Connect with us

Tips & Trik

5 Tips Sukses Magang di LindungiHutan

Published

on

5 Tips Sukses Magang di LindungiHutan.

Magang menjadi salah satu aktivitas yang bisa memberi banyak manfaat. Selain biasanya untuk memenuhi syarat kelulusan, magang juga akan memperkaya pengalaman, koneksi, dan juga pengetahuan baru. Nah, semenjak adanya pandemic banyak perusahaan yang membuka lowongan magang secara daring untuk menghindari penyebaran virus COVID-19. Dalam hal ini, LindungiHutan juga termasuk menerapkannya.

Meskipun dilakukan secara online atau remote, ada beberapa tips yang perlu kamu tahu agar selama magang bisa tetap produktif dan lancar. Berikut ini 5 tips sukses magang di LindungiHutan.

1. Membuat Jadwal Kerja

Penting untuk membuat jadwal kerja ketika kamu magang di LindungiHutan.
Menulis to do list membuatmu tidak akan lupa atas pekerjaan tersebut.

Mengingat magang dilaksanakan secara online, kadang kala justru membuat kamu terlena dengan aktivitas lainnya yang ada di rumah. Selain itu, kesibukan aktivitas perkuliahan juga membuatmu sering lupa akan tugas-tugas maupun pekerjaan yang diberikan sewaktu magang.

Oleh sebab itu, selama magang di LindungiHutan ada baiknya kamu membuat jadwal kerja atau paling tidak menuliskan daftar pekerjaan maupun tugas yang akan dikerjakan. Dengan demikian, kamu tidak akan lupa atas pekerjaan tersebut.

Bukan hanya itu, ketika kamu diberi tanggung jawab pekerjaan oleh pembimbing magangmu nanti ada baiknya dikerjakan sesegera mungkin. Walhasil pekerjaan tidak menumpuk dan kamu bisa mengerjakannya secara maksimal. Ingat, menunda pekerjaan hanya akan membuatmu kerepotan nantinya sebab pekerjaan tersebut akan terasa lebih banyak sehingga membuatmu merasa malas untuk mengerjakannya.

2. Magang di LindungiHutan Mesti Bersikap Proaktif

Magang di LindungiHutan Mesti Bersikap Proaktif.
Percayalah, ada banyak hal yang bisa kamu eksplorasi selama magang!

Magang merupakan ajang bagi kamu untuk mengembangkan diri, melatih soft skill sekaligus mengembangkan kemampuan hard skill. Oleh sebab itu, jangan sampai kamu bersifat malu-malu atau cuma diam-diam saja selama magang berlangsung. Percayalah, ada banyak hal yang bisa kamu eksplorasi selama magang! Jadi, manfaatkanlah kesempatan tersebut!

Tidak ada salahnya juga kok kamu menawarkan inisiatif kepada teman sepermagangan ataupun pembimbing magangmu. Cobalah sekali-kali untuk menghubunginya, tanyakan apakah ada yang bisa kamu bantu. Dengan demikian, mereka akan melihat diri kamu sebagai pribadi yang memiliki inisiatif tinggi.

Apalagi magang di LindungiHutan, kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman kerja yang tentunya menarik dari pembimbing di berbagai bidang. Selain menarik, tentunya menantang jika dilakukan! Oleh sebab itu, jangan takut untuk mengambil inisiatif dan bersikap proaktif selama magang berlangsung!

3. Jalin Komunikasi dengan Pembimbing atau Rekan Kerja

Jalin Komunikasi dengan Pembimbing atau Rekan Kerja.
Ingat, komunikasi adalah kunci!

Komunikasi dengan teman dan Pembimbing adalah kunci selama magang online berlangsung. Biasanya ketika magang online dilakukan proses komunikasi pun hanya sebatas email, WhatsApp, ataupun panggilan telepon. Maka dari itu, kamu perlu menanyakan kepada pembimbing magang bagaimana kiranya komunikasi dilangsungkan.

Apakah cukup dengan email dan WhatsApp saja? Jika iya, maka mau tak mau kamu harus fast respon, paling tidak selama jam kerja berlangsung supaya koordinasi pekerjaan berjalan lancar. Namun, jika nanti antara kamu dengan pembimbing sepakat untuk melakukan panggilan video seperti Zoom atau Google Meet, sebaiknya jadwalkan terlebih dahulu waktunya.

Baca juga: 10+ Aktivitas di Hari Libur yang bisa Kamu Lakukan

Selain menjadwalkan panggilan video secara rutin, perlu juga untuk menyiapkan terlebih dahulu topik pembicaraannya. Cara ini dilakukan agar efektif dan tidak terkesan membuang-buang waktu.

Intinya, selalu koordinasikan terlebih dahulu dengan pembimbing atau teman-teman magang. Walhasil, tidak ada miss-komunikasi yang terjadi.

Nah, jika kamu magang di LindungiHutan semua deadline pekerjaan biasanya akan tergantung dengan masing-masing pembimbingnya. Dengan demikian, kamu bisa mengerjakannya kapan saja dan dimana saja selama pekerjaan tersebut selesai sebelum tanggal deadline. Jadi, selalu jaga komunikasi dengan pembimbing magangmu!

4. Kalau Magang di LindungiHutan Jangan Malu Tanyakan Feedback Pekerjaan

Kalau Magang di LindungiHutan Jangan Malu Tanyakan Feedback Pekerjaan.
Jangan ragu untuk meminta feedback kepada pembimbing atau teman magang!

Ketika pekerjaan yang kamu kerjakan sudah selesai, jangan takut untuk bertanya mengenai feedback hasil kerjamu. Kalau perlu, kamu bisa meminta waktu khusus untuk melakukan evaluasi selama kamu melakukan magang. Tujuannya agar kamu bisa belajar hal-hal baru dan mengetahui apa saja sekiranya yang perlu ditingkatkan untuk menunjang performa kerjamu. Ini artinya kamu akan bertumbuh selama magang berlangsung.

Oh iya, jika kamu mengalami kesulitan sewaktu menyelesaikan pekerjaan magang, jangan sungkan untuk bertanya loh! Terlebih di LindungiHutan, kami sangat mendukung segala bentuk proses pembelajaran yang ditempuh oleh peserta magang.

Ingat! Kalau kata pepatah malu bertanya sesat di jalan. Jangan sampai ketika kamu belum paham dengan tugas yang diberikan tetapi kamu malu bertanya. Bisa jadi, hasil kerjamu tidak maksimal atau selama proses pengerjaannya kamu sering menemui hambatan. Well, jangan sungkan untuk bertanya ya!

5. Pilih Tempat Kerja Senyaman Mungkin

Pilih tempat kerja senyaman mungkin saat kamu magang di LindungiHutan.
Kadang kala tempat kerja atau bahkan meja kerja sekalipun bisa mempengaruhi suasana hatimu.

Namanya juga magang online, kamu bisa mengikutinya dari tempat manapun. Tentu ini menjadi kelebihan dari Work From Home, karena segala sesuatunya bersifat sangat fleksibel. Bagaimana tidak? Kamu bisa menentukan waktu kerja dan tempat kerja sebebas mungkin asalkan dengan tanggung jawab.

Maka dari itu, agar tanggung jawabmu selama magang online di LindungiHutan tetap terpenuhi dan semangat kerjamu tidak kendor, carilah tempat bekerja senyaman mungkin. Ini penting, sebab kadang kala tempat kerja atau bahkan meja kerja sekalipun bisa mempengaruhi suasana hatimu.

Oleh sebab itu, jika kamu bekerja dari rumah, kamu bisa memilih ruang kerja sendiri seperti di kamar atau ruangan tertentu. Rapikan tempat tersebut supaya kamu nyaman ketika memakainya. Kalau perlu tambah sedikit hiasan atau pajangan agar lebih menarik!

Baca juga: 8 Media Sosial dan Aplikasi Pesan untuk Mengajak Berdonasi

Namun, jika kamu ingin mencoba nuansa lainnya, enggak ada salahnya kok mencoba bekerja dari coffee shop. Intinya, dimanapun kamu bekerja usahakan kamu nyaman sehingga pekerjaanmu selesai dengan maksimal.

Itulah 5 tips sukses magang online di LindungiHutan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba magang di LindungiHutan? Kamu bisa mengecek info pendaftarannya di sini. Tunggu apalagi?

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Sedekah Pohon LindungiHutan