Connect with us

Mitra Hijau

5 Perusahaan Asuransi di Indonesia Jaga Kelestarian Lingkungan Melalui Penghijauan

Published

on

aksi penghijauan perusahaan asuransi

Asuransi merupakan produk keuangan yang patut diperhitungkan. Seiring berkembangnya waktu produk asuransi memiliki ragam pilihan, mulai dari asuransi kesehatan, jiwa, kecelakaan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, diperlukan suatu lembaga yang mengurus dan dikenal sebagai perusahaan asuransi.

Perusahaan asuransi pada umumnya berkaitan dengan manusia, namun perusahaan asuransi di bawah ini juga peduli dengan kondisi alam di sekitarnya. Bukti nyata yang telah dilakukan adalah turut serta dalam menghijaukan lingkungan di Indonesia.

5 Perusahaan Asuransi di Indonesia Upayakan Penghijauan Bersama LindungHutan

Berikut ini daftar perusahaan asuransi di Indonesia yang peduli kelestarian lingkungan dengan LindungiHutan:

1. AXA Indonesia: Salah Satu Perusahaan Asuransi Ternama di Indonesia Tanam 500 Mangrove di PIK

Perusahaan asuransi AXA
Pelaksanaan Kampanye Alam AXA Week for Good: Penanaman 500 Pohon Mangrove di PIK Jakarta Utara

AXA Indonesia merupakan bagian dari AXA Group, yaitu salah satu perusahaan asuransi dan manajemen aset terbesar di dunia. AXA berfokus pada asuransi jiwa, asuransi umum, dan manajemen aset yang didistribusikan di bawah PT AXA Mandiri Financial Services, PT AXA Financial Indonesia, PT Mandiri AXA General Insurance, dan PT Architas Asset Management Indonesia.

Setiap tahunnya, AXA menyelenggarakan kegiatan satu minggu kebaikan yang didedikasikan untuk keberlanjutan. Kegiatan ini berfokus pada kegiatan sukarela di lapangan dengan tujuan untuk merayakan kemampuan karyawan AXA untuk mengambil tindakan positif dengan menawarkan waktu dan keterampilan mereka untuk mendukung dua pilar keberlanjutan yaitu perubahan iklim & keanekaragaman hayati serta perlindungan inklusif.

Pada 6 Oktober 2021, AXA Indonesia menggandeng LindungiHutan wujudkan kelestarian alam melalui kampanye alam bertajuk “AXA Week for Good : Penanaman 500 Pohon Mangrove di PIK, Jakarta Utara”. Sebanyak 500 mangrove berhasil ditanam di PIK, Jakarta Utara. 

Selanjutnya, AXA Indonesia kembali menggiatkan kampanye alam “Emma for Environment 2000 Pohon untuk Pulau Pari” dan “Emma for Environment : 100 Pohon untuk Pulau Pari”. Jika ditotal, sebanyak 2.100 pohon ditanam di Pulau Pari pada 6 Juni 2022.

2. PT Asuransi Umum BCA: Jalankan Program Penghijauan dengan Menanam 1.500 Mangrove di Pantai Bahagia, Bekasi

PT Asuransi Umum BCA
Penanaman pohon dari PT Asuransi Umum BCA (BCA Insurance) di Pantai Bahagia, Bekasi

PT Asuransi Umum BCA (BCA insurance) adalah Perusahaan atau Perseroan yang bergerak di bidang Asuransi Umum di Indonesia yang sebelumnya bernama PT Central Sejahtera Insurance. Berdasarkan Akta Notaris Nomor 7 tanggal 5 Desember 2013, PT Central Sejahtera Insurance berubah nama menjadi PT Asuransi Umum BCA.

Perusahaan asuransi ini memiliki 2 produk umum yaitu produk personal (asuransi kendaraan bermotor, kebakaran, property all risk, gempa bumi, kecelakaan diri, travel insurance, kerugian total kendaraan, dan lainnya) dan produk komersial (asuransi machinery breakdown, alat berat, erection all risk, dan lainnya).

Sebagai salah satu perusahaan asuransi di Indonesia, PT Asuransi Umum BCA juga berkomitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan dan alam. Komitmen tersebut mereka buktikan dengan menjalin kerja sama dengan LindungiHutan melalui program penanaman pohon.

Pada 18 Desember 2021, PT Asuransi Umum BCA berhasil menanam 500 mangrove di Pantai Bahagia Kabupaten Bekasi melalui kampanye alam “Penanaman 500 Pohon PT Asuransi Umum BCA Peduli Lingkungan”. Pada tahun selanjutnya, PT Asuransi Umum BCA melakukan kegiatan yang sama melalui kampanye alam “Penanaman 1.000 Pohon PT Asuransi Umum BCA Peduli Lingkungan” dengan menanam 1.000 mangrove di Pantai Bahagia pada 2 September 2022.

