Connect with us

Hutanpedia

Bunga Kupu-Kupu, Si Cantik Berwarna Ungu yang Menawan Hati (2023)

Published

on

Mengenal bunga kupu-kupu dan cara merawatnya.

Sebagaimana namanya, daun tanaman ini menyerupai sayap kupu-kupu, terlihat sangat mewah dan elegan sehingga sering dijadikan tanaman hias di rumah.

Banyak penggemar tanaman hias yang menyukai bunga ini, sebab tergolong mudah dalam perawatannya. Memangnya, bagaimana cara merawat dan membudidayakannya? Yuk kenalan lebih jauh dengan si cantik berikut ini!

Mengenal Bunga Kupu-Kupu

Oxalis triangularis adalah nama ilmiah dari bunga kupu-kupu yang berasal dari famili Oxalidaceae (belimbing-belimbingan). Bunga kupu-kupu memiliki beragam nama di Indonesia, antara lain calincing kupu, calincing ungu, dan  calincing merah. Dalam bahasa inggris bunga ini dikenal sebagai purple shamrocks

Gambar bunga kupu-kupu.
Warnannya yang unik membuat banyak orang tertarik dengan tanaman hias satu ini.

Bunga kupu-kupu diklasifikasikan sebagai berikut:

KingdomPlantae
DivisionMagnoliophyta
ClassMagnoliopsida
OrdoRosales
FamilyOxalidae
GenusOxalis
SpeciesOxalis triangularis A. St,-Hill.
Tabel klasifikasi bunga kupu-kupu.

Sebaran dan Habitat

Bunga ini merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari negara tropis Amerika Selatan (Brazil, Bolivia, Argentina, dan Paraguay) dan Asia Selatan. Jenis ini mampu hidup dalam kondisi kering-menengah. Bunga kupu-kupu dapat tumbuh pada cuaca tropis dan subtropis dengan kisaran suhu 15-25 oC.

Baca juga: Bunga Tahi Ayam: Bunga Kuning Cerah yang Memiliki Bau tak Sedap (2023)

Ciri-Ciri Bunga Kupu-kupu

Jenis tanaman sati ini termasuk ke dalam akar serabut. Batangnya tegak, tidak berkayu, dan tingginya sekitar 15-30 cm. Diameternya 10-15 mm. Tangkai daun lunak dan panjangnya 15-25 cm.

Tanaman ini banyak diminati oleh pecinta tanaman hias, karena keunikan daunnya mirip dengan sayap kupu-kupu. Helai daun berbentuk segitiga dengan ujungnya melebar atau rompang (truncatus) dan pangkal daunnya runcing (accutus). 

Daun bunga kupu-kupu.
Tanaman hias satu ini bisa dikenali melaluiu bentuk daunnya yang seperti segitiga terbalik.

Daunnya berbentuk seperti segitiga terbalik, pertulangan daun menyirip, daunnya tipis, tepi daun rata. Permukaan bawah daun sedikit berambut. Panjang daun sekitar 3-4 cm dan lebarnya sekitar 4-5 cm. Daunnya berwarna ungu gelap dengan corak berwarna ungu muda. Ada pula bunganya berwarna hijau dengan corak garis berwarna ungu.

Daunnya bersifat “fotofilik”, artinya dapat membuka dan menutup sendiri tergantung pada respon cahaya. Pada malam hari atau suhu dingin, daun bunga kupu-kupu seperti tertidur dalam keadaan meringkuk, kemudian di pagi hari daun bunga ini akan membuka. 

Ciri-ciri bunga kupu-kupu.
Cocok apabila ditanam di dalam pot dan dijadikan tanaman hias di halaman rumah.

Bunga kupu-kupu termasuk ke dalam bunga majemuk, 2-5 bunga setiap tandannya. Panjang anak tangkai bunga 3-4 cm. Tinggi kelopak bunga sekitar 0,5 cm dan panjang kelopak sekitar 7 mm. Daun mahkota bunga berbentuk bulat telur. 

Bunga kupu-kupu tumbuh dari umbi, berupa umbi lapis atau bulbus squamosus yang tersusun seperti genting rumah. 

Apa Saja Senyawa yang Terkandung di Dalamnya?

Fyi, bunga kupu-kupu mengandung oksalat pada bagian batang dan daunnya. Oksalat adalah senyawa asam organik alami yang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan diri terhadap pemangsa. 

Selain itu, warna ungu pada bunganya mengandung antosianin. Senyawa ini berfungsi untuk pewarna ungu alami atau pigmen alami. Antosianin bersifat amfoter, artinya dapat bereaksi dengan baik terhadap asam dan basa. Antosianin akan berwarna merah tua apabila bereaksi dengan asam dan berwarna biru / ungu apabila bereaksi dengan basa.

Dalam industri makanan banyak menggunakan senyawa sintesis, namun berpotensi menyebabkan kanker. Senyawa antosianin adalah senyawa yang paling aman untuk dikonsumsi. 

Cara Budidaya dan Merawat Bunga Kupu-Kupu

Budidaya dan perawatan bunga kupu-kupu.
Selain cantik, untuk membudidayakan dan merawatnya pun terbilang mudah.

Budidaya bunga kupu-kupu diperbanyak melalui umbinya dan termasuk mudah jika ingin melakukannya. Cukup dengan 7 langkah mudah, kamu bisa memperbanyak tanaman ini dan menanamnya di halaman rumah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Keluarkan terlebih dahulu akar dari potnya,
  2. Cuci dengan air hangat,
  3. Pisahkan umbi satu dengan yang lainnya,
  4. Celupkan umbi atau akar tanaman ke dalam larutan (stimulator pertumbuhan) selama 15 menit,
  5. Siapkan pot berisi media tanah,
  6. Tanam umbi ke dalam pot dan letakkan di tempat yang teduh,
  7. Beberapa minggu kemudian kecambah akan muncul sebagai bibit baru dan bisa dipisahkan (bibit) agar tidak terlalu penuh dan pertumbuhan berjalan dengan baik.

Nah, itu tadi merupakan langkah-langkah budidayanya Selanjutnya, ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar bunga kupu-kupu tumbuh dan berkembang dengan baik, antara lain:

1. Penyiraman

Penyiraman cukup dilakukan sekali dalam 1-2 hari apabila kondisi kering atau musim panas, dan 2-3 kali dalam seminggu apabila musim penghujan.

2. Letakkan di Tempat Teduh

Bunga ini dapat diletakkan di luar rumah maupun di dalam rumah. Sebaiknya jenis ini diletakkan di tempat yang teduh dan cukup mendapat cahaya matahari. Jika diletakkan di bawah paparan sinar matahari secara langsung, maka daun bunga ini dapat terbakar.

3. Penanaman Melalui Pot

Sebagai tanaman hias, bunga ini sangat cantik bila diletakkan di dalam pot. Namun sebaiknya, jangan terlalu banyak pula menanam dalam satu pot. Karena dapat menghambat pertumbuhan bunga.

4. Kondisi Suhu

Bunga kupu-kupu dapat hidup dengan baik pada suhu sekitar 15-25 oC. Jika suhu terlalu panas maka bunga ini akan menggugurkan daunnya.

5. Pemupukan Bahan Organik

Pemberian pupuk dapat menunjang pertumbuhan bunga ini dengan baik. Pemupukan menggunakan bahan organik dapat dilakukan setiap 2-4 bulan sekali.

Baca juga: Bunga Wijaya Kusuma: Tanaman Hias yang Mekar di Malam Hari (2022)

Itulah penjelasan tentang bunga kupu-kupu mulai dari cara budidaya hingga perawatannya. Barangkali setelah ini kamu tertarik menambah bunga kupu-kupu sebagai koleksi tanaman hias di rumahmu. 

FAQ

Apa manfaat bunga kupu-kupu bagi kesehatan?

Dapat meredakan batuk, antibakteri, mengobati diabetes, mengobati kanker, dan lain-lain.

Apa nama lain bunga kupu-kupu?

Calincing kupu, calincing ungu, dan  calincing merah

Penulis: Ana Salsabila

Ingin Menanam Pohon Tanpa Ribet? Bareng LindungiHutan Aja!

LindungiHutan adalah website donasi online, galang dana dan kerja sama untuk kelestarian hutan Indonesia. Tentu semua kegiatan kami dilakukan secara legal serta mengantongi izin terkait. Jadi, mari salurkan niat kebaikan untuk membantu sesama dan alam dengan sedekah pohon untuk keberlangsungan depan kita.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *