Kampanye Alam "Bantu Cegah Abrasi Pantai Kinjil Pesisir" - LindungiHutan

Bantu Cegah Abrasi Pantai Kinjil Pesisir

Dibuat: Arya kusuma | Jul 20, 2018

Lokasi: Pantai Kinjil Pesisir Ketapang | Kota: Ketapang

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Ketapang


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Wilayah pantai merupakan daerah yang intensif dimanfaatkan untuk kegiatan manusia seperti kawasan pusat pemerintahan, pemukiman, industri, pelabuhan, pertambakan, pertanian, perikanan, pariwisata dan sebagainya.

Pantai juga merupakan bagian dari lingkungan kawasan pesisir yang dinamis dan selalu berubah. Proses perubahan yang terjadi di pantai merupakan akibat kombinasi berbagai gaya yang bekerja di pantai meliputi angin, gelombang.

Foto : Lokasi Disekitar Penanaman

Pantai Kinjil Pesisir Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat berpotensi mengalami masalah akibat angin dan gelombang / ombak laut. Permasalahan yang sering muncul pada daerah pantai adalah abrasi pantai yang terutama disebabkan oleh akivitas gelombang laut. Untuk dapat menanggulangi kerusakan pantai akibat gempuran gelombang di pantai maka diperlukan penanaman pohon mangrove.

Foto : Lokasi Yang akan ditanami Mangrove

Berdasarkan hasil survei dan Menurut data BMKG gelombang sei kinjil bisa mencapai 1,00 m – 1,50 m dan ketinggian bisa mencapai 2,00 m.

Pantai Kinjil Pesisir Ketapang sendiri mempunyai berpotensi sebagai sumberdaya perekonomian. Namun potensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Selain itu Pantai Kinjil juga dapat dikembangkan sebagai daerah wisata. Untuk Pengembangan daerah wisata diperlukan serta dapat mendukung penanggulangan abrasi pantai.

Foto : Relawan Melakukan Uji Penanaman di Lokasi

Demi mencegah terjadinya abrasi yang semakin hari semakin bertambah, Relawan LindungiHutan Ketapang ingin melakukan aksi nyata dengan menanam pohon mangrove di sekitar garis pantai Kinjil Pesisir (Pantai Pecal) Ketapang, Kalimantan Barat. Bukan hanya sekedar penanaman, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya pohon mangrove pada daerah pesisir.

Melalui Kampanye ini Relawan LindungiHutan akan melaksanakan penanaman pada tanggal 23 Desember dengan target 2000 pohon mangrove.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai
Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dan pendakian dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Gita

10 Pohon

Intan Angraini

4 Pohon

Ayo Selamatkan Pantai Kinjil dari Abrasi

Arya kusuma

4 Pohon

Ayo bersama kita menanam mangrove demi tercipta sabuk hijau pantai pesisir