Kampanye Alam "Magetan #RawatBumi2019: Reboisasi Hutan Lawu yang Terbakar" | LindungiHutan
Gambar Kampanye
Kampanye Selesai

Magetan #RawatBumi2019: Reboisasi Hutan Lawu yang Terbakar

Lindungi Hutan

Lindungi Hutan

Jenis Tanaman:
Lokasi:

38 pohon terkumpul dari 2,000 pohon

19 Donatur

Batas Donasi: 21 April 2019
Kampanye Selesai
Penanaman: 21 April 2019
Selesai Ditanam
Unduh LPJ
Cerita
Pantau
Update
Kampanye dibuat 29 May 2018
Bantu Gunung Lawu tetap hijau agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar.
Tepatnya 29 Agustus 2017 , Badai dan Kebakaran Landa Gunung Lawu. Jalur pendakian Gunung Lawu lewat Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur ditutup sementara menyusul badai dan kebakaran yang melanda gunung tersebut.

"Terhitung hari ini untuk sementara jalur pendakian Gunung Lawu lewat Cemoro Sewu kami tutup. Penutupan jalur pendakian lantaran badai dan kebakaran di jalur pendakian antara pos dua hingga pos empat," ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, Selasa ( 29/8/2017).



Foto : Kebakaran Gunung Lawu

Gunung Lawu(3.265 m) terletak di Pulau Jawa,tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengahdan Jawa Timur. Gunung Lawu terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kanupaten Magetan,Jawa Timur.

Status gunung ini adalah gunung api "istirahat" (diperkirakan terahkir meletus pada tanggal 28 November 1885 dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi.




Foto : Keindahan Gunung Lawu


Cuaca panas terik mengakibatkan kebakaran hutan di Gunung Lawu sering terjadi, tepatnya di petak 19 sisi utara. Dari data yang dihimpun, angin kencang yang bertiup membuat api terus menjalar. Diperkirakan sudah sekitar 5 hektar hutan yang terbakar di tahun 2017. Pengelola sering melakukan pemadaman dilakukan secara manual dengan memadamkan titik api.

Pemadaman terus dilakukan karena dikawatirkan merambah wilayah Magetan. Dampak yang ditimbulkan kebakaran hutan ternyata sangat kompleks. Kebakaran hutan tidak hanya berdampak terhadap ekologi dan mengakibatkan kerusakan lingkungan saja. Namun dampak dari kebakaran hutan ternyata mencakup bidang-bidang lain. Dampak Terhadap Ekologis dan Kerusakan Lingkungan.

Kebakaran hutan memberikan dampak langsung terhadap ekologi dan lingkungan yang diantaranya adalah:

  1. Hilangnya sejumlah spesies; selain membakar aneka flora, kebakaran hutan juga mengancam kelangsungan hidup sejumlah binatang. Berbagai spesies endemic (tumbuhan maupun hewan) terancam punah akibat kebakaran hutan.
  2. Erosi; Hutan dengan tanamannya berfungsi sebagai penahan erosi. Ketika tanaman musnah akibat kebakaran hutan akan menyisakan lahan hutan yang mudah terkena erosi baik oleh air hujan bahkan angin sekalipun.
  3. Alih fungsi hutan; Kawasan hutan yang terbakar membutuhkan waktu yang lama untuk kembali menjadi hutan. Bahkan sering kali hutan mengalami perubahan peruntukan menjadi perkebunan atau padang ilalang.
  4. Penurunan kualitas air ; Salah satu fungsi ekologis hutan adalah dalam daur hidrologis. Terbakarnya hutan memberikan dampak hilangnya kemampuan hutan menyerap dan menyimpan air hujan.
  5. Pemansasan Global; Kebakaran hutan menghasilkan asap dan gas CO2 dan gas lainnya. Selain itu, dengan terbakarnya hutan akan menurunkan kemampuan hutan sebagai penyimpan karbon. Keduanya berpengaruh besar pada perubahan iklim dan pemansan global.
  6. Sendimentasi sungai; Debu dan sisa pembakaran yang terbawa erosi akan mengendap di sungai dan menimbulkan pendangkalan.
  7. Meningkatnya bencana alam; Terganggunya fungsi ekologi hutan akibat kebakaran hutan membuat intensitas bencana alam (banjir, tanah longsor, dan kekeringan) meningkat.



Foto : Kerusakan Ekologis Akibat Kebakaran Hutan

Proses pemulihan lahan terbakar membutuhkan waktu tiga bulan agar benar-benar bersih dari asap. Jika lahan terbakar sudah bersih, kemudian tahapan selanjutnya adalah proses pembersihan untuk penanaman kembali. Untuk mendukung proses tersebut , Lindungi Hutan berkerjasama dengan pihak pengelola pendakian gunung lawu membuat campaign tentang penghijauan gunung lawu yang bertujuan untuk memulihkan lahan yang terbakar.

Penanaman ini akan dilakukan bersamaan dengan momentum Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 21 April 2019, yang oleh LindungiHutan dikemas melalui “Gerakan Rawat Bumi”.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 30.000/pohon. Penanaman akan dilaksanakan di sekitar wilayah Gunung Lawu jalur Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

Kampanye alam"Magetan #RawatBumi2019: Reboisasi Hutan Lawu yang Terbakar" telah dilaksanakan di jalur pendakian Gunung Lawu pada tangga l21 April 2019 dibantu oleh Relawan LindungiHutan Solo dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 37 orang.

Dokumentasi kegiatan penghijauan gunung lawu oleh LindungiHutan.

Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye "Magetan #RawatBumi2019: Reboisasi Hutan Lawu yang Terbakar" dapat diakses di link berikut "Penanaman Gunung Lawu"

Data dan Emisi/Serapan Carbon dapat berubah sesuai data update dan usia pohon
12 May 2022
Campaign telah dilaksanakan 12-05-2022
38
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
1cm
Diameter Pohon
1cm
Tinggi Pohon
1%
Perkembangan
25 Mar 2021
Campaign telah dilaksanakan 25-03-2021
38
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
1cm
Diameter Pohon
1cm
Tinggi Pohon
1%
Perkembangan
14 May 2020
Kampanye alam "Magetan #RawatBumi2019: Reboisasi Hutan Lawu yang Terbakar" telah dilaksanakan di Gunung Lawu pada tanggal 21 April 2019 dibantu oleh Relawan LindungiHutan Magetan dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 37 orang. Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye "Magetan #RawatBumi2019: Reboisasi Hutan Lawu yang Terbakar" dapat diakses di link https://drive.google.com/open?id=1xjBcJiuDGCtNUx9e73xQu9ucGQqlEed5
38
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
1cm
Diameter Pohon
1cm
Tinggi Pohon
1%
Perkembangan
Gambar Monitoring
14 May 2020
Campaign telah dilaksanakan 14-05-2020
38
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
1cm
Diameter Pohon
1cm
Tinggi Pohon
1%
Perkembangan
19 Jul 2019
Campaign Magetan #RawatBumi: Reboisasi Hutan Lawu yang Terbakar telah selesai dilaksanakan pada hari Minggu, 21 April 2019. Peserta yang hadir berjumlah 29 orang dan 38 pohon telah tertanam.
38
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
0.1cm
Diameter Pohon
0.1cm
Tinggi Pohon
100%
Perkembangan
Gambar Monitoring
22 Apr 2019
Campaign telah dilaksanakan 22-04-2019
38
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
1cm
Diameter Pohon
1cm
Tinggi Pohon
1%
Perkembangan
20 May 2018
Update Kampanye Dimulai Nanti Pada Tanggal Pelaksanaan 04-11-2018
1
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
0.1cm
Diameter Pohon
0.1cm
Tinggi Pohon
100%
Perkembangan
Gambar Monitoring
4 tahun yang lalu
Avatar
Anonymous
1 Pohon
4 tahun yang lalu
Avatar
Dwi Cahyo
1 Pohon
4 tahun yang lalu
Avatar
Hezka Lintan Kalarino
1 Pohon
4 tahun yang lalu
Avatar
Nuzuliana
2 Pohon
Satu pohon untuk satu kehidupan yang sehat
4 tahun yang lalu
Avatar
Anonymous
1 Pohon
5 tahun yang lalu
Avatar
Anonymous
6 Pohon
6
4 tahun yang lalu
Avatar
Anonymous
5 Pohon
5
5 tahun yang lalu
Avatar
Agus Handoyo
4 Pohon
4
Mari sama sama Hijaukan Nusantara Kembali.

Hitung Emisi Karbon dengan Mudah dan Gratis

Melalui Imbangi, setiap pengguna dapat menghitung jejak karbon yang dihasilkan dan menyerapnya dengan langkah penghijauan bersama LindungiHutan

Hitung Jejak Karbon