Jumbotron

500 pohon dari Shirohyde

Dibuat

Emisi Berkurang
Donasi Pohon
51,736.43

22 Donatur

Jenis Pohon Tanam : Mangrove Rhizophora

538 pohon terkumpul dari 500 pohon

Batas Donasi: 29 Feb 2020

Penanaman: Sabtu, 27 Juni 2020

Kampanye Alam Selesai

Kampanye Terkait

Bantu Donasi untuk Mencegah Abrasi Demak Semakin Parah
Hai salam lestari, namaku Fabianus Bayu. Saat ini aku sedang menekuni hobiku sebagai ilustrator dan juga komikus. Selama ini aku lebih suka membuat konten yang berhubungan dengan alam karena bagiku alam memberi banyak sekali manfaat untuk kehidupan makhluk di bumi. Namun, sayang sekali alam telah kehilangan separuh kekuatanya karena kelalaian kita untuk menjaganya.

Belakangan ini aku sedang mendesain permainan kartu yang bertema tentang keanekaragaman hayati di Indonesia. Alasanku sangat sederhana, yaitu agar teman-teman memahami kembali bahwa alam Indonesia sangat beragam, dari rasa memahami itu aku yakin akan timbul rasa memiliki, dan sebagai pemilik akan dengan suka rela menjaga serta melindungi kelestarian alam Indonesia.

Akhir-akhir ini, aku dirisaukan dengan kasus abrasi yang sudah banyak terjadi di Indonesia, khususnya di pantai utara Jawa Tengah. 5.500 hektar daerah dari 10 kabupaten sudah tenggelam karena abrasi. Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak menjadi salah satu daerah yang terkena abrasi paling parah. Tercatat oleh Bappeda Demak, kurang lebih selama lima tahun terakhir 582,8 hektar kawasan tambak tergenang dan kemudian menghilang.
Dampak abrasi pantai kian hari kian mengancam ekosistem serta kualitas lingkungan hidup masyarakat Sayung. Sebagian masyarakat terpaksa meninggalkan rumahnya karena telah kehilangan lahan pemukiman dan lahan tambak yang ditenggelamkan abrasi.

Teman, tahukah kamu bahwa pada tahun 2050 Indonesia menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang diprediksi terancam tenggelam dikarenakan abrasi pantai yang mengikis daerah kawasan pesisir. Fenomena abrasi terjadi karena menurunya permukaan tanah ketika proses pemadatan tanah akibat aktivitas gelombang, arus laut, dan pasang surut air laut sehingga garis pantai mengalami perubahan. LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) memperkirakan, permukaan air laut akan naik sebesar 25 cm, dan ini menjadi ancaman serius karena berdampak pada 23 juta orang dikawasan pesisir. Tentu ini menjadi kabar buruk bagi kita.

Aku masih yakin jika menanam pohon mangrove adalah salah satu solusi terbaiknya. Hutan mangrove menjadi komponen utama pembentuk ekosistem pesisir. Mangrove dapat menjadi pelindung alami pantai karena akarnya yang kokoh dapat menahan sedimen dan meredam kekuatan gelombang air laut yang menghantam kawasan bibir pantai, sehingga pohon mangrove mampu berperan sebagai land cruiser. Paling tidak pohon mangrove mampu menyelamatkan tanah yang tergerus ombak, menjadi rumah bagi keberlangsungan kehidupan ekosistem pantai dan menunjang keberlangsungan kehidupan masyarakat pesisir.
Sudah saatnya aku dan kamu bersatu menjadi solusi untuk tragedi abrasi ini. Caranya dengan bersama-sama berdonasi pohon untuk kawasan pesisir Kecamatan Sayung, Kota Demak agar tidak tenggelam.

Yuk berdonasi dan menjadi bagian dari mereka yang menyelamatkan alam Indonesia dari bahaya abrasi.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah
Rp 5,000/pohon.

Bagi Ihwanudin, Demak bukan hanya tempat dimana dilahirkan melainkan tempat dimana tumbuh dan berproses. Sebagai anak pesisir utara pulau Jawa, Demak khususnya pantai dan lautan memberi banyak kekayaan alam baik tumbuhan maupun hewan. Tapi sayangnya saat ini rasa syukur harus dibarengi dengan rasa ikhlas, sabar dan sedih karena Demak sedang terancam bahaya. Mari bantu Ihwanudin untuk melakukan penanaman mangrove di Bedono sebagai upaya penyelamatan pesisir Demak

Bagaimana Cara Berdonasi ??
1. Klik Tombol “DONASI SEKARANG”
2. Input nominal yang akan di donasikanπ
3. Pilih metode pembayaran transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI), Go-
Pay dan Doku Wallet
4. Konfirmasi melalui WhatsApp, Website atau E-mail
5. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di
Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

Kampanye alam 500 pohon dari Shirohyde telah dilaksanakan diBedono, Demakpada tanggal27 Juni 2020 dibantu olehMak Jah dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah9 orang dari berbagai komunitas di antaranya adalah Relawan LindungiHutan Demak.



Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye ini dapat diakses di link berikut Penanaman Shirohyde

#Update 27-Nov-2019

Update Kampanye Dimulai Nanti Pada Tanggal Pelaksanaan 15-12-2019

Data dan Emisi/Serapan Carbon dapat berubah sesuai data update dan usia pohon
Hasna Ajeng Fadhilah

Hasna Ajeng Fadhilah

4 Pohon

@tokonebulek

@tokonebulek

80 Pohon

SamaSama Lindungi Hutan

SamaSama Lindungi Hutan

100 Pohon

Berikut adalah hasil donasi dari para good soul yang telah membeli produk #samasamalindungihutan
Kevin Crystal

Kevin Crystal

4 Pohon

Akhmad Rizal Busthomi

Akhmad Rizal Busthomi

4 Pohon

Yuk Istiqomah berinfaq pohon. Dalam suatu hadist riwayat Muslim, orang yg menanam pohon tdk akan rugi sedikitpun, meskipun hasilnya dicuri orang / dimakan hewan, sebab dianggap sedekah oleh Allah SWT.

SamaSama Lindungi Hutan

100 Pohon

SamaSama Lindungi Hutan

@tokonebulek

80 Pohon

@tokonebulek

@hiduplestari

50 Pohon