Connect with us

Kegiatan

Ekko Store Tanam 1.000 Mangrove Bersama LindungiHutan

Logo LindungiHutan - Green - Square - 1280 x 1280 pixels - PNG

Published

on

Penanaman 1000 pohon mangrove antara LindungiHutan dan Ekko Store di pesisir utara Jawa.

LindungiHutan sebagai sebuah platform penggalangan dana online dan gerakan pelestarian hutan serta lingkungan hidup di Indonesia bersama dengan Ekko Store, baru saja selesai mengadakan aksi tanam pohon di pesisir Tambakrejo, Kota Semarang pada 4 Juli 2020 lalu.

Video aksi penghijauan hasil kolaborasi LindungiHutan dengan Ekko Store.

Penanaman yang dilaksanakan dalam rangkaian kampanye alam “Penanaman dan Perawatan Hutan Ekko Plant a Trees: 1000 pohon untuk Tambakrejo” berhasil 1.000 bibit mangrove sukses tertanam. Aksi tanam pohon tersebut, dihadiri oleh 15 orang peserta yang beberapa diantaranya merupakan mitra petani LindungiHutan dari kelompok CAMAR.

Dokumentasi kegiatan penanaman hasil kerjasama antara LindungiHutan dan Ekko Store di Semarang.
Dokumentasi kegiatan penanaman hasil kerjasama antara LindungiHutan dan Ekko Store di Semarang, Jawa Tengah (Istimewa).

Ekko Store sebagai penggerak Kampanye Alam 1.000 Pohon untuk Tambakrejo, merupakan sebuah Eco-Friendly Product Curator atau yang lebih dikenal sebagai sebuah toko produk ramah lingkungan yang sesuai dengan nama tokonya. Ekko store menjual produk ramah lingkungan seperti Panty Liner yang dapat digunakan berkali-kali, Ziplock silikon untuk menyimpan makanan basah maupun kering, sabun cuci batang yang dibuat tanpa menggunakan bahan kimia dan berbagai macam barang sekali pakai namun dikemas dengan menggunakan hasil alam yang awet sehingga dapat digunakan berkali-kali dan mengurangi limbah plastik yang beredar di masyarakat.

Baca juga: Somethinc, Brand Kecantikan Asli Tanah Air, Berkontribusi 10 Ribu Pohon bagi Ibu Pertiwi

Upaya Ekko Store untuk Mengurangi Dampak Abrasi di Pantura

Perwakilan LindungiHutan dan mitra petani terlibat dalam acara penghijauan mangrove.
Perwakilan LindungiHutan dan mitra petani kelompok CAMAR terlibat dalam acara penghijauan mangrove (Istimewa).

Penanaman di Tambakrejo ini, merupakan bukti bahwa Ekko Store mulai meningkatkan rasa cinta dan syukurnya untuk menjaga bumi.

Dari pembelian produk ‘Plant a Tree’ pelanggan juga sudah termasuk berdonasi untuk menanam pohon dan menyumbang kebaikan untuk alam. Ekko Store tidak ingin, daratan di Tambakrejo kembali terkikis habis.

Pasalnya, kurang dari jeda satu minggu di penanaman sebelumnya, rob sudah mulai kembali menerjang sehingga tim di lapangan harus rela berbasah-basahan barang se-lutut orang dewasa tingginya, untuk menanam.

Dibantu oleh kelompok CAMAR (Cinta Alam Mangrove Asri dan Rimbun) sebagai kelompok yang merawat, memelihara hingga melakukan pembibitan atas mangrove-mangrove di Tambakrejo, niat baik Ekko Store untuk mengembalikan daratan Tambakrejo, Kota Semarang sukses tersampaikan.

Peserta tanam pohon di Tambakrejo harus dibatasi untuk mencegah dampak penyebaran COVID-19 meluas. Sesuai dengan protokol kesehatan dan keamanan Pemerintah setempat, LindungiHutan tetap menanam pohon di tengah pandemi asalkan tidak membuat kerumunan massal dan mematuhi peraturan lainnya seperti tetap menggunakan masker, menyediakan hand sanitizer serta menjaga jarak antar individu.

Baca juga: Tanaman Porang, Umbi Terkenal yang Jokowi Larang Ekspor ke Luar Negeri

Besar harapan penanaman yang diinisiasi oleh Ekko Store, dapat menguatkan pesisir pantai yang membentang di Indonesia. LindungiHutan juga berharap kegiatan ini dapat membawa pengaruh dan dampak besar untuk kelestarian alam Indonesia.

Tertarik untuk menjalin kerjasama dengan LindungiHutan?

LindungiHutan telah berkolaborasi dengan ratusan brand dan perusahaan untuk menghijaukan Indonesia kembali dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas seperti Ekko Store, Somethinc, Pigeon Indonesia dan masih banyak lagi.

Sedekah Pohon LindungiHutan