlukan tindakan nyata dan terpadu dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan perusahaan swasta. Dengan demikian, diharapkan dapat terwujud keberlangsungan ekosistem yang sehat di Pulau Kalimantan dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terkait.

Harapan Kami Untuk Program Ini Dan Pulau Kalimantan :

Dengan adanya program 500.000 Pohon untuk Pulau Kalimantan tahun 2023 yang diinisiasi oleh UMKM Indonesia, kami berharap dapat membantu menjaga keberlangsungan ekosistem Pulau Kalimantan dan mengurangi dampak perubahan iklim. Kami juga berharap dapat melibatkan sebanyak mungkin orang dari berbagai kalangan untuk ikut serta dalam program ini, sehingga dapat terwujud sinergi yang kuat untuk melestarikan alam sekitar kita.

Selain itu, kami juga berharap dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat di Pulau Kalimantan, terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah-wilayah yang terdampak penebangan hutan. Dengan adanya pohon-pohon yang ditanam melalui program ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Pulau Kalimantan dan memberikan sumbangsih bagi keberlangsungan ekosistem di wilayah tersebut.

Kami juga berharap dapat terus menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai pihak yang peduli terhadap masalah ini, termasuk pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan perusahaan swasta. Dengan adanya sinergi yang kuat dan terpadu, kami yakin dapat lebih cepat mencapai tujuan kampanye ini dan memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat Pulau Kalimantan.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah
Rp 25,000/pohon.

Sungai Sintuk terletak di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Sungai ini merupakan rumah bagi banyak satwa liar seperti orang utan, bekantan, kancil, dan beruang. Sayangnya, ekosistem di sungai ini terdegradasi akibat pembabatan hutan, pertambangan, dan kebakaran.

Sejak tahun 2018, LindungiHutan bersama masyarakat melakukan kegiatan konservasi dengan penanaman pohon nyatoh. Program ini diharapkan dapat memperbaiki ekosistem yang terdegradasi. Ekosistem gambut yang kembali pulih akan berdampak positif pada kehidupan satwa dan ekonomi masyarakat.

Biodiversitas
  • Palaquium rostratum
Program Utama
Penanaman Pohon Nyatoh untuk merestorasi ekosistem gambut

Mengapa Harus Mendukung Program Ini?
Partisipasiprogramdi lokasi ini turut mendukungPembangunan Keberlanjutan (SDG's)dengan
  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi(SDG's 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga(SDG's 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau(SDG's 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon(SDG's 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar(SDG's 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar(SDG's 8)

Pencapaian Program
Hingga Juni 2022
  • 4 kampanye alam
  • 335 pohon tertanam
  • 0,8 ha luasan tertanam
  • 898,57 CO2 ekv terserap


Bagaimana Cara Berdonasi ??
1. Klik Tombol “DONASI SEKARANG”
2. Input nominal yang akan di donasikanπ
3. Pilih metode pembayaran transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI), Go-
Pay dan Doku Wallet
4. Konfirmasi melalui WhatsApp, Website atau E-mail
5. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di
Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!
Data pantau belum tersedia saat ini

Buka kembali setelah pelaksanaan penanaman

Data monitoring belum tersedia saat ini

Buka kembali setelah pelaksanaan penanaman

7 bulan yang lalu
Avatar
Yusrin Rezia
2 Pohon
Happy birthday yus
7 bulan yang lalu
Avatar
Enah
4 Pohon
Terimakasih atas organisasi lindungi hutan ini. Sehat n bahagia selalu ya
7 bulan yang lalu
Avatar
Alaric Idris Alistair
2 Pohon
8 bulan yang lalu
Avatar
Anonymous
4 Pohon
8 bulan yang lalu
Avatar
Anonymous
8 Pohon
11 bulan yang lalu
Avatar
Anonymous
65.08 Pohon
65.08
10 bulan yang lalu
Avatar
art craft and flower shop
46 Pohon
46
8 bulan yang lalu
Avatar
Narrel Amara
20 Pohon
20

Hitung Emisi Karbon dengan Mudah dan Gratis

Melalui Imbangi, setiap pengguna dapat menghitung jejak karbon yang dihasilkan dan menyerapnya dengan langkah penghijauan bersama LindungiHutan

Hitung Jejak Karbon