Connect with us

Mitra Hijau

Carl & Claire Tanam 250 Pohon Mangrove di Semarang, Jawa Tengah

Published

on

Carl & Claire Sukses Tanam 250 Pohon Mangrove Rhizophora di Pesisir Tambakrejo, Semarang
LindungiHutan menjalin kemitraan dengan brand parfum Carl & Claire bertajuk 'Nature Need Heroes Like You!'. Melalui program penghijauan, sebanyak 250 bibit mangrove telah ditanam di pesisir utara Kota Semarang, Jawa Tengah bersama mitra penggerak LindungiHutan pada 13 Juni 2021.

Carl & Claire adalah sebuah brand kecantikan lokal yang berfokus pada wewangian (parfum). Hadir pada tahun 2019 dan lahir dari pengalaman Nouva Puspita, CEO Carl & Claire yang sering merasa tidak percaya diri karena penampilan fisiknya.

Atas dasar pengalaman tersebut, Nouva menyadari bahwa parfum merupakan salah satu hal yang bisa membantunya bangkit dan menjadi lebih percaya diri.

Dengan adanya Carl & Claire semua orang diharapkan bisa menjadi versi terbaiknya dengan produk yang terbaik pula. Hal ini yang kemudian menjadi komitmen untuk selalu menghadirkan parfum dengan bahan-bahan terbaik yang aman untuk digunakan.

Apalagi, parfum Carl & Claire memanjakan penggunanya dengan Long-Lasting Scent with Pleasant Aroma. Sebab, kriteria parfum tahan lama bersifat penting dalam pengembangan produk. Seluruh produk Carl & Claire telah melewati uji coba dan terbukti memiliki ketahanan yang baik.

Selain itu, selalu ada designer yang luar biasa di balik setiap kehadiran produknya. Para designer tersebut senantiasa berusaha untuk mengembangkan aroma sesuai selera penggunanya. Bukan hanya itu, oil dan alkohol yang digunakan juga memiliki kualitas yang terbaik.

Sementara itu, nama Carl & Claire sendiri terinspirasi dari nama Eropa, tempat diambilnya bahan-bahan berkualitas untuk aroma parfum Carl & Claire. ‘Carl’ memiliki arti kuat, dan ‘Claire’ yang memiliki arti populer.

Baca juga: Lemonilo Peringati Hari Bumi Tanam 100 Pohon di Semarang Bersama LindungiHutan

Carl & Claire Inisisasi Program ‘Nature Need Heroes Like You!’ untuk Menghijaukan Kembali Hutan Mangrove Indonesia

Relawan dan peserta gabung aksi ikut terlibat kegiatan penanaman mangrove Carl & Claire dan LindungiHutan.
Proses penanaman pohon Rhizophora di Pesisir Tambakrejo, Semarang (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Komitmen Carl & Claire dalam menjaga standar kualitas produk tak membuat mereka lupa akan pentingnya menjaga lingkungan. Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang sudah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita, maka Carl & Claire bekerja sama dengan LindungiHutan turut serta dalam upaya menghijaukan Indonesia.

Carl & Claire menginisiasi kampanye alam bertajuk “Nature Need Heroes Like You!’ sebagai langkah nyata turut serta menjaga keanekaragaman hayati dan keseimbangan ekosistem bumi.

Baca juga: 1 Bundle = 1 Tree, TISSO Ajak Kita Hijaukan Indonesia

Melalui kampanye alam tersebut berhasil terkumpulkan 250 pohon Mangrove Rhizophora yang mana telah ditanam di Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang pada 13 Juni 2021. Proses penanaman berjalan lancar dengan dibantu oleh Kelompok Camar.

Tentu, kontribusi nyata yang diberikan oleh Carl & Claire dalam mendukung upaya penghijauan Indonesia patut kita apresiasi bersama. Sudah saatnya kita bahu-membahu menjaga bumi yang ditinggali. Mulai dari langkah kecil maupun dari yang terdekat. Semua yang berawal dari kecil juga bisa menjadi besar. Jadi, jangan ragu untuk ambil langkahmu menyelamatkan lingkungan.

Bersama LindungiHutan, Carl & Claire Menanam Pohon Mangrove di Pesisir Tambakrejo, Semarang

Peserta penanaman pohon berfoto dengan banner Carl & Claire.
Peserta gabung aksi berfoto dengan banner kegiatan di area penanaman bibit mangrove (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Tambakrejo adalah dusun paling utara di Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kawasan ini kerap dilanda banjir, apalagi jika air laut sedang pasang atau sering disebut dengan rob.

Selain terkenal langganan banjir, Tambakrejo juga dikenal sebagai desa nelayan. Lantaran sebagian besar warganya memang berprofesi sebagai nelayan. Berbagai hasil tangkapan laut diperoleh para nelayan Tambakrejo untuk dijual langsung dalam keadaan segar maupun diolah terlebih dahulu.

Sayangnya, bagai dua sisi mata uang yang berlainan. Laut yang selama ini menjadi tumpuan nelayan Tambakrejo untuk menghidupi keluarganya, kini justru mengancam masa depan. Ombak Laut Jawa secara perlahan mengikis daratan Tambakrejo dan mengancam tempat tinggal mereka karena jarak pantai yang makin dekat.

Bukan hanya itu, sampah ikut menyumbang permasalahan berikutnya bagi warga Tambakrejo. Sampah yang terus menumpuk menyebabkan pencemaran air, udara, dan tanah. Hal tersebut juga sebagai sumber penyakit seperti diare, demam berdarah, dan lainnya.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan penanaman mangrove. Maka dari itu, Carl & Claire bersama LindungiHutan melakukan penanaman 250 pohon Mangrove Rhizophora sebagai bentuk tindakan restorasi.

Keberadaan hutan mangrove sendiri menyimpan banyak manfaat untuk lingkungan dan masyarakat. Manfaat hutan mangrove tersebut antara lain:

  • Penyerap emisi Karbon Dioksida,
  • Menjaga kualitas air,
  • Sumber pendapatan nelayan,
  • Hutan mangrove sebagai habitat ikan,
  • Mencegah intrusi air dan abrasi,
  • Habitat tanaman obat,
  • Sarana wisata dan pendidikan.

Baca juga: AXA Group Dorong Karyawan Terlibat Aksi Peduli Lingkungan

Semoga pohon mangrove yang ditanam oleh Carl & Claire di Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang akan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Rawat Bumi LindungiHutan