Connect with us

Hutanpedia

Penghijauan Adalah: Pengertian, Bentuk, dan Manfaat Penghijauan (2022)

Published

on

Penghijauan Adalah_ Pengertian, Bentuk, Manfaat dan Contoh-contoh Upaya Penghijauan

Sebagai upaya pelestarian lingkungan, ada banyak cara maupun langkah yang bisa kita lakukan guna menjaga agar kondisi bumi kita tetap hijau dan layak dihuni. Salah satu cara tersebut adalah dengan melakukan penghijauan. Bisa dibilang penghijauan merupakan upaya pelestarian lingkungan yang cukup sederhana, sehingga semua orang sangat mungkin untuk melakukannya.

Memangnya, apa yang dimaksud dengan penghijaun? Lalu, apa saja bentuk-bentuk penghijauan yang bisa kita lakukan? Jika sudah melakukannya, apa manfaatnya? Temukan jawaban pertanyaan tersebut dalam artikel berikut!

Infografis mengenai Penghijauan by LindungiHtan.
Infografis tentang penghijauan, bentuk, dan manfaatnya. Oleh Muhamad Iqbal/LindungiHutan.

Apa yang Dimaksud dengan Penghijauan

Penghijauan sederhananya diartikan sebagagai kegiatan pemeliharaan serta peningkatan kembali kondisi lahan supaya bermanfaat optimal.
Sederhananya, penghijauan mempunyai arti aktivitas pemulihan, pemeliharaan, serta peningkatan kondisi lahan.

Sebagaimana namanya, penghijauan memiliki arti kegiatan atau aktivitas pemulihan, pemeliharaan, serta peningkatan kembali kondisi lahan supaya dapat bermanfaat secara optimal sesuai dengan fungsinya. Peningkatan kondisi lahan tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan menanam pohon. Bentuk usaha penghijauan umumnya dilakukan sebagai respon terhadap kondisi lingkungan yang memburuk, sehingga perlu dilakukan penanaman guna ‘menghijaukan’ kembali.

Namun, apa sebenarnya definisi dari penghijauan? Berikut pengertian penghijauan menurut berbagai ahli dan sumber:

 Manan (1976)

Suatu usaha menanami lahan-lahan kritis, baik segi hidrologis, fisik, teknis, maupun sosial ekonomi, dengan jenis tanaman tahunan atau rerumputan, serta pembuatan-pembuatan bangunan pencegah erosi tanah di areal yang tidak termasuk areal hutan negara.

Nazaruddin (1994)

Usaha penataan lingkungan dengan menggunakan tanaman sebagai materi pokoknya. Dari tanaman tersebut dapat diambil banyak manfaat sehingga penghijauan kota dapat diartikan sebagai suatu usaha dalam menanggulangi berbagai penurunan kualitas lingkungan.

Kelvin (2008)

Salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara, dan, meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Tahun 2021

Kegiatan untuk memulihkan dan meningkatkan daya dukung lahan di luar kawasan hutan untuk mengembalikan fungsi lahan. Sedangkan penghijauan lingkungan adalah penanaman pohon di luar kawasan hutan untuk meningkatkan kualitas lingkungan pada areal fasilitas sosial/umum, ruang terbuka hijau, jalur hijau, permukiman, dan taman.

Baca juga: Efek Rumah Kaca: Pengertian, Penyebab, dan Dampaknya

Apa Saja Contoh Kegiatan Penghijauan

Aktivitas penghijauan tidak harus berada di hutan kok, kamu bisa memulainya dari lingkungan sekitar.
Ada contoh banyak aktivitas penghijaun yang bisa kita lakukan, bahkan dari lingkungan sekitar.

Aktivitas penghijauan tidak melulu tentang menanam 1.000 pohon di hutan belantara atau puncak gunung. Ada banyak cara dan bentuk penghijauan yang bisa kita lakukan secara mudah dan sederhana. Cara-cara tersebut bahkan bisa kita terapkan di halaman rumah, taman kota, dan lingkungan sekitar kita. Alhasil, dari lingkungan terdekat pun kita tetap bisa melakukan upaya penghijauan. Lantas, apa yang bisa kita lakukan?

Membuat Kampanye Alam dan Ikut Berdonasi di LindungiHutan

Saat ini, kita semua bisa dengan mudah ikut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. Melalui website LindungiHutan, siapapun bisa membuat kampanye alamnya sendiri dan mengajak orang lain ikut membantu penghijauan di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, kita juga bisa ikut memberikan donasi berupa pohon dengan harga yang terjangkau pada halaman kampanye alam yang sedang berlangsung. Penasaran seperti apa kampanye alam? Cek di sini!

Menanam Tanaman di Pot

Upaya penghijauan berikutnya yang dapat kita lakukan yaitu dengan menanam tanaman di pot. Sebab, salah satu tempat tumbuh tanaman yang fleksibel adalah pot karena tidak akan banyak memakan tempat dan lebih praktis. Selain itu pot juga biasanya berukuran kecil, sehingga setiap sudut atau tempat yang kosong bisa diisi dengan tanaman. Guna memilih tanaman penghijauan dalam pot gunakan kriteria berikut ini:

  • Hindari penggunaan tanaman penghijauan yang berbahaya bagi manusia, apalagi jika tanaman diletakkan di jalan umum.
  • Tanaman pot yang diletakkan di jalan umum ada baiknya bila yang berbunga dan daunnya indah sehingga sedap dipandang mata.
  • Jika pot tanaman akan diletakkan di dalam rumah, kantor, atau tempat yang relatif aman maka bisa memilih tanaman yang mahal atau eksklusif.

Membuat Taman

Fungsi taman dalam sebuah lingkungan selain sebagai tempat beristirahat juga bisa berfungsi sebagai penghasil oksigen. Jadi, keberadaaan taman bukan hanya untuk pelengkap estetik sebuah lingkungan saja, melainkan juga memiliki fungsi ekologis. Dengan adanya taman, lingkungan pun akan terasa segar dan membuat betah penghuni sekitar.

Taman Vertikal untuk Rumah

Nah, kalau kondisi rumah tidak memungkinkan untuk dibuat taman karena lahan yang sempit, sebagai alternatifnya bisa dengan membuat taman vertikal. Taman vertikal atau taman tegak adalah tanaman dan elemen taman yang disusun sedemikian rupa pada bidang tegak lurus atau mendekati tegak lurus sebagai taman.

Tanaman disusun dalam media tanam tertentu secara permanen sehingga tanaman bisa hidup dan tumbuh secara optimal dalam jangka waktu yang cukup lama pada bidang vertikal. Konsep taman vertikal cocok diterapkan di tempat yang terbatas di mana bentuk taman seperti umumnya tidak bisa dibuat.

Menanam Pohon Pelindung

Keberadaan pohon pelindung di halaman rumah akan membuat lingkungan terasa sejuk, rindang, sekaligus indah. Selain itu, beberapa pohon pelindung misalkan pohon angsana juga efektif sebagai penyerap karbon yang artinya kondisi udara lingkunganmu akan menjadi segar dan akan mendapat pasokan oksigen melimpah.

Apa Manfaat dari Penghijauan

Manfaat dari penghijauan ada banyak sekali, baik itu untuk keindahan, masyarakat sekitar, maupun terhadap lingkungan.
Lantas, apa saja manfaat penghijauan?

Upaya penghijauan yang dilakukan tentu memiliki banyak manfaat bagi lingkungan ataupun manusia. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

Manfaat Estetika

Manfaat estetika atau keindahan dapat diperoleh dari tanaman-tanaman yang sengaja ditata sehingga tampak menonjol keindahannya. Warna hijau dan aneka bentuk dedaunan serta bentuk tajuk berpadu menjadi suatu pemandangan yang menyejukkan.

Manfaat Orologis

Manfaat orologis ini penting guna mengurangi tingkat kerusakan, tanah, terutama longsor, dan menyangga kestabilan tanah. Pepohonan yang tumbuh di atas tanah akan mengurangi erosi. Perpaduan antara tanah dan tanaman merupakan kesatuan yang saling memberi manfaat.

Manfaat Hidrologis

Daerah hijau akan menjadi sangat penting sebagai daerah persediaan air karena struktur akar tanaman mampu menyerap kelebihan air apabila turun hujan sehingga tidak mengalir dengan sia-sia tetapi dapat diserap oleh tanah. Hal ini dapat mendukung daur alami air tanah sehingga dapat menguntungkan kehidupan manusia.

Manfaat Klimatologis

Iklim yang sehat dan normal penting untuk keselarasan hidup manusia. Keberadaan tanaman dapat menunjang faktor-faktor iklim tersebut. Efek rumah kaca akan dikurangi oleh banyaknya tanaman dalam suatu daerah. Bahkan adanya tanaman akan menambah kesejukan maupun kenyamanan lingkungan.

 Manfaat protektif

Pohon dapat menjadi pelindung dari teriknya sinar matahari di siang hari sehingga manusia memperoleh keteduhan dari teriknya sinar matahari. Pohon juga dapat menjadi pelindung dari terpaan angin kencang dan peredam suara kebisingan.

Itulah penjelasan mengenai penghijauan mulai dari pengertian, bentuk, hingga manfaatnya. Semoga setelah membaca artikel ini kita semua bisa memulai gerakan penghijauan dari diri sendiri. Dengan begitu, akan tumbuh kesadaran kolektif mengenai pentingnya keberadaan pohon serta upaya penghijauan yang mana akan membuat bumi kita makin hijau dan sehat selalu!

Baca juga: Kawasan Konservasi Adalah: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Contoh-contohnya (2022)

Kamu juga Bisa Loh Menghijaukan Indonesia Melalui Handphone!

Kamu bisa berdonasi pohon di LindungiHutan mulai dari harga Rp10.000 dan cukup dengan menggunakan handphone. Enggak cuma menanam, bersama LindungiHutan, ada fitur pantau dan dampak yang bisa kamu akses. Praktis bukan?

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh Annual Report LindungiHutan