Connect with us

Hutanpedia

Ciri-Ciri Tanaman Sidaguri dan Manfaatnya

Published

on

Pohon sidaguri

Sidaguri merupakan tanaman liar yang tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Akar dan daun sidaguri mempunyai manfaat sangat ajaib untuk kesehatan. 

Sidaguri atau Sida rhombifolia mempunyai daun tunggal yang berbentuk bulat, menyerupai bentuk hati dan mempunyai gerigi pada bagian pinggir daunnya. Berikut ini ciri-ciri tanaman sidaguri dan berbagai manfaatnya!

Deskripsi dan Ciri-ciri Tanaman Sidaguri

Apa sidaguri itu? Sidaguri adalah tanaman perdu yang memiliki bunga berwarna kuning dan akar dengan banyak manfaat untuk kesehatan. 

Sidaguri tidak hanya tumbuh di Indonesia tetapi menyebar ke Assam, India bahkan tumbuh di Eropa sebagai obat untuk rematik. Ciri tanaman sidaguri mempunyai tinggi 2 m, batangnya bercabang dan memiliki bulu-bulu yang rapat. 

Warna tanaman ini putih dan hijau. Jenis daun  tunggal, strukturnya berseling, bentuknya bulat seperti jantung dan tepinya bergerigi. Ujung daunnya runcing dan ditumbuhi bulu rapat, dengan tulang menyirip.

Sedangkan pada bagian bawah daun Sidaguri bulunya pendek dan berwarna abu-abu.  Ukurannya mencapai 1-4 cm x 1-1,5 cm.

Apa warna bunga sidaguri?  Bunga tanaman sidaguri termasuk tunggal, berwarna kuning cerah. Benang sari membentuk tabung dari dasar bunga dan sejajar. Mahkota bunga berwarna hijau dan mempunyai ujung melengkung.

Buah sidaguri mengandung ruang 8-10 buah, diameternya 6-7 mm dan ketika sudah tua berwarna hitam. Sedangkan warna akarnya putih. Nah, akar sidaguri mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca juga: 10+ Manfaat Reboisasi dan Penghijauan untuk Manusia dan Alam

Manfaat Tanaman Sidaguri

Mengutip dari journal.ipb.ac.id daun sidaguri mempunyai sifat anti-bakteri sehingga yang digunakan sebagai obat cacing, bisul, kurap, dan gatal-gatal. Selain daunnya, sidaguri memiliki akar yang kaya manfaat juga.

Nah, akar sidaguri untuk obat apa?Akar sidaguri bisa jadi obat rematik, asma, influenza, dan sakit gigi. Kandungan antioksidannya yang kuat seperti flavonoid dan fenol membuat sidaguri berkhasiat sebagai obat.

Bagaimana Cara Merebus Daun Sidaguri?

Daun dan akar tanaman sidaguri mempunyai manfaat luar biasa untuk kesehatan. Kita sebagai masyarakat Indonesia sayang sekali kalau melewatkannya bukan? 

Tapi, bagaimana cara mengolah tanaman ini menjadi obat yang bermanfaat? Cara memanfaatkan daun sidaguri sebagai obat tradisional untuk asam urat dan berbagai penyakit lainnya sangat mudah.

Anda hanya perlu merebus 60 gram atau beberapa helai daun dari tanaman ini ke 600 ml air. Cara merebus daun sidaguri yaitu dengan menunggunya hingga jumlah air menyusut menjadi setengah. 

Jika rebusan daun sidaguri hendak digunakan sebagai pengobatan asam urat, disarankan minum dua kali sehari. Nah, jadikan satu kali rebusan untuk tiga kali minum.

Hanya saja, sebelum direbus pastikan daun dicuci bersih terlebih dahulu agar bersih dari kuman dan kotoran termasuk juga hama. Dengan begitu, daun sidaguri lebih aman dikonsumsi.

Tanaman perdu sati ini memang disinyalir penuh khasiat untuk kesehatan terutama sebagai obat rematik menjadi keuntungan tersendiri bagi penanamannya.

Namun pastikan Anda benar-benar menanam tanaman sidaguri, jangan sampai salah pilih bibit, beli di tempat yang memang menawarkan bibit asli sehingga dapat dimanfaatkan untuk menjadi obat.

Baca juga: Simak Hasil Publikasi Ilmiah LindungiHutan di Widyantara

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Bersama 500+ Brand dan Perusahaan

Penulis: Risa Fitriana

Survey LindungiHutan