Connect with us

Mitra Hijau

4 Perusahaan Retail di Indonesia Laksanakan Program Penghijauan Jaga Kelestarian Lingkungan

Published

on

Perusahaan retail di Indonesia lakukan penghijauan

Perusahaan retail adalah perusahaan yang menjual barang atau jasa kepada konsumen dalam jumlah satuan atau eceran. Barang/jasa yang dibeli konsumen biasa digunakan untuk diri sendiri dan tidak dijual kembali. Sebagai contoh, konsumen membeli barang untuk memenuhi kebutuhan harian seperti sabun, pasta gigi, detergen, dan lainnya. 

Perusahaan retail yang berbisnis pada barang non-konsumsi dinilai menjanjikan dengan keuntungan yang besar, sebab barang yang diproduksi tahan lama dari masa kadaluarsa.

Seiring berjalannya waktu, banyak konsumen yang peduli dengan kondisi lingkungan saat ini. Terlebih karena pemanasan global dan perubahan iklim yang terjadi.

Perusahaan yang berkontribusi untuk kelestarian alam biasanya mendapat nilai positif dari konsumen. Seperti yang dilakukan oleh PT Pigeon Indonesia, PT Mitra Adiperkasa, PT MAP Aktif Adiperkasa, dan PT Sunindo Adipersada yang bekerja sama dengan LindungiHutan untuk melakukan penanaman pohon di beberapa lokasi di Indonesia.

Daftar Perusahaan Retail Gerakkan Kampanye Penghijauan di Indonesia

Berikut ini, 4 contoh perusahaan retail yang melakukan penanaman pohon sebagai bentuk kesadaran menjaga lingkungan.

1. PT Pigeon Indonesia: Tanam 10.000 Mangrove Bersama LindungiHutan di Tangerang dan Bekasi

PT Pigeon Indonesia lakukan penghijauan lingkungan
PT Pigeon Indonesia gelar kampanye alam di Pantai Bahagia Bekasi. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

PT Pigeon Indonesia merupakan salah satu perusahaan retail yang ada di Indonesia dan menjadi anak perusahaan dari Pigeon Singapore PTE. LTD., yang berdiri pada tahun 1995.

Pigeon Group memberikan perhatian penuh terhadap mitigasi perubahan iklim, pemanasan global, dan kelestarian keanekaragaman hayati. Untuk mencapai itu semua, perusahaan ini telah menentukan jumlah emisi karbon dan gas rumah kaca yang dihasilkan dalam proses produksinya. 

Komitmen Pigeon Group dalam menjaga lingkungan, salah satunya dilakukan oleh anak perusahaannya yaitu PT Pigeon Indonesia. Bersama LindungiHutan, perusahaan ini lakukan CSR dengan menanam 10.000 mangrove melalui kampanye alam ‘Pigeon Indonesia’s World Environment Day’ di Muara Cisadane tahun 2022 dan Pantai Bahagia pada tahun 2021.

Baca juga: Scarlett Sukseskan Pengijauan Tanam 1.000 Mangrove di Kabupaten Indramayu

2. PT Mitra Adiperkasa: Perusahaan Retail Ternama di Indonesia Kampanyekan Penghijauan di Bekasi

PT Mitra Adiperkasa adalah sebuah perusahaan retail di Indonesia yang memiliki lebih dari 2.500 toko retail mencakup produk olahraga, departement store, fashion, makanan dan minuman, serta lifestyle. Beberapa contoh merek terkemuka di bawah naungan MAP diantaranya Zara, Reebok, SOGO, Starbucks, SEIBU, Converse, dan lain-lain.

Berbagai penghargaan telah diraih perusahaan ini meliputi Most Admired Companies (2020), Fortune Indonesia (2012), Top 40 Companies dari Forbes Indonesia (2011), dan Top 50 Companies dari Forbes Indonesia (2020). Berbagai penghargaan yang diterima tidak membuat perusahaan melupakan tanggung jawab dalam menjaga lingkungan.  

Melalui program CSR, PT Mitra Adiperkasa berkolaborasi bersama LindungiHutan melakukan penghijauan di Pantai Bahagia, Kabupaten Bekasi. Dalam kampanye alam ‘Planting A Better Future!’, perusahaan ini berhasil mengumpulkan dan menanam 1.000 mangrove pada 22 Oktober 2022.

3. PT MAP Aktif Adiperkasa: Aksi Nyata Program CSR Lingkungan dengan Menanam 300+ Mangrove di PIK

PT MAP Aktif Adiperkasa merupakan anak perusahan PT Mitra Adiperkasa dan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan eceran produk-produk olahraga, golf, dan anak-anak. PT MAP Aktif Adiperkasa membawahi toko-toko olahraga terkenal di Indonesia termasuk Sport Station, Planet Sports, Kidz Station, Planet Kidz, Golf House dan lainnya.

Bersama LindungiHutan, perusahaan ini melakukan kegiatan CSR lingkungan dengan menanam pohon. Sebanyak 353 mangrove berhasil dikumpulkan dan ditanam di Kawasan Ekowisata Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara pada 9 September 2022 melalui kampanye alam bertajuk ‘Planting A Better Future’.

Langkah kecil yang dilakukan PT Map Aktif Adiperkasa besar harapannya dapat memperbaiki kondisi lingkungan dan mencegah abrasi di Pantai Indah Kapuk.

4. PT Sunindo Adipersada: Perusahaan Ritel yang Mendunia Wujudkan Pelestarian Pohon dengan LindungiHutan

PT Sunindo Adipersada upayakan kegiatan penghijauan
Gerakan peduli lingkungan oleh PT Sunindo Adipersada, hijaukan Pulau Pari. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

PT Sunindo Adipersada adalah perusahaan yang memproduksi mainan anak yang didirikan pada tahun 1991. Perusahaan ini telah memproduksi boneka atau plush toys yang berkualitas untuk merek-merek ternama di dunia.

Alasan keberhasilan yang dimiliki PT Sunindo Adipersada dalam perjalanan bisnisnya adalah perusahaan ini memproduksi mainan menggunakan bahan-bahan berkualitas terbaik, mematuhi standar keselamatan produksi, dan memperhatikan kondisi dan tenaga kerja.

Selain itu, PT Sunindo Adipersada juga menaruh perhatiannya terhadap kondisi lingkungan di Indonesia, salah satunya Pulau Pari di DKI Jakarta. Abrasi dan banjir rob yang mengancam pemukiman dan kondisi ekologi Pulau Pari, membuat PT Sunindo Adipersada mengupayakan gerakan penghijauan dengan menggandeng LindungiHutan. Melalui kampanye bertajuk ‘1000 Mangrove to Bring Happiness’, perusahaan ini berhasil menanam 1.000 mangrove di Pulau Pari pada 10 November 2022.

Baca juga: PT Nissin Transport Indonesia Tanam 300 Mangrove Sukseskan Penghijauan di Jakarta Utara

Ingin berkolaborasi bersama LindungiHutan dalam kegiatan konservasi hutan dan lingkungan? Cek selengkapnya di sini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan