Kampanye Alam "Soul for Bedono - Kembalikan Daratan Bedono" | LindungiHutan
Gambar Kampanye
Kampanye Selesai

Soul for Bedono - Kembalikan Daratan Bedono

Soul for Earth

Soul for Earth

Lihat Partner

626 pohon terkumpul dari 300 pohon

31 Donatur

Batas Donasi: 28 February 2023
Kampanye Selesai
Penanaman: 07 July 2023
Selesai Ditanam
Unduh LPJ
Cerita
Pantau
Update
Kampanye dibuat 04 January 2022
Dengan berkomitmen untuk penanaman Mangrove di desa Bedono, kami berharap setiap langkah yang dibawa Soul memberikan kontribusi nyata terhadap lingkungan
Salam Lestari!

Halo Sahabat Alam,

Perkenalkan kami adalah Soul for Earth. Perkenalkan kami adalah Soul for Earth yang lahir untuk menghadirkan produk-produk eco-friendly dengan harga terjangkau karena menyadari problem bahwa selama ini eco-friendly selalu dicap sebagai gaya hidup yang mahal. Dengan adanya produk-produk ramah lingkungan dengan harga yang lebih terjangkau, Soul berkomitmen untuk turut berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan, dengan mengajak lebih banyak orang untuk dapat berpartisipasi dalam mengurangi sampah sehingga gaya hidup yang ramah lingkungan tidak hanya eksklusif untuk kalangan atas saja.

Sejak Soul didirikan pada tahun 2020 dan berkembang hingga sekarang, kami menyadari bahwa banyak sekali langkah-langkah kecil yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian alam ini. Aspirasi Soul tidak hanya sekedar memberikan akses gaya hidup ramah lingkungan kepada lebih banyak orang, tapi juga turut serta dalam memberikan kontribusi nyata terhadap lingkungan melalui setiap pendapatan yang kami peroleh, yakni dengan berkomitmen untuk mengalokasikan profit yang kami peroleh untuk menanam setidaknya 50 pohon setiap bulannya dengan harapan semoga angka ini dapat bertumbuh lagi seiring dengan lebih banyaknya orang-orang yang peduli akan lingkungan.

Kami memilih wilayah Bedono, Demak sebagai tempat penanaman pohon berikutnya. Bedono merupakan salah satu desa di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, yang tenggelam akibat abrasi pantura. Setidaknya ada dua dukuh yang telah tenggelam menjadi lautan, yakni Dukuh Senik dan Tambaksari. Pada tahun 1997, desa tersebut memiliki daratan seluas 739,2 hektare. Tetapi pada 2017 lalu, luas daratan telah berkurang hingga hanya tersisa 551,673 hektare. Lahan yang hilang ini setara dengan 250 lapangan sepak bola atau 125.000 rumah penduduk. Jika tidak segera ditangani dengan baik, wilayah Kabupaten Demak terancam tenggelam dalam 10-20 tahun ke depan, sebab wilayah Demak hanya memiliki ketinggian 3 mdpl.

Abrasi di sini terjadi karena hilangnya mangrove sebagai benteng alami permukiman warga yang digunduli untuk tambak dan reklamasi di Semarang. Abrasi bukan hanya menenggelamkan rumah warga, tetapi juga menggeser mata pencaharian. Kini warga Desa Bedono tidak lagi bergantung pada perikanan tambak udang maupun ikan. Pada lokasi pesisir, tumbuhan mangrove sangat berperan dalam upaya peredaman laju abrasi, menjaga kualitas dan produktivitas perairan, yang tentunya membawa manfaat bagi para nelayan dan petani tambak. Hutan mangrove dapat berfungsi sebagai green belt agar aktivitas masyarakat pesisir dapat terjaga dari gelombang dan angin laut.

Dengan berkomitmen untuk penanaman Mangrove di desa Bedono, kami berharap setiap langkah yang dibawa Soul memberikan kontribusi nyata terhadap lingkungan.
Data dan Emisi/Serapan Carbon dapat berubah sesuai data update dan usia pohon
16 Jan 2024
230074
Monitoring ke2. Pohon mati karena ombak, sunburn, dan hama.
809
Pohon Hidup
300
Pohon Mati
1cm
Diameter Pohon
78cm
Tinggi Pohon
80.42%
Perkembangan
Gambar Monitoring
12 Oct 2023
230074
Pohon mengalami kematian karena suhu panas
998
Pohon Hidup
111
Pohon Mati
1cm
Diameter Pohon
71cm
Tinggi Pohon
99.2%
Perkembangan
Gambar Monitoring
11 bulan yang lalu
Avatar
Anonymous
6 Pohon
1 tahun yang lalu
Avatar
Michaela Nathania
1 Pohon
semoga dapat membantu untuk penanaman, dan memberikan berkah bagi makhluk hidup
1 tahun yang lalu
Avatar
Anonymous
1 Pohon
1 tahun yang lalu
Avatar
Anonymous
1 Pohon
1 tahun yang lalu
Avatar
Anonymous
2 Pohon
1 tahun yang lalu
Avatar
Soul for Earth
556 Pohon
556
2 tahun yang lalu
Avatar
Sylvia Pujiwati Link
36 Pohon
36
1 tahun yang lalu
Avatar
Anonymous
15 Pohon
15

Hitung Emisi Karbon dengan Mudah dan Gratis

Melalui Imbangi, setiap pengguna dapat menghitung jejak karbon yang dihasilkan dan menyerapnya dengan langkah penghijauan bersama LindungiHutan

Hitung Jejak Karbon