Kampanye Alam "IMBANGI - Tebus Emisi dan Jaga Cadangan Karbon Biru Tetap Lestari" | LindungiHutan
Gambar Kampanye

IMBANGI - Tebus Emisi dan Jaga Cadangan Karbon Biru Tetap Lestari

Lindungi Hutan

Lindungi Hutan

13 pohon terkumpul dari 1 pohon

5 Donatur

Batas Donasi: 31 December 2023
Kampanye Selesai
Penanaman: 31 December 2023
Belum Ditanam
Cerita
Pantau
Update
Kampanye dibuat 23 March 2023
Mari mulai langkah hijau dengan tebus emisi jejak karbon yang kita hasilkan dengan jaminan hidup 3 tahun ke depan bersama LindungiHutan!
IMBANGI adalah kalkulator emisi karbon digital yang digunakan untuk menghitung jumlah emisi karbon yang dihasilkan oleh suatu aktivitas atau produk. Alat ini memperhitungkan jumlah karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya yang dilepaskan ke atmosfer selama siklus hidup produk atau kegiatan.

Berikut adalah 7 fungsi utama kalkulator emisi karbon IMBANGI yang dapat dimanfaatkan:
  1. Memahami dampak emisi karbon dari aktivitas yang dilakukan: Kalkulator emisi karbon membantu pengguna memahami jumlah emisi karbon yang dihasilkan oleh kegiatan sehari-hari, seperti menggunakan kendaraan atau mengonsumsi makanan tertentu. Ini membantu pengguna menyadari dampak kegiatan mereka pada lingkungan dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan untuk mengurangi emisi.
  2. Membantu dalam pengambilan keputusan secara personal atau bisnis dan perusahaan: Kalkulator emisi karbon dapat membantu pengguna dalam pengambilan keputusan sehari-hari, seperti memilih kendaraan yang lebih efisien atau memilih makanan yang lebih berkelanjutan.
  3. Menentukan sumber emisi utama: Kalkulator emisi karbon dapat membantu pengguna menentukan sumber emisi karbon terbesar mereka. Ini membantu mereka memprioritaskan tindakan yang dapat diambil untuk mengurangi emisi.
  4. Menghitung target emisi yang dikeluarkan: Kalkulator emisi karbon IMBANGI dapat membantu pengguna menetapkan target emisi karbon yang dapat dicapai. Ini membantu mereka memotivasi diri untuk mengambil tindakan dan mengukur kemajuan mereka.
  5. Meningkatkan kesadaran kita terkait jejak karbon:IMBANGI dapat meningkatkan kesadaran tentang dampak lingkungan kegiatan sehari-hari. Ini dapat mendorong pengguna untuk mengubah perilaku mereka dan mengambil tindakan yang lebih berkelanjutan.
  6. Memperbaiki manajemen emisi karbon: Kalkulator emisi karbon dapat membantu perusahaan dan organisasi dalam manajemen emisi karbon mereka. Dengan memahami sumber emisi dan mengukur emisi, mereka dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengurangi emisi dan mencapai target keberlanjutan mereka.
  7. Mengukur dampak tindakan yang individu dan perusahaan lakukan: Kalkulator emisi karbon dapat digunakan untuk mengukur dampak dari tindakan yang diambil untuk mengurangi emisi karbon. Ini membantu pengguna untuk melihat manfaat nyata dari upaya mereka dan memotivasi mereka untuk terus berupaya dalam mengurangi emisi karbon.
Dalam keseluruhan, kalkulator emisi karbon IMBANGI merupakan alat yang berguna untuk meningkatkan kesadaran dan memotivasi pengguna dalam mengambil tindakan untuk mengurangi emisi karbon dan memperbaiki keberlanjutan lingkungan.

Kenapa Kita Harus Menebus Emisi Jejak Karbon (Carbon Footprint)?

Berikut adalah 10 alasan mengapa kita harus menebus emisi karbon yang kita hasilkan diantaranya yaitu:

1. Menjaga Keseimbangan Lingkungan Hidup

Emisi karbon telah menyebabkan kenaikan suhu bumi yang signifikan dan perubahan iklim yang berdampak pada lingkungan hidup. Dengan menebus emisi karbon, kita dapat membantu menjaga keseimbangan lingkungan hidup yang sehat dan berkelanjutan.

2. Mengurangi Pemanasan Global

Menebus emisi karbon membantu mengurangi pemanasan global dan dampak negatifnya pada kehidupan manusia dan planet ini.

3. Menjaga Ketersediaan Sumber Daya Alam

Menebus emisi karbon membantu mengurangi penggunaan sumber daya alam yang tidak terbarukan, seperti minyak bumi dan batu bara.

4. Meningkatkan Kualitas Udara

Emisi karbon berkontribusi pada polusi udara, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dengan menebus emisi karbon, kita dapat membantu meningkatkan kualitas udara yang kita hirup setiap hari.

5. Mendorong Perkembangan Teknologi Bersih

Dengan menebus emisi karbon, kita memberikan dukungan kepada pengembangan teknologi bersih dan ramah lingkungan yang dapat membantu mengurangi emisi karbon di masa depan.

6. Menjaga Kesehatan Masyarakat

Emisi karbon dapat berdampak buruk pada kesehatan manusia, seperti asma, penyakit jantung, dan kanker. Dengan menebus emisi karbon, kita dapat membantu mencegah dampak negatif pada kesehatan manusia.

7. Menjaga Kualitas Air

Emisi karbon juga dapat berdampak pada kualitas air, terutama melalui proses asam hujan yang merusak ekosistem air dan lingkungan hidup.

8. Memperkuat Ekonomi Hijau

Menebus emisi karbon dapat membantu memperkuat ekonomi hijau, yang berfokus pada pengembangan dan pemanfaatan energi bersih dan ramah lingkungan.

9. Membantu Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Menebus emisi karbon merupakan langkah penting dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, seperti mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesehatan, dan memperkuat keberlanjutan lingkungan hidup.

10. Menjaga Keseimbangan Alam

Dengan menebus emisi karbon, kita dapat membantu menjaga keseimbangan alam yang kompleks dan terjaga, sehingga ekosistem bumi dapat berfungsi secara optimal untuk kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

10 manfaat menebus emisi jejak karbon tersebut dapat kita peroleh dengan memanfaatkan kalkulator karbon IMBANGI yang dirancang oleh LindungiHutan.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah
Rp 30,000/pohon.

Tambakrejo dikenal sebagai desa nelayan dan terletak di Kelurahan Tanjungmas, Semarang Utara, Jawa Tengah. Laut menjadi tumpuan nelayan Tambakrejo untuk menghidupi keluarganya. Namun, abrasi terus mengikis daratan Tambakrejo dan mengakibatkan jarak pantai semakin dekat serta banjir rob. Selain itu, tumpukan sampah di pesisir juga mengancam kesehatan warga.

Untuk menahan abrasi, LindungiHutan melalui kampanye alam melakukan penanaman pohon Mangrove Rhizophora di kawasan tersebut sejak tahun 2016. Akar Mangrove memiliki kemampuan untuk menahan dan mengendapkan lumpur sehingga dapat menahan laju ombak yang menerjang daratan. Penanaman mangrove juga dapat meningkatkan kualitas ekosistem setempat sehingga biota laut termasuk ikan dapat berkembang dengan baik.
Selengkapnya...

Program Utama
Penanaman pohon mangrove untuk mencegah perluasan abrasi dan banjir rob.

Potensi Pengembangan Program
  • Rumah pembibitan
  • Sistem tambak berkelanjutan
  • Sistem penahan ombak
  • Usaha olahan hasil mangrove
  • Ekowisata mangrove

Mengapa Harus Mendukung Program Ini?
Partisipasi program di lokasi ini turut mendukungPembangunan Keberlanjutan (SDG's)
dengan
  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi(SDG's 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga(SDG's 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau(SDG's 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon(SDG's 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar(SDG's 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar(SDG's 8)


Bagaimana Cara Berdonasi ??
1. Klik Tombol “DONASI SEKARANG”
2. Input nominal yang akan di donasikanπ
3. Pilih metode pembayaran transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI), Go-
Pay dan Doku Wallet
4. Konfirmasi melalui WhatsApp, Website atau E-mail
5. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di
Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!
Data pantau belum tersedia saat ini

Buka kembali setelah pelaksanaan penanaman

Data monitoring belum tersedia saat ini

Buka kembali setelah pelaksanaan penanaman

2 minggu yang lalu
Avatar
Yasmin
1 Pohon
7 bulan yang lalu
Avatar
Anonymous
1 Pohon
9 bulan yang lalu
Avatar
danar ardhito
6 Pohon
9 bulan yang lalu
Avatar
Aqilla Nur Fadia
4 Pohon
Semoga semakin banyak orang yang sadar akan carboon footprint yang ditinggalkan dan beraksi demi bumi yang lestari
9 bulan yang lalu
Avatar
Anonymous
1 Pohon
9 bulan yang lalu
Avatar
danar ardhito
6 Pohon
6
9 bulan yang lalu
Avatar
Aqilla Nur Fadia
4 Pohon
4
Semoga semakin banyak orang yang sadar akan carboon footprint yang ditinggalkan dan beraksi demi bumi yang lestari
2 minggu yang lalu
Avatar
Yasmin
1 Pohon
1

Hitung Emisi Karbon dengan Mudah dan Gratis

Melalui Imbangi, setiap pengguna dapat menghitung jejak karbon yang dihasilkan dan menyerapnya dengan langkah penghijauan bersama LindungiHutan

Hitung Jejak Karbon