Connect with us

Mitra Hijau

Hijaukan Pesisir Indonesia: Soul for Earth Gerakkan Aksi Penanaman di Kabupaten Demak

Published

on

Aksi penghijauan Soul for Earth di Desa Bedono

Soul for Earth adalah sebuah brand yang menjual produk-produk ramah lingkungan dengan harga yang terjangkau. Seperti kotak makan, busa cuci piring eco-friendly, menstrual cup, sikat gigi, penghapus makeup , dan masih banyak lagi

Hadirnya, Soul bertujuan meluruskan stigma masyarakat bahwa produk- produk ramah lingkungan terkenal dengan harga yang mahal. 

Dan juga, Soul for Earth berkeinginan mengajak lebih banyak orang untuk menjaga kelestarian alam dengan menggunakan produk-produk ramah lingkungan dan ikut serta dalam upaya penghijauan bersama LindungiHutan.

Kampanye Penghijauan Soul for Earth Tanam 600+ Pohon Mangrove di Desa Bedono

Lokasi penanaman Soul For Earth di Desa Bedono
Lokasi penanaman mangrove Soul for Earth di Desa Bedono. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Soul for Earth menyadari, banyak langkah kecil yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan, salah satunya dengan menanam pohon.

Bermula pada tahun 2021, Soul for Earth menggandeng LindungiHutan dalam sebuah kampanye alam penghijauan di Pesisir Ogotua, Kabupaten Toli-toli. Dalam kampanye tersebut, Soul berhasil menanam 365 pohon mangrove pada tahun 2022. 

Pada tahun 2023, Soul for Earth kembali melanjutkan gerakan penghijauannya di Desa Bedono, Kabupaten Demak.

Dengan menginisiasi kampanye alam yang bertajuk “Soul for Bedono – Kembalikan Daratan Bedono“, Soul for Earth mengalokasikan setiap keuntungan yang didapat dari hasil penjualan dengan berkomitmen mendonasikan kepada LindungiHutan dalam kegiatan penghijauan. 

Melalui kampanye tersebut, Soul for Earth berhasil menanam 626 pohon mangrove pada 7 Juli 2023. Selama kegaiatan penanaman berjalan dengan lancar dan dibantu oleh mitra penggerak yang bernama Ihwanudin.

Harapannya, aksi tersebut dapat menjadi contoh bagi kita semua, sebab menjaga bumi sudah menjadi tugas kita bersama!

Baca juga: Sustainability Action PT Bina Pertiwi Tanam 1.000 Mangrove di Kepulauan Seribu

Nyatakan Bentuk Kepedulian Brand Anda Terhadap Lingkungan Bersama LindungiHutan!

LindungiHutan merupakan sebuah platform penggalangan dana yang bergerak di bidang konservasi dan lingkungan. Kami menaruh perhatian lebih pada upaya pelestarian alam Indonesia. Kami siap membantu Brand Anda dalam melakukan aksi lingkungan.

Gabung bersama Kami, mari wujudkan #BersamaMenghijaukanIndonesia!

Penanaman Pohon Mangrove Atasi Banjir Rob di Desa Bedono

Pohon mangrove Soul for Earth untuk Desa Bedono
Ratusan mangrove di tanam di Pesisir Desa Bedono. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Desa Bedono terletak di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak Jawa Tengah. Desa ini berada di pesisir utara Pulau Jawa. Kerap kali banjir rob melanda desa tersebut, sebab topografinya yang landai dan menjorok ke lautan.

Dalam 10-20 tahun terakhir, sebanyak 200 rumah masyarakat sekitar Desa Bedono tenggelam akibat banjir rob yang melanda. Akibatnya, masyarakat kehilangan tempat tinggal dan perekonomian yang terganggu.

Berdasarkan salah satu penelitian, penyebab banjir rob di pesisir utara Pulau Jawa ini dikarenakan aktivitas reklamasi yang dilakukan tahun 1985 di kawasan Pantai Marina dan Pelabuhan Tanjung Mas.  

Tahun 1990, semakin banyak lahan tambak yang menggeser kawasan mangrove yang ada di area tersebut. Padahal keberadaan hutan mangrove sangat berdampak baik bagi lingkungan dan masyarakat.

Melihat kondisi tersebut, Soul for Earth menggalakkan penghijauan di Desa Bedono untuk mengembalikan keadaan desa tersebut seperti sedia kala.

Mangrove memiliki manfaat sebagai pelindung wilayah pesisir dari ancaman abrasi air laut, sebab akar-akar mangrove yang kuat mampu meredam gelombang air laut yang ingin menuju daratan. Selain itu mangrove digunakan sebagai habitat bagi makhluk hidup, penyerap emisi karbondioksida, sebagai kayu bakar, dan lainnya.

Baca juga: Aksi Indorelawan Gerakkan Penghijauan di Kabupaten Bekasi

CollaboraTree: Aksi Nyata Brand Peduli Lingkungan

Ingin mengikuti jejak Soul for Earth memberikan dampak bagi lingkungan? Caranya mudah sekali, jalin kerja sama dengan LindungiHutan melalui program CollaboraTree.

CollaboraTree merupakan program penghijauan dari LindungiHutan, sebagai wadah untuk brand melakukan aksi peduli lingkungan dengan mudah dan transparan.

Bersama Kami, merencanakan, melaporkan, dan menjalankan program lebih mudah dan tidak perlu menyita waktu dan tenaga. Brand Anda dapat memilih bentuk kolaborasi seperti product bundling, profit sharing, monthly commitment, atau yang lainnya. Selengkapnya klik di sini!

Tidak usah ragu, kami telah dipercaya 350+ brand dan perusahaan dalam melakukan kegiatan penghijauan di seluruh Indonesia. Segera jalin kerja sama, selamatkan bumi kita!

Baca juga: KUFPEC Indonesia Tanam 502 Mangrove di Jakarta Utara

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh Annual Report LindungiHutan