Kampanye Alam "IMBANGI - Tebus Emisi Karbon dengan Menjaga Kelestarian Blue Carbon di Pesisir Selatan Jawa" | LindungiHutan
Gambar Kampanye

IMBANGI - Tebus Emisi Karbon dengan Menjaga Kelestarian Blue Carbon di Pesisir Selatan Jawa

Lindungi Hutan

Lindungi Hutan

18.8 pohon terkumpul dari 1 pohon

12 Donatur

Batas Donasi: 27 December 2024
300 Hari lagi
Penanaman: 31 December 2024
304 Hari lagi
Donasi
Cerita
Pantau
Update
Kampanye dibuat 23 March 2023
Mari tunjukkan bakti baik untuk bumi dengan menebus jejak karbon yang kita hasilkan dan jaminan hidup 3 tahun dari LindungiHutan. Tebus emisi karbon sekarang!
Perubahan iklim merupakan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi dunia saat ini, dan tugas kita semua untuk mengambil tindakan untuk mengurangi dampaknya. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menebus emisi jejak karbon, atau jumlah karbon dioksida dan gas rumah kaca lain yang kita hasilkan.

Mengapa kita harus peduli dengan emisi jejak karbon kita? Kita semua tahu bahwa gas rumah kaca seperti karbon dioksida dapat mempengaruhi iklim dan lingkungan secara negatif, termasuk melalui efek pemanasan global yang dapat menyebabkan cuaca ekstrem, peningkatan suhu global, dan bahkan bencana alam. Oleh karena itu, menebus emisi jejak karbon adalah langkah penting untuk menjaga planet kita dan lingkungan hidup kita.

Bagaimana cara menebus emisi jejak karbon? Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan membeli kredit karbon, yang digunakan untuk mendanai proyek-proyek yang mengurangi emisi karbon di tempat lain. Misalnya, proyek-proyek energi terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga surya atau pembangkit listrik tenaga angin dapat mengurangi emisi karbon secara signifikan. Dengan membeli kredit karbon, kita bisa mendukung proyek-proyek ini dan membantu mengurangi emisi karbon secara global.

Selain itu, kita juga bisa mengurangi emisi jejak karbon kita sendiri dengan melakukan tindakan-tindakan sederhana di kehidupan sehari-hari, seperti mengurangi konsumsi energi, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, memilih produk yang ramah lingkungan, dan menggunakan bahan-bahan yang dapat didaur ulang.

Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga planet kita dan lingkungan hidup kita. Menebus emisi jejak karbon adalah langkah penting dalam memastikan bahwa kita meninggalkan bumi yang lebih baik bagi generasi mendatang. Jadi, mari kita bersama-sama mengambil tindakan untuk menebus emisi jejak karbon kita dan menjaga bumi kita agar tetap hijau dan lestari.

Kegunaan dan Manfaat Menghitung Emisi Jejak Karbon dengan IMBANGI

IMBANGIadalahsebuah karbon kalkulator online yang digunakan untuk mengukur jumlah emisi gas rumah kaca (GRK) yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari kita. Emisi GRK, seperti karbon dioksida (CO2), metana (CH4), dan nitrous oksida (N2O), dapat berdampak buruk pada lingkungan dan kesehatan manusia.

Hasil dari perhitungan yang dikeluarkan oleh IMBANGI berasal dari sumber-sumber penelitian yang diolah tim Research & Development LindungiHutan.

Manfaat Menghitung Carbon Footprint dengan IMBANGI

Manfaat dan kegunaan dari kalkulator jejak karbon adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui seberapa besar jejak karbon kita

Kalkulator jejak karbon memungkinkan kita untuk mengukur seberapa besar emisi GRK yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari kita, seperti penggunaan listrik, transportasi, dan pola konsumsi. Dengan mengetahui seberapa besar jejak karbon kita, kita dapat memahami dampak lingkungan dari aktivitas kita dan menentukan tindakan untuk mengurangi emisi GRK.

2. Mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK)

Setelah mengetahui seberapa besar jejak karbon kita, kalkulator jejak karbon dapat membantu kita menentukan tindakan untuk mengurangi emisi GRK. Contohnya, kita dapat memilih transportasi yang lebih ramah lingkungan, memperbaiki isolasi rumah kita, atau mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

3. Menghemat uang

Mengurangi emisi GRK juga dapat membantu kita menghemat uang. Dengan mengurangi penggunaan energi listrik atau bahan bakar fosil, kita dapat menghemat tagihan listrik atau bahan bakar, yang dapat meningkatkan keuangan pribadi.

4. Berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat

Mengurangi emisi GRK juga berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat. Dengan mengurangi emisi GRK, kita dapat membantu mengurangi dampak perubahan iklim, seperti banjir, kekeringan, dan cuaca yang ekstrem. Selain itu, kita juga dapat membantu mendorong perusahaan untuk mengurangi emisi GRK dan berkontribusi pada program peningkatan lingkungan dan sosial.

Dalam keseluruhan, kalkulator jejak karbon IMBANGI adalah alat yang bermanfaat dan berguna untuk mengukur dan mengurangi emisi GRK, sehingga dapat membantu kita untuk berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat serta menjaga kesehatan bumi kita.

Manfaat Menanam Mangrove untuk Mengurangi Emisi Jejak Karbon

Karbon biru (blue carbon) merujuk pada karbon yang tersimpan di ekosistem perairan seperti hutan bakau, padang lamun, dan rumput laut. Hutan bakau atau mangrove adalah tumbuhan yang tumbuh di wilayah pasang surut yang terletak di sepanjang pantai, estuari, dan delta sungai.

Mangrove memiliki peran penting dalam menyimpan karbon. Akar-akar mangrove memperkuat tanah di sekitar pantai dan menyimpan karbon yang terperangkap di dalamnya. Selain itu, tumbuhan bakau juga mampu menyerap karbon dioksida dari udara melalui fotosintesis.

Manfaat menanam mangrove sangatlah penting, selain menyimpan karbon, mangrove juga berfungsi sebagai:
  1. Mencegah abrasi pantai: Akar-akar mangrove memperkuat tanah di sekitar pantai sehingga dapat membantu mencegah erosi dan abrasi pantai yang dapat merusak ekosistem laut dan pesisir.
  2. Memperbaiki kualitas air: Mangrove juga dapat membantu memperbaiki kualitas air laut karena dapat menyerap dan mengendapkan limbah dan polutan yang terdapat di dalamnya.
  3. Mendukung keanekaragaman hayati: Mangrove adalah habitat bagi berbagai jenis hewan laut seperti ikan, udang, kepiting, burung, dan reptil. Kehadiran mangrove akan memperkaya keanekaragaman hayati di wilayah pesisir.
  4. Sumber ekonomi masyarakat setempat: Selain manfaat lingkungan, mangrove juga menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat setempat seperti hasil tangkapan ikan dan kerajinan tangan dari kayu bakau.
Dalam rangka mencegah dampak perubahan iklim, menanam mangrove dan menebus emisi jejak karbon dengan IMBANGI dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menyerap karbon dari udara. Oleh karena itu, menjaga keberadaan dan mengembangkan ekosistem mangrove perlu mendapat perhatian dari semua pihak.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah
Rp 30,000/pohon.

Kampung Laut di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, merupakan gugusan pulau-pulau kecil di Segara Anakan yang membentuk beberapa desa. Di dalamnya terdapat Kawasan Wisata Arboretum Mangrove "Kolak Sekancil" yang memiliki berbagai koleksi tanaman mangrove. Akan tetapi, di wilayah tersebut mangrove mulai rusak akibat gulma, pantai terkikis gelombang, dan populasi biota laut berkurang.

Di tahun 2019, LindungiHutan hadir untuk turut mendukung kegiatan penanaman pohon oleh warga sekitar. Pohon mangrove difungsikan untuk mencegah intrusi air laut ke daratan. Masyarakat sekitar juga mengembangkan potensi mangrove melalui kegiatan wisata dan usaha olahan hasil mangrove.
Selengkapnya...

Biodiversitas
  • 64 jenis burung
  • 8 jenis mamalia
  • 3 jenis reptil
  • 2 spesies flora
  • 12 fauna dengan status konservasi tinggi

Program Utama
Penanaman pohon mangrove untuk mencegah perluasan abrasi.

Potensi Pengembangan Program
  • Ekowisata mangrove
  • Usaha olahan hasil mangrove
Mengapa Harus Mendukung Program Ini?
Partisipasiprogramdi lokasi ini turut mendukungPembangunan Keberlanjutan (SDG's)
dengan
  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi(SDG's 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga(SDG's 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau(SDG's 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon(SDG's 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar(SDG's 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar(SDG's 8)


Bagaimana Cara Berdonasi ??
1. Klik Tombol “DONASI SEKARANG”
2. Input nominal yang akan di donasikanπ
3. Pilih metode pembayaran transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI), Go-
Pay dan Doku Wallet
4. Konfirmasi melalui WhatsApp, Website atau E-mail
5. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di
Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!
Data pantau belum tersedia saat ini

Buka kembali setelah pelaksanaan penanaman

Data monitoring belum tersedia saat ini

Buka kembali setelah pelaksanaan penanaman

2 minggu yang lalu
Avatar
Anonymous
1 Pohon
Target NDC tercapai
1 bulan yang lalu
Avatar
Fatma wati
1 Pohon
Dengan membantu mendonasikan pohon adalah langkah sederhana untuk mengurangi emisi karbon yg dapat menimbulkan dampak negatif bagi bumi
1 bulan yang lalu
Avatar
Anonymous
1 Pohon
1 bulan yang lalu
Avatar
Retno Wulandari
2.8 Pohon
Semoga Indonesia berhenti menghancurkan hutannya sendiri demi kepentingam apapun.
2 bulan yang lalu
Avatar
Miftazul Silvi L
1 Pohon
Semoga bumi selalu terjaga kelestariannya
6 bulan yang lalu
Avatar
Anonymous
7 Pohon
7
1 bulan yang lalu
Avatar
Retno Wulandari
2.8 Pohon
2.8
Semoga Indonesia berhenti menghancurkan hutannya sendiri demi kepentingam apapun.
7 bulan yang lalu
Avatar
Handi
1 Pohon
1
Semoga hutan makin lestari dan makin banyak yang timbul kesadaran tuk menjaga lingkungan

Hitung Emisi Karbon dengan Mudah dan Gratis

Melalui Imbangi, setiap pengguna dapat menghitung jejak karbon yang dihasilkan dan menyerapnya dengan langkah penghijauan bersama LindungiHutan

Hitung Jejak Karbon