fb Kampanye Alam "Pohon Untuk Bukit Sigandul Yang Gundul" - LindungiHutan

Pohon Untuk Bukit Sigandul Yang Gundul

Dibuat: Zlametsigandul | Jul 27, 2018

Lokasi: Bukit Sigandul | Kota: Temanggung

Dibantu Relawan Temanggung


16 Sahabat Alam Tergabung


Video sebelum kampanye alam Pohon Untuk Bukit Sigandul Yang Gundul


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Bukit Sigandul terletak di dataran tinggi temanggung dan sebagian besar terletak di kecamatan wonoboyo. Ketinggian Bukit Sigandul sekitar 2005 mdpl.

Di salah satu sisi Bukit Sigandul, ada lubang dengan kedalaman 15 meter dan berada di tanah salah satu warga setempat. Meski satu lubang, warga menduga lubang menjalar ke beberapa jalur. Termasuk ada dugaan melanggar batas tanah milik warga lain.



Foto: Salah Satu Sisi Bukit Sigandul

Akibatnya jika musim penghujan datang, longsor pun sering terjadi di Bukit Sibonang dan Sigandul. Hal ini tentu akan meresahkan warga yang tinggal bersama keluarga dibawah bukit Sigandul, perasaan cemas selalu mereka rasakan ketika musim hujan datang.

Dan parahnya lagi, ketika musim kemarau datang masyarakat sering mengalami kekurangan air untuk kebutuhan sehari-hari dikarenakan kurang nya serapan air oleh pohon.



Foto : Pemukiman Disekitar Bukit Sigandul

Belakangan ini, juga telah terjadi kebakaran di Bukit Sigandul. Kebakaran ini mengakibatkan banyak pepohonan menjadi mati.



Keresahan yang dirasakan oleh warga Bukit Sigandul membuat Komunitas Pelaku Konservasi yang bernama LMDH melakukan aksi nyata melakukan penanaman pohon disekitar lokasi rawan longsor. Komunitas yang beranggotakan 5 desa di seputar Bukit Cigandul dan Setlerep. Selain melakukan penanaman, LMDH juga memberikan sosialisasi kepada warga disana untuk tidak melakukan eksploitasi lahan konservasi menjadi lahan pertanian secara berlebihan.

Melalui Kampanye ini LMDH akan melaksanakan penanaman pada tanggal 13 Januari 2019 dengan target 2000 pohon. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 6.000 /pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dan pendakian dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Tanyakan Tentang Kampanye ini





Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Taryono

41 Pohon

Taryono

41 Pohon

Intan Rizka Fitria

25 Pohon

Lindungi Hutan demi masa depan bersama

Anonymous

20 Pohon

Anonymous

20 Pohon

  • Raa

    4 Pohon

  • Anonymous

    12 Pohon

    Ketika pohon terakhir ditebang, ketika sungai terakhir dikosongkan, ketika ikan terakhir ditangkap, Barulah manusia akan menyadari bahwa dia tidak dapat memakan uang. ~ Eric Weiner

  • Anonymous

    6 Pohon

  • Anonymous

    20 Pohon