Connect with us

Uncategorized @id-id

Ekko Store Tanam 1.000+ Mangrove di Pesisir Kota Semarang

Published

on

Ekko Store Sukses Tanam Pohon Mangrove di Pesisir Tambakrejo Semarang.
Ekko Store dan LindungiHutan menjalin kolaborasi untuk menjalankan kegiatan penghijauan. Melalui program bertajuk 'Penanaman dan Perawatan Hutan Ekko Plant a Trees: 1000 pohon untuk Tambakrejo', sebanyak 1.482 mangrove telah terkumpul dan ditanam di pesisir utara Kota Semarang, Jawa Tengah.

Persoalan lingkungan adalah salah satu masalah yang sedang kita hadapi saat ini. Masifnya berita-berita kerusakan dan pencemaran lingkungan, membuat kita harus segera berbenah diri. Penerapan gaya hidup yang berkelanjutan jadi pintu awal menuju terciptanya bumi yang sehat dan ‘hijau’.

Boleh dibilang tren gaya hidup eco-friendly saat ini memang mulai banyak diikuti masyarakat. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sedikit demi sedikit tumbuh di tengah berjalannya kehidupan kita. Apalagi, jika didukung dengan kemudahan akses penggunaan produk yang sustainable, seperti kehadiran Ekko Store di tengah-tengah masyarakat.

Ekko Store adalah sebuah eco-friendly product curator atau yang lebih dikenal sebagai sebuah toko produk ramah lingkungan. Sebagai mana namanya, Ekko store menyediakan berbagai kebutuhan untuk menjalani hidup yang minim sampah. Produk kebutuhan tersebut mulai dari tisu kain, tas belanja ramah lingkungan, tumblr, safety razor, menstrual cup, hingga sabun organik dapat ditemukan dengan mudah di Ekko Store.

Keberadaan Ekko Store dan produk ramah lingkungannya diharapkan bisa memudahkan konsumen dalam melakukan transisi dari barang-barang sekali pakai kemudian beralih ke barang yang bisa digunakan secara berkali-kali.

Baca juga: Scarlett Whitening Tanam 1.666 Pohon di Pantai Bahagia Bekasi

Dengan menggunakan produk pakai ulang yang tersedia di Ekko Store, secara tidak langsung kita turut berkontribusi menjaga lingkungan dengan mengurangi limbah dan sampah.

Sebagai pengingat bagi kita, mengutip dari laman databoks.katadata.co.id, Indonesia menghasilkan 67,8 juta ton sampah pada tahun 2020. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), 37,3% sampah di Indonesia berasal dari aktivitas rumah tangga.

Fakta tersebut seharusnya jadi alarm tanda bahaya yang menyadarkan kita untuk mulai menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Meskipun dilakukan secara bertahap, sebuah progres tetap dianggap sebagai kemajuan.

Ekko Store Berkolaborasi dengan LindungiHutan Menanam Pohon di Pesisir Tambakrejo

Foto kegiatan penanaman Ekko Store dan LindungiHutan di pesisir tambakrejo.
Proses penanaman bibit mangrove kolaborasi Ekko Store dan LindungiHutan di pesisir utara Kota Semarang, Jawa Tengah (Dok. Business Development/LindungiHutan).

Sebagai bentuk rasa cintanya kepada bumi, Ekko Store berkolaborasi dengan LindungiHutan mengadakan kampanye alam “Penanaman dan Perawatan Hutan Ekko Plant a Trees: 1000 pohon untuk Tambakrejo”. Dengan melakukan pembelian produk “Plant a Tree”, pelanggan secara tidak langsung ikut menyumbang pohon dan menanam kebaikan untuk alam.

Melalui kampanye alam ini, 1.482 pohon Mangrove Avicennia (Api-Api Putih) sukses terkumpul dan juga telah ditanam di Pesisir Tambakrejo, Semarang pada 7 Februari 2021.

Proses penanaman dibantu oleh peserta gabung aksi serta kelompok CAMAR (Cinta Alam Mangrove Asri dan Rimbun) sebagai kelompok yang merawat, memelihara, hingga melakukan pembibitan atas mangrove-mangrove di Tambakrejo.

Ekko Store selain bertekad meningkatkan pengetahuan dan praktik tentang gaya hidup minimal waste melalui produk reusable-nya, ternyata juga ikut berkontribusi dalam upaya restorasi lingkungan. 

Bentuk kontribusi tersebut sudah sepantasnya mendapat apresiasi. Sebab, komitmen mengenai kesadaran alam sejatinya memang harus diwujudkan bukan hanya sebatas klaim belaka.

Kondisi Ekologi dan Permasalahan Lingkungan di Pesisir Utara Kota Semarang, Jawa Tengah

Ekko Store bersama LindungiHutan memilih Pesisir Tambakrejo Semarang sebagai lokasi penanaman mangrove, mengingat kondisinya yang kian memprihatinkan. 

Tambakrejo adalah sebuah desa yang terletak paling utara di Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kawasan ini rawan terdampak banjir terutama jika air laut sedang pasang.

Laut yang selama ini menjadi tumpuan hidup nelayan sekitar Tambakrejo kini mulai mengancam tempat tinggal mereka. Ombak secara perlahan mengikis daratan, membuat jarak pantai dan daratan makin dekat. Tambakrejo yang dulunya merupakan pemukiman, lambat laun ditinggalkan oleh penduduknya.

Abrasi yang terjadi terus menerus tidak hanya mengancam tempat tinggal nelayan, tetapi juga ekosistem pantai. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi abrasi di Pesisir Tambakrejo adalah dengan menanam mangrove di sepanjang bibir pantai.

Maka dari itu, LindungiHutan bersama Ekko Store menanam pohon Mangrove Avicennia (Api-Api Putih) sebagai bentuk usaha restorasi lingkungan. Mangrove Avicennia sendiri menyimpan banyak manfaat seperti:

  • Ekologi: menjaga garis pantai dan tebing sungai tetap stabil, sebagai tempat pemijahan ikan, udang, dan kerang, serta habitat alami banyak biota,
  • Ekonomi: Hutan mangrove sebagai lahan tambak, rekreasi, dan menghasilkan kayu,
  • Sosial: Penyerap karbon yang baik.

Semoga apa yang telah ditanam oleh Ekko Store akan berbuah kebaikan juga manfaat bagi lingkungan serta masyarakat setempat.

Baca juga: N’PURE Tanam 10 Ribu Pohon di Bekasi dan Demak untuk Cegah Abrasi.

Perkara menjaga lingkungan, hutan, dan alam bukanlah pekerjaan superhero atau tukang sulap yang dengan mantra simsalabim-nya semua bisa berubah dalam sekejap. Menjaga lingkungan merupakan kerja kolektif bagi siapapun yang tinggal di atas muka bumi ini.

Jadi, mari bersama-sama kita jaga bumi kita! Perlahan bukan berarti tidak bergerak bukan?

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan