Connect with us

Widyantara

Carbon Calculator: Sebuah Panduan Reduksi Jejak Karbon

LindungiHutan

Published

on

panduan carbon calculator

Era di mana perubahan iklim menjadi salah satu tantangan global terbesar, pemahaman tentang ‘jejak karbon’ menjadi sangat penting. Jejak karbon, yang mengacu pada total emisi gas rumah kaca, termasuk karbon dioksida, yang dihasilkan oleh individu, organisasi, atau produk, telah menjadi ukuran kritis dalam menilai dampak aktivitas kita terhadap planet.

Dengan meningkatnya kesadaran akan krisis iklim, banyak dari kita mencari cara untuk mengurangi jejak karbon pribadi dan organisasi. Salah satu alat yang efektif dalam usaha ini adalah ‘kalkulator jejak karbon’, sebuah inovasi digital yang memungkinkan kita untuk mengukur dan memahami besaran emisi karbon kita.

Melalui tulisan ini kita akan memahami bagaimana kalkulator jejak karbon dapat membantu tidak hanya mengidentifikasi sumber-sumber utama emisi kita, tetapi juga mengambil langkah-langkah konkrit untuk mengurangi dampak lingkungan serta berkontribusi pada upaya global melawan perubahan iklim.

Poin Penting Reduksi Jejak Karbon Melalui Penggunaan Carbon Calculator Imbangi

  • Apa itu jejak karbon? Jejak karbon adalah suatu ukuran dari aktivitas manusia yang menimbulkan dampak terhadap lingkungan yang diukur dari banyaknya gas rumah kaca yang dihasilkan yang diukur dalam unit CO2. 
  • Adapun penyebab jejak karbon antara lain aktivitas/penggunaan transportasi, listrik, konsumsi makanan, penggunaan lahan, pertanian dan peternakan.
  • Bagaimana cara mengurangi emisi karbon? Cara mengurangi emisi karbon dapat dimulai dengan menerapkan gaya hidup hemat energi dan sumber daya. Apalagi, setiap aktivitas yang manusia lakukan setiap harinya faktanya menghasilkan jejak karbon yang jelas merugikan kondisi bumi.
  • Untuk itu, kita perlu menghitung jejak karbon! Menggunakan kalkulator jejak karbon Imbangi by LindungiHutan, individu maupun perusahaan dapat menghitung dan mengetahui besar jejak karbon yang dihasilkan setiap harinya maupun dalam periode waktu tertentu.
  • Carbon calculator Imbangi dapat digunakan secara GRATIS untuk menghitung penggunaan AC, bahan bakar industri, kendaraan, konsumsi listrik, peralatan listrik dan lain sebagainya. Imbangi juga terintegrasi dengan skema carbon offsetting melalui penanaman mangrove berdampak dan berkelanjutan. 

Coba GRATIS Carbon Calculator Imbangi LindungiHutan

Kalkulator-jejak-karbon-Imbangi-

Dapatkan Update Research Terbaru

Isi formulir lengkap agar dapat LindungiHutan kirimkan ke email Anda!
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh Annual Report LindungiHutan