Connect with us

Kegiatan

Hari Hutan Indonesia, Mengajak Anak Muda Ikut Aksi Jaga Hutan melalui Aksi Kolaboratif

Logo LindungiHutan - Green - Square - 1280 x 1280 pixels - PNG

Published

on

Hari Hutan Indonesia

Mengusung tema “Jaga Hutan, Jaga Iklim” dengan tagar #JagaHutanJagaKita dalam memperingati hari hutan Indonesia tanggal 7 Agustus 2023, sejumlah organisasi yang tergabung dalam konsorsium Hari Hutan Indonesia merayakan momentum ini dengan berbagai aktivitas di seluruh Indonesia.

Tema “Jaga Hutan, Jaga Iklim” ini sebagai potret optimisme bahwa dengan menjaga hutan, maka kita menjaga bumi dari perubahan iklim yang terjadi dan akan dekat dampaknya di kehidupan kita. Tidak berhenti sampai di situ, makna dari menjaga hutan juga dapat diartikan dari berbagai pendekatan mulai dari keanekaragaman hayati, masyarakat adat, potensi energi, dan lain sebagainya yang berperan dalam keberlangsungan hutan.

100+ Kolaborator Terlibat dalam Hari Hutan Indonesia

Foto Bersama Hari Hutan Indonesia
Foto bersama peringatan Hari Hutan Indonesia. (Doc: Hutan itu Indonesia).

Setelah diresmikan tahun 2020 lalu, hari Hutan Indonesia selalu dimanfaatkan sebagai momentum bersama untuk menyebarluaskan semangat jaga hutan Indonesia.

Menurut Campaign Manager Hutan itu Indonesia, Eulis Utami, momentum ini sangat penting untuk membangkitkan rasa syukur kita akan kekayaan dan keindahan Hutan Indonesia yang memiliki peringkat ketiga di dunia. “Memang sudah ada Hari Hutan Sedunia tiap 21 Maret. Tapi kita butuh satu hari khusus dalam setahun di mana semua mata, pikiran, dan usaha masyarakat Indonesia ditujukan untuk menjaga hutan.

Selain itu, Hari Hutan Indonesia menjadi momen refleksi disahkannya Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2019 mengenai Penghentian Pemberian Izin Baru dan Penyempurnaan Tata Kelola Hutan Primer dan Lahan Gambut.”

Baca juga: Hari Hutan Indonesia 2022: Menjawab Seberapa Pentingnya Peran Anak Muda dalam Partisipasi Pelestarian Hutan dan Lingkungan

Hari Hutan Indonesia menjadi aksi kolektif yang tidak hanya diselenggarakan oleh Anggota Konsorsium, namun didukung 100 lebih organisasi yang menjadi kolaborator. Serangkaian aksi kolaborasi mulai dari pelibatan sukarelawan, influencer, media massa, nonton bareng, diskusi, webinar, kompetisi, charity fun run sampai ke penanaman pohon dilakukan dalam rangka penyadartahuan dan pelibatan banyak pihak. Rangkaian agenda kegiatan ini akan berlangsung mulai dari Agustus hingga 30 September 2023.

Berkolaborasi dengan Indorelawan, hingga saat ini sudah ada 255 sukarelawan anak muda yang akan ikut dalam kampanye digital sebagai usaha penyadartahuan masyarakat luas tentang pentingnya arti hutan.

Morgan Oey
Morgan Oey sebagai Duta Yayasan Indorelawan turut mengkampanyekan pentingnya menjaga lingkungan.

Menurut Duta Indorelawan Morgan Oey, anak muda memiliki peran yang penting dalam menjaga lingkungan melalui diri sendiri dengan langkah kecil. “Sebagai anak muda yang akan merasakan dampaknya di 10-30 tahun mendatang kalau hutan kita habis/ berkurang. Saat ini perubahan iklim dan masalah lingkungan lainnya sudah terasa artinya kita harus bergerak sekarang. Sehingga kelak ketika nanti kita tua, anak cucu kita tidak merasakan keparahan kerusakan bumi.”

Para penjaga hutan rantau
Foto bersama para penjaga Hutan Rantau Kermas, Jambi. (Doc: Hutan itu Indonesia).

Harapannya melalui momentum ini, banyak orang akan terpanggil untuk berpartisipasi dalam Hari Hutan Indonesia dan bergandengan tangan menjaga hutan untuk kesejahteraan generasi sekarang dan mendatang. Bersama-sama, kita dapat memberikan dampak yang signifikan dalam melestarikan kekayaan alam Indonesia dan mengatasi tantangan perubahan iklim.

Dapatkan update, jadwal acara, dan informasi lebih lanjut tentang Hari Hutan Indonesia melalui media sosial kami @harihutan_id dan website harihutan.id. Mari kita semua bekerja sama menuju masa depan yang berkelanjutan dan lebih hijau.

Untuk pertanyaan media dan peluang kemitraan, silakan hubungi:

Nama : Fitrianti Sofyan

No Hp : 082156688263

Email : [email protected]

Atasi Perubahan Iklim dengan Jaga Hutan Bersama

Hari Hutan Indonesia merupakan gagasan dari Hutan itu Indonesia yang jatuh pada tanggal 7 Agustus, sebagai momen untuk menjaga hutan bersama. LindungiHutan, salah satu kolaborator pada Hari Hutan Indonesia, menaruh perhatian lebih pada kelestarian lingkungan dapat menyalurkan aksi peduli lingkungan masyarakat Indonesia untuk menjaga kelestarian hutan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan