fb Kampanye Alam "#HutanMerdeka: Aksi Perjuangan Bersama Sugiyakta untuk Mataram" - LindungiHutan

#HutanMerdeka: Aksi Perjuangan Bersama Sugiyakta untuk Mataram

"Yuk bantu kami melakukan penghijauan di Mataram!!"

Dibuat: I Made Sugiyakta Arnawa | Jan 30, 2019

Lokasi: Mataram NTB | Kota: Mataram

10 Sahabat Alam Tergabung



Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Perkenalkan nama saya I Made Sugiyakta Arnawa, saat ini saya masih bersekolah di salah satu SMA di Mataram. Matarammerupakan kota sekaligus menjadi ibu kota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat dan terletak di ujung barat Pulau Lombok.

Kota Mataram memiliki topografi wilayah berada pada ketinggian kurang dari 50 meter di atas permukaan laut (dpl). Struktur geologi Kota Mataram sebagian besar adalah jenis tanah liat dan tanah endapan tuff yang merupakan endapan alluvial yang berasal dari kegiatan Gunung Rinjani, secara visual terlihat seperti lempengan batu pecah, sedangkan di bawahnya terdapat lapisan pasir.

Mataram termasuk kota yang dekat dengan laut. Banyak pantai yang bagus di sepanjang pesisir Mataram, salah satunya di daerah Kuta Merese. Namun sayangnya jalan menuju daerah inikurang adanya pepohonan sehingga terlihat gersang dan panas. Dan sebaliknya, dikhawatirkan daerah ini di musim penghujan akan menyebabkan banjir, karena tidak ada yang menyimpan air. Dampak yang terjadi di salah satu daerah Mataram ini termasuk dalam kategori pemanasan global. Tentunya, pemanasan global ini akan menimbukan banyak dampak lain yang merugikan makhluk hidup. Terutama bagi masyarakat sekitar yang menempati daerah tersebut.



Foto: Kondisi Bukit Kuta Merese

Pohon mempunyai fungsi yang sangat penting untuk mencegah adanya pemanasan global, terutama yang terjadi di daerah Mataram ini. Seperti spons/busa, pohon menyerap karbondioksida yang dihasilkan oleh kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, pohon menyerap air dan menyimpannya melalui akar-akar pohon sehingga saat kemarau tidak kekurangan air dan saat musim penghujan tidak berpotensi menimbulkan banjir. Masyarakat perlu menyadari dan tahu bagaimana maanfaat pentingnya pohon. Sehingga tidak ada lagi yang mengabaikannya.

Tidak ada kata terlambat untuk menangani permasalah ini. Setiap individu dapat memulainya dengan menanam pohon di kawasan hutan, lahan- lahan kritis dan lahan-lahan lainnya termasuk pekarangan rumah. Untuk itu, marilah kita bergerak bersama dalam aksi nyata untuk Mataram ini dengan menanam pohon trembesi di sepanjang jalan dan kawasan Bukit Kuta Merese. Aksi ini dilaksanakandalam rangka "HutanMerdeka" yang diselenggarakan LindungiHutan untuk memperingati Hari Bumi.



Foto: Saat survey lokasi

Yuk, ikut andil dengan mengikuti aksi ini atau juga bisa dengan berdonasi untuk penanaman dan perawatan pohon. Karena kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang, maka kapan lagi. Semua pasti teratasi jika kita bergerak bersama dengan tujuan yang sama dalam kebaikan.
Salam Lestari!!! (Tri)

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 10.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Tanyakan Tentang Kampanye ini





Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

6 Pohon

Bersama komitmen dari teman2, semoga bisa melindungi hutan kita

Anonymous

5 Pohon

Anonymous

5 Pohon

Mulai dari kita untuk dunia, 1 pohon untuk dunia.

Aoya

3 Pohon

Anonymous

2 Pohon