fb Hutan Merdeka - LindungiHutan





Flowers




Bantu Hutan kembali Merdeka
dengan Berdonasi atau Gabung Aksi
di 30 kota seluruh Indonesia





2,106

Pohon

341

Partisipan

Pilih kota dan Tanam Pohon Kemerdekaanmu


Cisadap Ciamis, 0 Pohon Kotawaringin Timur, 0 Pohon Mojokerto, 0 Pohon Landak Kalbar, 6 Pohon Palu, 3 Pohon Jakarta Barat, 5 Pohon Sumbawa, 0 Pohon Barito Kuala, 9 Pohon Kuta Bali, 9 Pohon Tegal, 22 Pohon Banyumas, 9 Pohon Makassar, 17 Pohon Tanah Laut, 0 Pohon Dadap Indramayu, 10 Pohon Polewali Mandar, 36 Pohon Puloby Indramayu, 0 Pohon Kutai Kartanegara, 35 Pohon Toraja Utara, 23 Pohon Lombok Barat, 13 Pohon Prau Temanggung, 36 Pohon Banjarbaru, 39 Pohon Cirebon, 45 Pohon Muaro Jambi, 30 Pohon Pekalongan, 54 Pohon Mataram, 46 Pohon Gunungkidul, 74 Pohon Palu Utara, 93 Pohon Siak, 111 Pohon Lawu Magetan, 178 Pohon Demak, 171 Pohon Padamulya Ciamis, 187 Pohon Semarang, 237 Pohon Cilacap, 361 Pohon Kendal, 236 Pohon Maluku Tenggara, 3 Pohon

“Faktanya, Indonesia kehilangan Hutan seluas 3x Lapangan Sepakbola setiap menitnya.”

Penjarahan Hutan di Indonesia adalah salah satu yang tertinggi di dunia. Hingga tahun 2018, kita telah kehilangan hutan aslinya sebesar 72%, dan hanya menyisakan sekitar 125,9 juta hektar hutan darat.

HutanMerdeka Kini dan Nanti

Penjarahan secara etimologi bahasa, artinya adalah pengambilan barang secara paksa. Tetapi, bagi kami penjarahan bisa saja berupa sikap acuh dan abai dengan suatu masalah, meskipun tidak mereka rasakan secara langsung.

Terdapat lebih dari 3000 berita mengenai pembalakan liar, kebarakan hutan, pengalih fungsi hutan hingga berita mengerikan lain mengenai hutan selama tahun 2018-2019.

Selama ini, kita menganggap bahwa segala suatu hal yang terjadi di dalam Hutan bukanlah masalah kita.

Ini adalah masalah mereka.

Mereka yang kehidupannya bersentuhan langsung dengan hutan; masyarakat desa, instansi pemerintah, perusahaan pengeksploitasi dan semua hal yang memang menggantungkan hidupnya dengan hutan. Hal ini tidak hanya menimbulkan rasa abai terhadap masalah, tetapi juga opini bahwa kerusakan hutan adalah tanggung jawab “mereka”, bukan kita.

Tapi tahukah kalian, dibalik semua kabar buruk terkait hutan. Kita masih punya harapan, banyak kisah heroik dari mereka yang mengabdikan dirinya kepada alam, demi lestarinya kehidupan di masa depan. Namun, tak banyak beda nasibnya dengan Hutan, mereka tidak hanya tidak didengar, tetapi juga sama diacuhkannya sama hal dengan masalah yang ada di dalam hutan.

Padahal merekalah, mungkin orang-orang yang hadir dibalik segarnya bernapas di pagi hari, cerahnya cuaca Ibu Kota atau mungkin karena polusi yang tereduksi oleh hijaunya hutan kita. Merekalah, orang-orang baik yang berjuang keras dibalik lestarinya keseimbangan alam kita.

Kini, sudah sepantasnya kita ambil bagian.

HutanMerdeka adalah Kampanye Alam yang diinisiasi oleh LindungiHutan.com dilebih dari 30 Kota dan Kabupaten seluruh Indonesia. Kegiatan penanaman dan penyulaman pohon, yang kami targetkan diikuti oleh lebih dari 1000 orang #PembelaHutan dan 10.000 Pohon tertanam. Mulai dengan Cari Daerah Penanaman yang akan didukung, lantas mulai Berdonasi atau Bergabung Aksi bersama mereka.

Saatnya kita dukung perjuangan mereka, jadilah salah satu penyebar kabar baik dan penyala semangat kemerdekaan.

“Karena, penjarahan di dalam Hutan harus dihapuskan.” Agar HutanMerdeka, kini dan nanti.

Selengkapnya..