3. Astra Life: Kolaborasi Life Lovers dengan LindungiHutan Gelorakan Program Penghijauan di Muara Cisadane

Perusahaan Asuransi Astra Life
Penanaman pohon Kampanye Alam 1.000 Mangrove dari Astra Life untuk Indonesia di Muara Cisadane Tangerang

Astra Life adalah perusahaan asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Perusahaan ini berdiri pada bulan Mei 2014, dan terus berkembang serta berinovasi untuk menghadirkan produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. 

Astra Life menaruh perhatian dan ikut serta dalam membangun Indonesia yang berkelanjutan sesuai dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDG’s). Life Lovers (sebuah sapaan yang akrab bagi karyawan Astra Life), terpanggil untuk sama-sama gelorakan semangat mewariskan alam yang sehat dan hijau untuk Indonesia, serta menerapkan Astra Sustainability Roadmap yang fokus ke dalam aspek lingkungan yaitu GHG Reduction dan juga dalam aspek masyarakat yaitu Community Development.

Maka dari itu, pada 23 November 2022, Astra Life mengambil bagian dalam menghijaukan lingkungan Bersama LindungiHutan. Melalui kampanye alam bertajuk “1.000 Mangrove dari Astra Life untuk Indonesia di Muara Cisadane” Astra Life dengan Life Lovers, sukses menanam 1000 mangrove di Muara Cisadane. Dengan dilakukan penanaman ini, Astra Life berharap dapat memberdayakan petani bibit dan menyelamatkan lingkungan Indonesia dari krisis kerusakan biosfer dan deforestasi.

4. BCA Life: Perusahaan Asuransi di Indonesia Jalankan CSR Lingkungan dengan Menanam 1.999 Mangrove di Pesisir Trimulyo

Perusahaan Asuransi BCA Life
Penanaman mangrove BCA Life di Pesisir Trimulyo, Kota Semarang

BCA Life merupakan anak perusahaan Grup BCA dengan fokus usaha yang bergerak di bidang penyedia jasa asuransi. Produk yang dihadirkan oleh BCA Life adalah asuransi perlindungan (protection), asuransi plus tabungan (saving), dan asuransi perlindungan (health).

Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, BCA Life akan mendonasikan 1 pohon untuk setiap 1 polis yang terjual sepanjang bulan April 2023. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR), bersama LindungiHutan, BCA Life lakukan penanaman bibit mangrove di Pesisir Trimulyo untuk penghijauan kembali dan mencegah parahnya abrasi di Pesisir Trimulyo.

Dalam kampanye alam “1 Polis = 1 Pohon: Lindungi keluarga & Jaga Kelestarian Bumi”, BCA Life berhasil tanam 1.999 mangrove di Pesisir Trimulyo pada 3 Mei 2023.

5. PT Asuransi Rama Satria Wibawa: Kolaborasi Penghijauan Berhasil Tanam 5.002 Mangrove di Kota Semarang

PT Asuransi Rama Satria Wibawa
PT Asuransi Rama Satria Wibawa Tanam mangrove di Pesisir Trimulyo

PT Asuransi Rama Satria Wibawa adalah salah satu perusahaan asuransi di Indonesia yang didirikan pada 1978. Perusahaan ini termasuk ke dalam peringkat 20 perusahaan asuransi teratas di Indonesia. Produk yang disediakan berupa asuransi kendaraan bermotor, pengangkutan, harta benda, dan lainnya. 

Sekitar 45 tahun, PT Asuransi Rama Satria Wibawa senantiasa berkomitmen menjadi mitra pilihan masyarakat Indonesia. Tak lupa, perusahaan ini juga menjaga komitmen untuk hutan di Indonesia dengan berkontribusi dalam penanaman pohon. 

Pada kampanye alam “Growth Green”, PT Asuransi Rama Satria Wibawa turut serta melakukan penghijauan bersama LindungiHutan. Setiap pembelian polis asuransi melalui PT Asuransi Rama Satria Wibawa, akan ditanamkan 1 pohon mangrove di Pesisir Trimulyo Kota Semarang. Perusahaan asuransi ini berhasil menanam 5.002 bibit mangrove pada 14 Februari 2023.

Itulah 5 perusahaan asuransi di Indonesia yang melakukan kolaborasi dengan LindungiHutan dalam menjaga kelestarian hutan dan alam. Mau seperti perusahaan diatas? Yuk jalin kerja sama dengan LindungiHutan, lakukan aksi nyata bersama-sama dengan berdampak bagi alam.

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Sedekah Pohon LindungiHutan