Connect with us

Kegiatan

Wujud Nilai Transparansi LindungiHutan dalam Gelaran Open House 2024

Published

on

Open house LindungiHutan

Baru-baru ini LindungiHutan menggelar acara open house secara online sebagai salah satu bentuk nyata dari nilai organisasi yaitu transparan. Acara yang diadakan pada Kamis, 29 Februari 2024, dihadiri oleh berbagai perwakilan perusahaan, UMKM, pelajar, dan mahasiswa.

CEO LindungiHutan, Miftachur Robani (Ben), menjelaskan bahwa open house ini bukan hanya sekadar acara biasa, melainkan merupakan upaya konkret untuk memperlihatkan kepada masyarakat dan publik secara umum nilai transparan yang dipegang teguh oleh LindungiHutan.

“Kami memiliki 5 value yaitu mudah, transparan, berkelanjutan, fleksibel, dan inklusif. Adapun nilai yang ingin kami angkat pada kesempatan open house ini adalah tentang transparansi. Sebagaimana yang kita tahu, apa yang kami lakukan belum diketahui orang lain. Melalui agenda ini masyarakat bisa mengecek apa yang ada di dalam LindungiHutan sehingga tidak fatamorgana dari luar.”

Baca juga: Annual Report LindungiHutan Sepanjang Tahun 2023

Pemaparan Annual Report LindungiHutan

Acara yang bertajuk “Refleksi 2023 dan Rencana Menyongsong Indonesia Hijau”, memberikan gambaran menyeluruh tentang capaian dan dampak dari kegiatan LindungiHutan sepanjang tahun 2023. Sebagai startup yang telah berdiri sejak 2016, kami senantiasa berkomitmen dalam menjaga lingkungan dan berkontribusi pada pelestarian alam.

Dalam agenda ini, turut mengundang Product Manager LindungiHutan, Alma Cantika Aristia. Dirinya turut memaparkan kegiatan LindungiHutan sepanjang tahun 2023 yang tersaji dalam Laporan Tahunan LindungiHutan yang dapat diunduh melalui https://lindungihutan.com/annualreport2023/.

“Tahun 2023, ada 358 kampanye alam dan mengumpulkan 181.176 pohon yang ditanam di 50 titik di Indonesia. Donasi yang kita kumpulkan dari kerja sama dengan korporasi, brand lokal, donatur, atau campaigner sekitar 5,8 milyar. Kemudian ada lebih dari 5.000 donatur, 2.000 lebih orang yang terlibat, 261 campaigner, 83 mitra hijau, dan memberdayakan sekitar 47 kelompok petani di sekitar hutan,” ujar Alma.

Dalam penyampaiannya, Alma juga mengatakan bahwa LindungiHutan turut mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan / SDGs dalam setiap kegiatannya.

“Dari kegiatan penanaman tersebut, kami turut mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), pada pilar 1 tanpa kemiskinan kami memberdayakan 34 kelompok tani hutan, pilar keempat bidang pendidikan kami memiliki program magang alam,  edukasi di beberapa media sosial. Di pilar 8 bidang pertumbuhan ekonomi, kami meningkatkan 23% pendapatan mitra petani. Pilar 9, industri, inovasi dan infrastruktur kami banyak melakukan riset secara observasi maupun secara riset, 203 peta untuk memahami lokasi-lokasi penanaman LindungiHutan, riset karbon, booklet, dan publikasi”, ucap Alma.

“Fokus kami di pada pilar 13 penanganan perubahan iklim ada 167 ribu pohon yang ditanam, 804 kg CO2eq terserap. Pilar 14 ekosistem lautan kami juga ada 161 ribu pohon mangrove Rhizophora yang ditanam, 69 mangrove Avicennia, dan 1.300 pohon cemara laut. Kemudian pilar 15 ekosistem daratan ada 4.600.000 orang terdampak secara tidak langsung dari kegiatan penanaman pohon, kami juga ada MoU dengan Kelompok Tani Hutan (KTH). Di pilar 17, kemitraan untuk mencapai tujuan kita ada kerja sama dengan lembaga pemerintah,” lanjut Alma.

Salah satu proyek yang menjadi fokus kami pada tahun 2023 adalah pemanfaatan karbon biru di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dalam proyek tersebut,kami bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk menjaga ekosistem hutan mangrove agar tetap lestari dan memberikan dampak positif secara ekonomi melalui skema kredit karbon.

Baca juga: Implementasi SDGs Lingkungan Bersama LindungiHutan

Open House LindungiHutan, Wujud Komitmen Transparansi untuk Publik

Miftachur Robani juga menegaskan bahwa LindungiHutan memiliki peran yang penting dalam menjaga kelestarian bumi dan ingin menumbuhkan kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat. Menurutnya, semua orang memiliki tanggung jawab untuk menjaga bumi ini, dan hadirnya LindungiHutan bertujuan untuk membagikan peran tersebut kepada semua orang. 

Melalui open house ini, LindungiHutan berkomitmen untuk terus memegang nilai transparansi dan mengupayakan kepercayaan publik secara berkala.

“Acara ini mungkin akan menjadi komitmen bulanan kami dengan tema dan segala macamnya diatur tapi fokus kami memang berusaha untuk transparan dan dapat dijangkau secara dua arah, kami bisa mengupayakan kepercayaan bisa diperlihatkan setiap bulannya,” pungkas Ben.

Dengan acara open house ini, LindungiHutan tidak hanya memperlihatkan apa yang telah dilakukan, tetapi juga mengundang masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. Dengan nilai-nilai yang dianut, kami ingin mengajak bahwa pelestarian lingkungan adalah tanggung jawab bersama yang dapat dicapai melalui transparansi, kerjasama, dan kepedulian yang tinggi dari semua pihak.

Kami membuka kesempatan untuk individu, organisasi, brand, hingga perusahaan ntuk berkolaborasi melalui aksi pelestarian lingkungan. Jika tertarik, dapat mengisi form di bawah ini atau menghubungi https://lindungihutan.com/kontakkami.

Sedekah Pohon LindungiHutan