Connect with us

Mitra Hijau

BCA Insurance Peduli Lingkungan Tanam 500 Pohon di Bekasi

Published

on

BCA Insurance menanam ratusan pohon di Bekasi bersama LindungiHutan.

BCA Insurance menggandeng LindungiHutan menginisiasi kampanye alam bertajuk ‘Penanaman 500 Pohon PT Asuransi Umum BCA Peduli Lingkungan’ sebagai bentuk aksi nyata upaya pelestarian lingkungan. Total, 500 pohon bakau (Rhizophora sp.) ditanam di pesisir Pantai Bahagia, Muaragembong, kabupaten Bekasi pada 18 September 2021.

PT Asuransi Umum BCA (BCA Insurance) adalah perusahaan atau perseroan yang bergerak di bidang Asuransi Umum di Indonesia yang sebelumnya bernama PT Central Sejahtera Insurance.

Berdasarkan Akta Notaris Nomor 7 tanggal 5 Desember 2013, PT Central Sejahtera Insurance berubah nama menjadi PT Asuransi Umum BCA. Adapun, akta pendirian perseroan telah mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia melalui keputusannya Nomor AHU-64973.AH.01.02 Tahun 2013. Tanggal penerimaan pemberitahuan perubahan adalah 11 Desember 2013.

BCA Insurance awal mula berdiri bernama PT Asuransi Ganesha Cipta Danamas yang didirikan di Bandung pada tanggal 1 Desember 1998. Kemudian tahun 2006, perusahaan ini berubah nama menjadi PT Transpacific General Insurance. Di tahun 2010, PT Transpacific General Insurance diambil alih oleh Dana Pensiunan BCA dan BCA Finance yang kemudian berganti nama menjadi PT Central Sejahtera Insurance.

Tanggal 11 Desember 2013 PT Central Sejahtera Insurance berubah kepemilikan saham dengan susunan kepemilikan saham PT Bank Central Asia, Tbk 75% dan PT BCA Finance 25% sehingga berganti nama menjadi PT Asuransi Umum BCA.

Dalam menjalankan praktik bisnisnya, BCA Insurance memegang teguh tata nilai TRUST. TRUST kemudian dijabarkan menjadi Team Work (kerja sama Tim), Responsible (Bertanggung Jawab), Uncompromised Integrity (Integritas), Service Excellence (Pelayanan terbaik), Trustworthy (Dapat diandalkan).

BCA Insurance Inisiasi Program “Penanaman 500 Pohon PT Asuransi Umum BCA Peduli Lingkungan” Bersama LindungiHutan

Foto bersama perwakilan BCA Insurance dan LindungiHutan di dermaga kampung Beting, Bekasi.
Foto bersama perwakilan BCA Insurance, LindungiHutan dan mitra penggerak di dermaga kampung Beting, Pantai Bahagia, Muaragembong, kab. Bekasi, Jawa Barat (Dok: Business Development/LindungiHutan).

BCA Insurance sebagai perusahaan atau perseroan yang bergerak di bidang asuransi umum nyatanya juga menaruh perhatian terhadap kelestarian lingkungan. Kepedulian tersebut dibuktikannya melalui keikutsertaannya dalam partisipasi penghijauan Indonesia.

BCA Insurance menggandeng LindungiHutan menginisiasi kampanye alam bertajuk “Penanaman 500 Pohon PT Asuransi Umum BCA Peduli Lingkungan” sebagai bentuk aksi nyata upaya pelestarian lingkungan.

Baca juga: Konscio Studio Menanam 200+ Pohon di Jawa Tengah dan Jawa Barat

Melalui kampanye alam tersebut, BCA Insurance sukses mengumpulkan 500 pohon Mangrove Rhizophora dan telah ditanam di Pantai Bahagia Kabupaten Bekasi pada Sabtu 18 Desember 2021.

Harapannya pohon-pohon tersebut bisa memberikan banyak kebaikan bagi masyarakat dan lingkungan setempat. Di samping itu, kontribusi BCA Insurance terhadap kelestarian alam sepatutnya dapat memberi inspirasi bagi banyak pihak untuk mengikuti jejaknya.

Kondisi Lingkungan dan Ekologi Pantai Bahagia, Muaragembong, Bekasi

Dokumentasi kegiatan CSR lingkungan BCA Insurance di Bekasi.
Mitra penggerak LindungiHutan sedang menanam bibit pohon hasil kolaborasi dengan BCA Insurance di pesisir kampung Beting, Pantai Bahagia, Muaragembong, kab. Bekasi (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kelurahan Pantai Bahagia terletak di kecamatan Muaragembong, kabupaten Bekasi dan memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata bahari. Sayangnya, kondisi lingkungan terlebih ekosistem mangrove di Muaragembong, kabupaten Bekasi sudah banyak yang berubah fungsi. Mulai dari menjadi tambak, pemukiman, ladang, sawah, dan peruntukan lainnya.

Kondisi tersebut menyebabkan fungsi hutan mangrove sebagai habitat hewan sudah tidak berdaya lagi dan hasil penangkapan ikan menurun. Lahan tambak di kecamatan Muaragembong tercatat seluas 1.582 hektare selama 10 tahun terakhir, hasil alih fungsi lahan mangrove yang ada.

Imbasnya, ekosistem mangrove Muaragembong telah mengalami laju degradasi akibat konversi lahan. Luasan yang tersisa pada tahun 2020 hanya mencapai 1.028,64 hektare (9,81%). Padahal, luasan awal penetapan kawasan hutan mangrove mencapai 10.481,15 hektare.

Dampaknya, adalah intrusi air laut dan abrasi belum dapat dikendalikan, kualitas lingkungan menurun, dan beberapa mata pencaharian masyarakat pesisir hilang.

Manfaat Pohon Bakau yang Ditanam oleh BCA Insurance dan LindungiHutan

Penyerahan sertifikat kersajama kepada BCA Insurance.
Tim LindungiHutan menyerahkan sertifikat penghargaan dan bukti kerjasama kepada perwakilan BCA Insurance yang datang pada kegiatan penanaman di Bekasi (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pemilihan pohon bakau (Rhizophora sp.) tentu karena alasan dan pertimbangan tertentu. Berbagai manfaat tanaman bakau-bakauan telah sering diulas dalam berbagai pembahasan.

Manfaat pohon bakau secara fisik:

  • Mencegah abrasi dan erosi tanah,
  • Menjaga garis pantai agar tetap stabil,
  • Menahan angin kencang dari laut,
  • Menahan proses penimbunan lumpur,
  • Menjaga wilayah penyangga dan menyaring air laut menjadi air tawar di daratan,

Baca juga: Reka Cosmetics Kolaborasi Program Penghijauan dengan LindungiHutan

Manfaat bakau-bakauan secara biologis:

  • Menghasilkan bahan pelapukan yang menjadi sumber makanan bagi plankton sehingga dapat menunjang rantai makanan,
  • Tempat memijah dan berkembang biak ikan, kerang, kepiting, dan udang,
  •  Tempat berlindung, bersarang, dan berkembang biak burung atau satwa lain,
  • Sumber plasma nutfah dan sumber genetik. Habitat alami bagi berbagai jenis biota.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan