Kampanye Alam "Selamatkan Kampung Saya (Desa Pesaguan)" - LindungiHutan

Selamatkan Kampung Saya (Desa Pesaguan)

"Bantu kampung saya. Ketika hujan, seringkali desa saya mengalami banjir."

Dibuat: Ari hidayat | Oct 18, 2018

Lokasi: Di Jalan Bandar Laut, RT/RW 007/004, Desa Pesaguan Kanan, Kecamatan Matan Hilir Selatan | Kota: Ketapang

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Ketapang

9 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Nama saya Suhaimi, usia saya 23 tahun dari Desa Pesaguan Kanan kabupaten Ketapang. Saya tergabung dalam Mangrove Bentang Pesisir. Saya dan teman-teman telah melakukan pembibitan pohon mangrove dengan jenis tanaman bakau merah (Rhizophora apiculata), tumuk/tanjang (Bruguera sp), api api hitam (Avicennia apiculata) dan telah menanam sebanyak 1000 batang pada areal pesisir pantai di Desa Pesaguan Kanan dari awal tahun 2018.



Foto : lokasi penanaman

Kondisi mangrove di tempat saya saat ini telah mengalami kerusakan yang parah karena abrasi. Bahkan, ketika hujan, seringkali desa saya mengalami banjir. Pada tahun 1990an, kita masih bisa berjalan di pesisir pantainya, sejak kehilangan 200 meter bibir pantai, kini daratannya langsung berbatasan oleh air laut.

Abrasi ini juga membuat keadaan flora dan fauna di sana terancam dan kehilangan tempat tinggalnya. Penyebab utama abrasi ini adalah berkurangnya tanaman penahan abrasi di bibir pantai maupun di daratan pantai akibat penebangan yang dilakukan oleh masyarakat untuk dijadikan kayu bakar dll.



Foto : pesisir yang berbatasan langsung dengan laut

Selain abrasi, masalah lainnya adalah hilangnya terumbu karang dilautan akibat para nelayan yang hampir setiap hari mencari ikan dengan menggunakan pukat trol/pukat macan, meracun ikan, hal ini dapat membuat tanah maupun pasir pantai menjadi rapuh dan mudah mengalami erosi. Akibat nya masyarakat terutama para nelayan sulit mendapatkan ikan,udang maupun kepiting.

Hutan mangrove di pesisir pantai tersebut merupakan tiang utama untuk melindungi penduduk desa dari bencana alam yang tidak tahu kapan datangnya. Selain itu, dengan adanya hutan mangrove, populasi binatang laut pun juga akan meningkat. Oleh karena itu penanaman kembali di areal tersebut perlu dilakukan dalam membantu mengurangi abrasi pantai dan mempertahankan kehidupan flora dan faunanya.



Foto : aksi penanaman diawal tahun 2018

Semoga apa yang telah saya dan teman-teman lakukan saat ini dapat membuka pikiran masyarakat desa untuk bisa bekerja sama dalam membangun hutan konservasi mangrove di Desa Pesaguan Kanan.

Untuk menyelamatkan kampung saya dan mengembalikan fungsi pesisir kembali, saya dan teman-teman membutuhkan kebaikan dari sahabat semua berdonasi pohon untuk kampung saya.

Penanaman akan kami laksanakan di jalan bandar laut, RT/RW 007/004, Desa Pesaguan Kanan, Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang pada tanggal 09 Desember 2018 dengan target 5000 pohon mangrove. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 7.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai
Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

PT. Golden Stars Indonesia

71 Pohon

Semoga bermanfaat

Anonymous

30 Pohon

Hari

28 Pohon

Pohon untuk masa sekarang& masa depan. Pohon sbagai teman kita. Hidup akur dg pohon & berdampingan saling menjaga.. sayangi pohon seperti menyayangi saudara sendiri.. salam.

Rizal Wira Pratama

28 Pohon

No comment.

Sofyan alop

21 Pohon

Mari jaga dan lestarikan alam kita. Kasihan para leluhur orang org tua kita terdahulu.. mereka dgn susah payah melestarikan ALAM kita, sementara kita membuat kerusakan di bumi Allah ini.

  • Hari

    28 Pohon

    Pohon untuk masa sekarang& masa depan. Pohon sbagai teman kita. Hidup akur dg pohon & berdampingan saling menjaga.. sayangi pohon seperti menyayangi saudara sendiri.. salam.

  • Arumsari Yuliastanti

    10 Pohon

    Semoga kita selalu bisa berkolaborasi dengan alam semesta secara baik

  • Sofyan alop

    21 Pohon

    Mari jaga dan lestarikan alam kita. Kasihan para leluhur orang org tua kita terdahulu.. mereka dgn susah payah melestarikan ALAM kita, sementara kita membuat kerusakan di bumi Allah ini.

  • PT. Golden Stars Indonesia

    71 Pohon

    Semoga bermanfaat