fb Kampanye Alam "Badung #RawatBumi: Bersama Lestarikan TWA Gunung Batur" - LindungiHutan

Badung #RawatBumi: Bersama Lestarikan TWA Gunung Batur

"Yuk sahabat bantu saya lestarikan ekosistem di TWA Gunung Batur!!"

Dibuat: Leonardo Asawala | Jan 31, 2019

Lokasi: Badung Kuta | Kota: Kuta

12 Sahabat Alam Tergabung



Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Salam lestari!! Perkenalkan saya Leonardo dari SISPALA Cakra Harapan SMK Wira Harapan Badung, Bali. Kegiatan yang telah komunitas lakukan diantaranya penamaan pohon mangrove, operasi semut di hutan mangrove, ABG (Aksi bersih Gunung) yang di lakukan di Gunung Batur bali, kegiatan pembersihan pantai Prancak Bali, ikut dalam kegiatan TCA-Se bali (Temu Cinta Alam Se Bali) dengan melakukan konservasi daerah Danau Tamblingan Bali.

Hutan Gunung Batur Bukit Payang, Bali memiliki luas sebesar 2.528 Ha yang terbagi menjadi Hutan Produksi Terbatas (HPT) seluas 453 Ha dan Taman Wisata Alam/Hutan Wisata seluas 2.075 Ha.

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Baturterletak Kabupaten Bangli. Berdasarkan Perda No.9 Tahun 2013 mengenai Rencana Tata Ruang dan Tata Wilayah Kabupaten Bangli , Panelokan menjadi daya tarik wisata atraksi alam dan budaya serta taman wisata alam, namun penggunaanya telah banyak penyimpangan penggunaan jalur hijau teruatama sebelah utara koridor jalan sebagai tempat usaha, perdagangan dan jasa, rumah makan/restaurant, dan pemukiman warga yang berada di jalur hijau.



Foto: Pintu masuk TWA Gunung Batur

Maraknya alih fungsi lahan tidak hanya terjadi pada lahan pertanian yang dijadikan sebagai lahan pemukiman namun alih fungsi lahan juga terjadi pada kawasan hutan, hingga lereng gunung Batur yang seharusnya dikonservasi berubah menjadi lahan perkebunan holtikultura. Selain itu sempat pula terjadi kebakaran di lokasi ini pada 2018 lalu akibat ulah pengunjung, sehingga lokasi memang perlu untuk direhabilitasi.

Oleh sebab itu saya bersama rekan-rekan SISPALA Cakra Harapan berencana mengadakan penanaman pohon di TWA Batur Bali dengan jenis pohon Ampupu (Eucalyptus urophylla). Harapan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti hutan bagi kelangsungan hidup.



Foto: Penanaman yang pernah kami lakukan di lokasi

Yuk ikut andil dengan menjadi relawan atau juga bisa dengan cara berdonasi untuk penanaman dan perawatan pohon. Penanaman ini akan dilakukan bersamaan dengan momentum Hari Bumi, yang oleh LindungiHutan dikemas melalui “Gerakan Rawat Bumi”. (Deandra)



Foto: Lokasi penanaman

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 35.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan


Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai


Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Tanyakan Tentang Kampanye ini





Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Leonardo Asawala

18 Pohon

Zlice

10 Pohon

Terus rawat bumk

Ayu Widowati

3 Pohon

Semoga pahalanya mengalir terus, juga untuk kedua orang tua dan para leluhur.

Leonardo Asawala

2 Pohon

Nyoman Tri Sugiyanto

1 Pohon