Connect with us

Mitra Hijau

Ekosistem Hotels and Villas Menanam 2.500+ Mangrove di Pantai Bahagia, Bekasi

Published

on

Ekosistem Hotels and Villas Menanam 2.500+ Mangrove di Bekasi Bersama LindungiHutan
LindungiHutan dan PT Ekosistem Hotel Indonesia menjalin kolaborasi untuk penghijauan hutan kembali. Melalui program 'One Booking, One Tree', telah terkumpul 2.894 bibit mangrove yang telah ditanam di pesisir kampung Beting, Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi pada 30 Juni 2022.

PT Ekosistem Hotel Indonesia (Ekosistem Hotels and Villas) adalah hotel operator yang menyediakan berbagai Boutique Hotels, Luxury Villas, Eco-Retreats, dan Spa yang berada di berbagai tempat wisata di Bali.

Melalui berbagai pilihan hotel dan villa, mereka berusaha untuk memedulikan kenyamanan pengunjung dengan memperhatikan kualitas dan efisiensi tempat. Selain itu, tersedia berbagai fasilitas dan pelayanan yang dapat meningkatkan kenyamanan dan kebahagian pengunjung selama berlibur.

Dalam proses perjalanannya, Ekosistem Hotels and Villas juga mengimplementasikan filosofi pariwisata berkelanjutan “Sustainable Tourism” yang memberdayakan masyarakat lokal serta bertanggung jawab secara sosial terhadap lingkungan sekitar.

Implementasi tersebut terwujud dalam berbagai langkah nyata yang diambil demi terciptanya lingkungan yang lestari. Ekosistem Hotels and Villas telah meninggalkan pemakaian plastik dalam berbagai kegiatan. Mereka juga mengajak pengunjung untuk tidak menggunakan plastik dengan menyediakan air isi ulang gratis.

Terlebih lagi, berbagai limbah yang dihasilkan diolah untuk mengurangi jejak karbon dan dampak lingkungan. Tak lupa pula, Ekosistem Hotels and Villas telah menggunakan panel surya untuk mengurangi penggunaan listrik yang tidak ramah lingkungan.

Baca juga: Scarlett Whitening Tanam 1.666 Pohon di Pantai Bahagia Bekasi.

PT Ekosistem Hotels and Villas Menanam 2.929 Mangrove di Bekasi

Perhatian Ekosistem Hotels and Villas terhadap kelestarian lingkungan tak hanya berhenti pada pelayanan dan visi mereka mewujudkan pariwisata berkelanjutan.

Bersama LindungiHutan, Ekosistem Hotels berupaya untuk mengembalikan ekosistem pantai yang telah rusak dan kehidupan warga pesisir Pantai Bahagia (Jawa Barat) yang hampir hilang karena abrasi.

PT Ekosistem Hotels and Villas melalui website LindungiHutan.com menggalakan kampanye alam dengan tajuk “One Booking, One Tree”. Melalui kampanye ini, setiap orang yang memesan akomodasi di beberapa unit Villa Ekosistem Hotels, secara otomatis telah ikut mendonasikan 1 buah pohon bakau.

Total donasi pohon Mangrove Rhizophora yang terkumpul selama kampanye alam digelar yaitu berjumlah 2.929. Pohon-pohon tersebut kemudian oleh LindungiHutan bersama Ekosistem Hotels and Villas ditanam di Pantai Bahagia Kabupaten Bekasi pada 31 Desember 2022.

Penanaman pohon mangrove tersebut diharapkan mampu menyerap emisi karbon, sehingga akibat yang ditimbulkan oleh perubahan iklim juga bisa ikut ditekan. Di samping itu, hutan mangrove sebagai benteng alam nantinya juga akan menjadi pelindung bagi masyarakat dari ancaman abrasi.

Baca juga: UNICEF U-Report Indonesia Gandeng LindungiHutan Menanam Ratusan Pohon di 6 Provinsi

Selayang Pandang Kondisi Pesisir Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi

Ekosistem hotels and villas menanam mangrove
Mitra petani LindungiHutan berfoto dengan banner penanaman hasil kerjasama dengan Ekosistem Hotels and Villas di Bekasi (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pantai Bahagia adalah sebuah desa/kelurahan yang terletak di kecamatan Muara Gembong, kabupaten Bekasi, memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata bahari. Kawasan ini bisa dikembangkan menjadi konservasi mangrove dan penangkaran satwa dilindungi yaitu Lutung Jawa.

Akan tetapi, keadaan di Pantai Bahagia saat ini nyatanya bertolak belakang dengan rencana pengembangannya.  Pantai Bahagia menjadi langganan banjir luapan air laut dan mengalami abrasi hingga 10-20 meter per tahun. Hal ini menjadikan garis pantainya berkurang dan penduduk yang bermukim di sekitar pantai mesti kehilangan tempatnya.

Maka dari itu, LindungiHutan bersama Ekosistem Hotels and Villas melalui kampanye alam yang diinisiasi melakukan penanaman 2.929 pohon Mangrove Rhizophora sebagai upaya merawat kelestarian lingkungan.

Anggota kelompok Alifbata menanam bibit mangrove.
Mitra penggerak penghijauan LindungiHutan di Bekasi sedang menanam bibit mangrove di pesisir Pantai Bahagia, Muara Gembong, kab. Bekasi (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pohon Mangrove Rhizophora diketahui dapat mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga mampu mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Selain itu, Mangrove Rhizophora juga memiliki akar yang bisa mempercepat penguraian limbah organik dan kimia.

Baca juga: BFI Finance Menanam 1.000 Pohon di 4 Provinsi Bersama LindungiHutan

Semoga upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh Ekosistem Hotels bersama LindungiHutan berbuah kebaikan yang bisa dipetik oleh semua orang.

CollaboraTree: Aksi Nyata Brand Peduli Lingkungan Bersama LindungiHutan

Kini, semunya bisa dengan mudah ikut menghijaukan Indonesia. CollaboraTree adalah program yang tujukan untuk brand atau perusahaan Anda mewujudkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan melakukan aksi nyata bersama LindungiHutan.

Melalui program penanaman pohon, brand atau perusahaan Anda dapat memberikan manfaat dan dampak baik untuk lingkungan serta masyarakat setempat. LindungiHutan telah membantu ratusan brand dan perusahaan dalam melaksanakan penghijauan di seluruh Indonesia.

Segera jalin kerja sama dengan LindungiHutan sekarang juga. Isi form di bawah ini atau kunjungi laman ini https://lindungihutan.com/collaboratree.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan