Jumbotron

#SatuHutan: Bantu cegah pesisir Demak ditelan abrasi

Dibuat

Emisi Berkurang
Donasi Pohon
135.00

8 Donatur

Jenis Pohon Tanam : Mangrove Rhizophora

135 pohon terkumpul dari 500 pohon

Batas Donasi: 05 Jan 2020

Penanaman: Minggu, 12 Januari 2020

Kampanye Alam Selesai

Jangan tanya apa yang bumi ini kasih untuk kita, bertanyalah apa yang telah kita berikan untuk bumi
Salam Lestari, Salam Konservasi.

Perkenalkan saya Rofiqul Anam, saya tinggal di Demak dan saat ini sedang menuntut ilmu di Universitas Negeri Semarang, keseharian saya selain kuliah, saya juga bergabung dalam beberapa organisasi dan komunitas, baik dalam lingkup kampus maupun diluar kampus termasuk Lindungi Hutan. Meskipun tempat tinggal saya jauh dari pesisir pantai namun Demak sangatlah rawan akan abrasi karena kontur tanahnya yang rendah yakni hanya 3 meter diatas permukaan laut, bahkan dalam dalam artikel yang ditulis di Okezone.com Demak hanya butuh waktu 30 tahun untuk tenggelam.

Saat ini yang menjadi sorotan adalah desa Bedono yang telah mengalami abrasi yang sangat parah, dua kampung di desa Bedono yakni kampung Senik dan Tambaksari telah ditinggalkan oleh penduduknya dan hanya menyisakan bangunan yang telah rusak, bahkan kini dua kampung tersebut telah dihapuskan dari peta.


(Dusun Tenggelam Akibat Abrasi) sumber:Antarafoto.com

Tidak hanya pemukiman yang menjadi korban dari ganasnya abrasi tersebut, tak jauh dari SDN 1 Bedono terdapat jembatan yang telah roboh diterjang ombak, jembatan yang menjadi satu satunya akses dari desa yang kini telah ditinggalkan penduduknya ikut menjadi korban dari abrasi di pesisir Demak. hingga sekarang perkampungan yang berada di sekitar pesisir kerap menjadi langganan banjir rob yang tingginya bisa mencapai lutut orang dewasa.


(foro dari atas kondisi rumah yang terkena abrasi di sayung) sumber:google



sumber: tribunnews.com


(SD Negeri Bedono 1) sumber: jateng.tribunnews.com

kini saya ingin mengajak teman- teman untuk mengurangi dampak abrasi yang ada di pesisir Demak melalui satu langkah kecil, yaitu "menanam", walau menanam sering dianggap sepele namun dalam jangka waktu yang akan datang akan memberikan dampak yang besar terhadap lingkungan. Harapan saya teman-teman juga dapat menjadi bagian dalam pencegahan abrasi di pesisir Demak ini. Teman-teman juga dapat melakukan donasi, Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5000/pohon. “Bagaimana Cara Berdonasi ??” Caranya sangat mudah :
  1. Klik Tombol “DONASI SEKARANG”
  2. Input nominal yang akan di donasikanπ
  3. Pilih metode pembayaran transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI), Go-Pay dan Doku Wallet
  4. Konfirmasi melalui WhatsApp, Website atau E-mail
  5. Selesai
Teman-teman Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”. Berapapun donasi dari temen-temen pastilah sangat berguna sekali untuk membantu mengurangi dampak kerusakan yang berada di pesisir Demak. mari bersama-sama hijaukan indonesia. Terimakasih, Salam Lestari! salam konservasi.

Kampanye alam"#SatuHutan: Bantu cegah pesisir Demak ditelan abrasi" telah dilaksanakan diBedono pada tanggal12 Januari 2020dibantu olehMak Jah dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah64 orang.



Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye ini dapat diakses di link berikut Penanaman Demak

#Update 05-Jun-2020

Kampanye alam "#SatuHutan: Bantu cegah pesisir Demak ditelan abrasi" telah dilaksanakan di Bedono pada tanggal 12 Januari 2020 dibantu oleh Mak Jah dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 64 orang. Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye ini dapat diakses di link berikut https://drive.google.com/open?id=1WJGNEubRCDZgdeJIYK6W8mZRPCDyk_XO

Data dan Emisi/Serapan Carbon dapat berubah sesuai data update dan usia pohon
Agung Wibowo

Agung Wibowo

5 Pohon

Anonymous

Anonymous

10 Pohon

CDE Stores

CDE Stores

Alokasi dari kampanye Pohonhabibie

10 Pohon

Anonymous

Anonymous

10 Pohon

Bismillah semoga bermanfaat
Anonymous

Anonymous

10 Pohon

Semoga manfaat pohon2ku dpt dirasakan oleh warga sekitar & anak cucu kelak

Anonymous

60 Pohon

Anonymous

Anonymous

20 Pohon

Anonymous

Anonymous

10 Pohon