Kampanye Alam "Kalimantan #SedekahPohon: Rehabilitasi Lahan Pesisir dan Tingkatkan Cadangan Karbon Biru" | LindungiHutan
Gambar Kampanye
Kampanye Selesai

Kalimantan #SedekahPohon: Rehabilitasi Lahan Pesisir dan Tingkatkan Cadangan Karbon Biru

Lindungi Hutan

Lindungi Hutan

120.51 pohon terkumpul dari 250 pohon

21 Donatur

Batas Donasi: 10 May 2023
Kampanye Selesai
Penanaman: 08 June 2023
Selesai Ditanam
Unduh LPJ
Cerita
Pantau
Update
Kampanye dibuat 17 March 2023
Ayo investasi hijau untuk kelestarian hutan kalimantan dengan bersedekah pohon bersama LindungiHutan!
Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, yang artinya, sebagai berikut:

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

Sedekah merupakan salah satu amal kebaikan yang dianjurkan bagi setiap orang. Tindakan sedekah tidak terikat pada salah satu ajaran agama, karena konsep berbagi dan memberikan manfaat untuk orang lain merupakan nilai universal dan menyeluruh pada lintas SARA. Salah satu bentuk yang sedekah yang jarang diketahui adalah sedekah pohon.

Sedekah pohon bukan berarti memberikan persembahan kepada tumbuhan, flora atau pohon tertentu. Tapi, sedekah pohon artinya berbuat kebaikan untuk alam, flora, fauna, bumi dan manusia dengan cara menanam pohon. Sebab, pepohonan mempunyai dampak positif yang signifikan kepada benda mati dan makhluk hidup lain.

Dengan melakukan donasi pohon, kita ikut terlibat dalam upaya kebaikan yang berdampak sosial-lingkungan secara berkelanjutan.

Anjuran Sedekah Pohon dan Keutamaannya

Pada hadits khusus yang diriwayatkan oleh Anas radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“‘Ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah wafatnya (yaitu) : Orang yang yang mengajarkan suatu ilmu, mengalirkan sungai, menggali sumur, menanamkan kurma, membangun masjid, mewariskan mushaf atau meninggalkan anak yang memohonkan ampun buatnya setelah dia meninggal” (Hadits ini diriwayatkan oleh al-Bazzar dalam Kasyful Astâr, hlm. 149. hadits ini dinilai hasan oleh Syaikh al-Albani rahimahullah dam shahihul Jami’, no. 3602).

Di hadits tersebut, Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam menerangkan keutamaan bersedekah pohon dengan menanam kurma. Karena, pohon mempunyai keunggulan dan manfaat yang terus-menerus dan berkesinambungan.

Sehingga, berdasarkan dalil tersebut, sedekah pohon dikategorikan amalan jariyah.

Manfaat Bersedekah yang Jarang Diketahui

Sedekah termasuk salah satu amal perbuatan yang mudah dan berdampak signifikan untuk diri sendiri dan orang lain. Berbagai manfaat bersedekah diantaranya yaitu:
  1. Dijauhkan dan dijaga Allah dari kematian yang buruk dan suul khatimah,
  2. Mencegah wabah, penyakit dan kesulitan,
  3. Menghapuskan dosa-dosa dan kesalahan,
  4. Manfaat bersedekah yaitu Allah akan menjaga harta yang dimilikinya,
  5. Mendatangkan keberkahan terhadap rezeki bagi orang yang bersedekah,
  6. Meningkatkan ketaatan kepada Allah,
  7. Sumber kebahagiaan dan ketenangan bagi pemberi dan penerimanya.
Terlebih, sedekah pohon juga memberikan manfaat sosial-lingkungan bagi makhluk hidup lain yang tinggal di kawasan hutan mangrove Kalimantan.

Apa yang Dimaksud Program #SedekahPohon?

Program #SedekahPohonadalahsalah satu inovasi LindungiHutan untuk mengajak berbagai lapisan kalangan berbuat kebaikan dengan mendukung upaya penghijauan yang kami lakukan.

Pelaksanaan program #SedekahPohon bersama LindungiHutan, selain berdampak sosial-lingkungan, tapi juga mudah, transparan dan berkelanjutan. Terlebih lagi, upaya penghijauan yang LindungiHutan lakukan fleksibel dan inklusif untuk berbagai kalangan.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah
Rp 15,000/pohon.

Kecamatan Kumai meliputi sebagian besar kawasan pesisir di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Wilayah ini memiliki potensi prospektif di bidang perikanan laut dan juga wisata alam bahari. Tidak hanya keindahan alam dan potensi laut, Kabupaten Kotawaringin Barat juga memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi.
Sayangnya, dibalik tingginya biodiversitas serta potensi ekonomi terutama dari sektor wisata bahari dan perikanan laut, wilayah pesisir Kecamatan Kumai mendapatkan ancaman besar dari kerusakan ekosistem hutan dan pesisir di wilayah tersebut. Kerusakan ini telah menyebabkan ancaman serius bagi kehidupan masyarakat di Kecamatan Kumai. Salah satu permasalahan yang muncul adalah ancaman abrasi pantai yang mengancam 9 desa di sepanjang pesisir Kecamatan Kumai. Selain semakin terkikisnya kawasan pesisir, abrasi juga telah menyebabkan munculnya banjir rob saat pasang di beberapa titik desa-desa pesisir. Abrasi pantai ini diakibatkan adanya pembabatan hutan mangrove yang mengakibatkan berkurangnya kawasan hutan mangrove di sepanjang pesisir Kecamatan Kumai secara signifikan. Kerusakan ekosistem ini diperparah dengan adanya penambangan pasir yang berpotensi dapat mengakibatkan banjir dan mengurangi asupan sedimen dari hulu ke wilayah pesisir yang dapat memperparah abrasi. Selain itu penambangan pasir telah menyebabkan pembabatan hutan mangrove untuk pembangunan pelabuhan pengangkut pasir. Meningkatnya frekuensi cuaca ekstrim akibat krisis iklim juga memperparah abrasi yang terjadi di wilayah ini. Faktanya, berdasarkan data pemerintah, terdapat sekitar 800 rumah di wilayah pesisir pantai Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat masuk wilayah rawan bencana abrasi pantai yang dinyatakan harus direlokasi.

Bagaimana Cara Berdonasi ??
1. Klik Tombol “DONASI SEKARANG”
2. Input nominal yang akan di donasikanπ
3. Pilih metode pembayaran transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI), Go-
Pay dan Doku Wallet
4. Konfirmasi melalui WhatsApp, Website atau E-mail
5. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di
Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!
Data dan Emisi/Serapan Carbon dapat berubah sesuai data update dan usia pohon
08 Jun 2023
230044
Monitoring awal (Penanaman)
1,058
Pohon Hidup
0
Pohon Mati
0.7cm
Diameter Pohon
49cm
Tinggi Pohon
99.95%
Perkembangan
Gambar Monitoring
9 bulan yang lalu
Avatar
Kim Mingyu
10 Pohon
9 bulan yang lalu
Avatar
Anonymous
10 Pohon
Semoga bermanfaat untuk bumi menjadi lebih hijau
9 bulan yang lalu
Avatar
Kurotsuki
3.33 Pohon
9 bulan yang lalu
Avatar
Wahyu Amalia
10 Pohon
9 bulan yang lalu
Avatar
wahyu amalia
18.67 Pohon
Semoga hutan Indonesia tetap terjaga kelestariannya
9 bulan yang lalu
Avatar
wahyu amalia
28.67 Pohon
28.67
Semoga hutan Indonesia tetap terjaga kelestariannya
9 bulan yang lalu
Avatar
Kim Mingyu
10 Pohon
10
9 bulan yang lalu
Avatar
Anonymous
10 Pohon
10
Semoga bermanfaat untuk bumi menjadi lebih hijau

Hitung Emisi Karbon dengan Mudah dan Gratis

Melalui Imbangi, setiap pengguna dapat menghitung jejak karbon yang dihasilkan dan menyerapnya dengan langkah penghijauan bersama LindungiHutan

Hitung Jejak Karbon