Connect with us

Mitra Hijau

Keina Beauty Hijaukan Bali dengan 320 Pohon Tabebuya

Published

on

Keina Beauty Hijaukan Bali dengan 320 Pohon Tabebuya.

Keina Beauty adalah salah satu brand skincare lokal peduli lingkungan yang mempunyai untuk menjadi sebuah brand yang eco-friendly, cruelty free dan memiliki dampak positif pada keberlangsungan bumi, serta memberikan efek maksimal bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Guna mencapai visi tersebut, Keina Beauty memanfaatkan bahan-bahan organik yang ramah lingkungan dan sesuai untuk kesehatan kulit. Selain itu, Keina Beauty menjalin kolaborasi dengan LindungiHutan untuk menghijaukan pulau Dewata sebagai bentuk kepedulian terhadap bumi.

Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian bumi dan lingkungan tampaknya makin meningkat. Hal tersebut bisa dilihat dengan meningkatnya pula konsep gaya hidup eco-friendly atau ramah lingkungan, termasuk dalam hal penggunaan produk kecantikan.

Perwakilan Keina Beauty memberikan sambutan pada acara penanaman pohon di Jembrana, Bali.
Perwakilan Keina Beauty memberikan sambutan pada acara sederhana untuk penanaman bibit pohon Tabebuya di Jembrana, Bali (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kini, pasar kosmetik natural dan bahan alami telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Meningkatnya keinginan pasar atas produk jenis ini merupakan bentuk kepedulian konsumen terhadap isu kesehatan dan lingkungan.

Umumnya, pasar berpendapat bahwa produk kosmetik berbahan alami lebih memiliki nilai keberlanjutan karena rendah atas bahan kimia dan efek samping terhadap lingkungan. Di samping itu, kesehatan juga menjadi konsen utama, sebab konsumen menghindari kandungan produk yang berbahaya

Baca juga: Hino Finance Indonesia Gelar Penanaman 2.000+ Mangrove di Jakarta dan Tangerang

Di Indonesia sendiri, tren produk skincare ramah lingkungan juga makin ramai digandrungi konsumen. Salah satu brand skincare Indonesia yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan adalah Keina Beauty.

Keina Beauty hadir memegang komitmen untuk menjadi sebuah brand yang eco-friendly, cruelty free, dan memiliki dampak positif pada keberlangsungan bumi, serta memberikan efek maksimal bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Seluruh produk skincare Keina Beauty juga bersumber dari bahan baku alami yang diperoleh tanpa mengeksploitasi alam. Tidak adanya kandungan iritan dan minimnya bahan kimia membuat produk skincare Keina Beauty aman diaplikasikan pada semua jenis kulit.

Keina Beauty Bersama LindungiHutan Menanam Tabebuya di Bali

Tekad dan kepedulian Keina Beauty terhadap kelestarian lingkungan tidak hanya diwujudkan pada produk yang dihadirkan maupun konsep eco-friendly yang diusung. Keina Beauty juga turut mengambil aksi nyata penghijauan dengan menyisihkan sedikit profit penjualan untuk menanam pohon tabebuya di Bali.

Bersama LindungiHutan, Keina Beauty menginisiasi kampanye alam “Aksi Lestari Bali Kini dan Nanti” sebagai bentuk perhatiannya atas isu pemanasan global yang sangat berdampak negatif bagi lingkungan termasuk manusia dan makhluk hidup lainnya.

Melalui kampanye alam tersebut, Keina Beauty sukses mengumpulkan 320 pohon tabebuya dan telah ditanam bersama-sama di Kabupaten Jembrana, Bali pada 5 Juni 2022. Harapannya, pohon tersebut mampu membuat Bali menjadi lebih asri.

Kontribusi Keina Beauty dalam mewujudkan Indonesia lebih hijau memang perlu diapresiasi dan diikuti langkahnya. Ini juga menunjukkan bahwa kesadaran industri atas dampak dari praktik usahanya terhadap lingkungan memang perlu menjadi perhatian khusus.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa produk kecantikan memiliki dampak tersendiri terhadap lingkungan. Sudah saatnya industri kecantikan mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap kelestarian bumi dan lingkungan melalui hal-hal kecil yang bisa dilakukan sehari-hari,” Ujar I Gusti Ayu Komang Triana Gyshela CEO Keina Beauty dikutip dari hypeabis.id.

Ambil Peran untuk Menjaga Kelestarian Hutan dengan Berkerjasama Bersama LindungiHutan

LindungiHutan merupakan startup yang bertujuan untuk memudahkan setiap pihak terlibat dalam upaya penghijauan dan penanaman pohon. Kami telah dipercaya lebih dari 300+ mitra hijau mulai dari UMKM, perusahaan, startup dan multinational corporations.

Baca juga: UNICEF U-Report Indonesia Berkolaborasi dengan LindungiHutan untuk Menanam Ratusan Pohon di 6 Provinsi

Cerita di Balik Kondisi Alam Kabupaten Jembrana, Bali

Jembrana adalah sebuah kabupaten yang terletak di ujung barat Pulau Bali dan menyimpan banyak tempat wisata menarik serta menyediakan berbagai pilihan aktivitas liburan seru. Banyak keindahan objek wisata di Jembrana yang tidak diketahui wisatawan Indonesia, karena promosi wisata yang kurang dan lokasinya jauh berada di ujung Bali.

Akan tetapi, di balik keindahan alam Kabupaten Jembrana, terdapat suatu lokasi yang digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Lokasinya tepat berada di pinggiran Sungai Ijo Gading sehingga dapat menyebabkan banjir.

Proses penanaman bibit pohon tabebuya di Bali hasil kerjasama Keina Beauty dan LindungiHutan.
Proses penanaman pohon tabebuya bersama Keina Beauty di Jembrana, Bali (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Padahal, Sungai Ijo Gading memiliki fungsi penting, tetapi keberadaannya tidak disadari oleh pemerintah daerah dan cenderung terabaikan dalam perencanaan kota. Sungai Ijo Gading memiliki posisi yang strategis membelah kota sehingga sangat  memungkinkan apabila dikemas menjadi suatu daya tarik wisata. Sayang, kondisi Sungai Ijo Gading sarat dengan beban limbah, sehingga secara visual air berwarna hitam kebiruan.

Limbah di Sungai Ijo Gading berasal dari berbagai aktivitas manusia yang meliputi limbah pertanian, limbah rumah tangga, limbah perbengkelan, limbah peternakan (ayam dan babi), limbah industri rumah tangga (tahu dan tempe), limbah sampah, maupun limbah kaskus.

Berkaca pada permasalahan yang dihadapi Kabupaten Jembrana dan kondisi Sungai Ijo Gading, Keina Beauty berkolaborasi dengan LindungiHutan melakukan penanaman 320 pohon tabebuya sebagai upaya restorasi lingkungan.

Baca juga: Scarlett Whitening Tanam 1.666 Pohon di Pantai Bahagia Bekasi

Pohon tabebuya dipilih sebab sering dimanfaatkan untuk penghijauan, mempercantik kota, dan mampu membersihkan udara dari polutan yang berbahaya. Tabebuya memiliki ketahanan hidup yang sangat tinggi dan mampu beradaptasi di berbagai lingkungan.

Mitra petani LindungiHutan mengangkut bibit pohon dengan mobil bak terbuka.
Mitra penggerak penghijauan dan petani bibit LindungiHutan di Jembrana, Bali sedang mengangkut bibit pohon dengan mobil bak terbuka untuk acara penanaman bersama Keina Beauty pada 5 Juni 2022 lalu (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Semoga dengan adanya penanaman pohon tabebuya oleh LindungiHutan bersama Keina Beauty, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan juga lingkungan. Keberadaan pohon tabebuya ini juga diharapkan nantinya akan mempercantik wajah Kabupaten Jembrana.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *