Jumbotron

Aksi Hijaukan Pesisir Kendal

Dibuat

99 Donatur

Jenis Pohon Tanam : Mangrove Avicennia (api-api putih)

1,999 pohon terkumpul dari 2,000 pohon

Batas Donasi: 20 Oct 2019

Penanaman: Minggu, 27 Oktober 2019

Kampanye Alam Selesai

Menanam sekali saja tidak cukup. Kita butuh lebih banyak lagi penanaman untuk pesisir Kendal.
Pantai Kartika Jaya adalah pantai yang terletak di Kendal, Utara Jawa Tengah. Pantai tersebut merupakan sumber arus air utama pesisir Patebon, Kabupaten Kendal dan juga menjadi poros ekonomi warga setempat karena menjadi lokasi tambak budidaya baik ikan maupun udang yang berperan penting dalam menghidupi perekonomian keluarga pesisir.

Sayangnya sejak tahun 2009, Abrasi melanda Pantai Kartika Jaya dan mengikis pesisir lebih dari 30 hektar. Tragedi ini menyebabkan rusaknya mata pencaharian warga setempat bahkan menenggelamkan beberapa rumah masyarakat pesisir. Hal ini sangat memprihatinkan dan sudah sebaiknya sesama manusia harus saling tolong menolong dalam berbagai macam aspek, salah satunya dengan menyelamatkan poros ekonomi dan pemukiman masyarakat dari abrasi pantai.



Foto : lokasi penanaman

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah meluasnya dampak abrasi tersebut adalah dengan membangun sabuk hijau pesisir dengan penanaman mangrove. Secara umum, hutan mangrove memiliki beberapa manfaat dan peranan seperti; mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi, sebagai penyaring alami, tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa spesies fauna, serta berperan dalam pembentukan pulau dan penstabilan daerah pesisir.

Sebelumnya, sudah ada program penanaman di Pantai Kartika Jaya namun sayang beberapa pohon Mangrove diantaranya rusak bahkan hilang, jumlahnya juga belum cukup untuk menjadi pemecah kuatnya gelombang air laut pantai utara.

Oleh sebab itu, kami tergugah untuk melakukan program penyulaman bahkan penanaman kembali Mangrove di pesisir Pantai Kartika Jaya. Dan kami berharap kepada semua masyarakat untuk lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan. Kepedulian tersebut dapat ditujukan dengan mencintai lingkungan, mengikuti kegiatan penanaman mangrove atau pohon lainnya dan dengan cara berdonasi pohon.

Penanaman akan dilakukan pada hari Minggu, 27 Oktober 2019 di Pantai Kartika Jaya, Kecamatan Patebon Kendal dengan target 2000 bibit pohon. Besaran donasi untuk satu bibitnya adalah Rp 5000,- yang akan dialokasikan untuk ;
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. KonfirmasiNama Anda Akan muncul di Halaman DonaturSelesai
  5. Selesai
Anda juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !! LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

#Update 09-Sep-2019

Update Kampanye Dimulai Nanti Pada Tanggal Pelaksanaan 27-10-2019
Anonymous

Anonymous

10 Pohon

Yuliati

Yuliati

200 Pohon

Septrina

Septrina

10 Pohon

Anonymous

Anonymous

8 Pohon

Dina Awaliah

Dina Awaliah

10 Pohon

Dina Awaliah

Anonymous

200 Pohon

Dina Awaliah

Yuliati

200 Pohon

Dina Awaliah

Laura Blessa

160 Pohon