Connect with us

Tutorial

Website Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis dan Manfaatnya (Lengkap 2022)

Published

on

[engertian website, fungsi, jenis, hingga manfaatnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini kita hidup di era yang semua serba digital. Hampir semua aktivitas kita di semua lini kehidupan paling tidak melibatkan teknologi ataupun internet. Mulai dari mencari informasi, berbelanja, hingga memenuhi kebutuhan hiburan. Salah satu produk digital yang mungkin paling sering kita akses adalah website.

Singkatnya, website adalah kumpulan halaman-halaman situs yang ada pada sebuah domain atau subdomain di dalam World Wide Web di internet. Beberapa contoh website seperti Google.com, Facebook.com, ataupun YouTube.com. Guna memahami lebih lanjut mengenai apa itu website, fungsi, jenis, hingga manfaatnya, simak terlebih dahulu ulasan berikut ini. 

Berikut merupakan pengertian website, fungsi, jenis, dan juga manfaatnya.
Singkatnya, website adalah kumpulan halaman-halaman situs yang ada pada sebuah domain atau subdomain di dalam World Wide Web di internet.

Pengertian Website Menurut Ahli

Website adalah fasilitas hypertech untuk menampilkan data berupa teks, gambar, suara, animasi, dan data multimedia lainnya. Website dapat kita gunakan menjadi alat promosi suatu produk maupun jasa. Kehadiran website saat ini tentu dengan melewati perkembangan yang begitu pesatnya. Website telah menjelma menjadi profil dan ‘muka’ seseorang di internet. Adapun pengertian website menurut ahli yaitu:

  • Hakim Lukmanul: Website adalah fasilitas internet penghubung dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada website disebut dengan webpage. Sementara link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu page ke page lain (hypertext), baik di antara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server di seluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melalui browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, dan aplikasi browser lainnya.
  • Gregorius: Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-file-nya saling terkait satu sama lain. Web terdiri dari page/halaman, dan kumpulan halaman yang disebut homepage. Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman-halaman terkait yang berada di bawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage disebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web.
  • Suwanto Raharjo: Website adalah salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news, atau bahkan email.

Baca juga: Pohon Adalah: Bagian, Jenis, dan Manfaat Pohon bagi Kehidupan

Fungsi Website

Fungsi website sederhananya adalah menampilkan berbagai jenis informasi dengan tujuan menggaet pengunjung agar dapat memberikan peluang kepada perusahaan. Peluang tersebut bisa berupa pembaca, pembeli, atau apapun sesuai dengan sektor bisnis yang dijalankan. Dengan adanya pengunjung website tersebut, diharapkan akan memberikan pemasukan uang ataupun sebagai sarana branding perusahaan. Secara umum, fungsi website adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Komunikasi

Situs web yang memiliki fungsi komunikasi pada umumnya adalah situs web dinamis. Karena, dibuat menggunakan pemrograman web (server side) maka dilengkapi fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi seperti web mail, form contact, chatting form, dan yang lainnya.

2. Fungsi Informasi

Situs web yang mempunyai fungsi informasi pada umumnya lebih menekankan pada kualitas bagian kontennya, karena tujuan situs tersebut adalah menyampaikan isinya. Situs ini ada baiknya berisi teks dan grafik yang dapat di download dengan cepat. Pembatasan penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak seperti shockwave dan java diyakini sebagai langkah yang tepat, diganti dengan fasilitas yang memberikan fungsi informasi seperti news, profile company, library, reference, dll.

3. Fungsi Entertainment

Situs web juga berfungsi sebagai media entertainment atau hiburan. Bila sebuah web berfungsi sebagai sarana hiburan maka penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak dapat meningkatkan mutu prestasi desainnya, meski tetap harus mempertimbangkan kecepatan downloadnya. Beberapa fasilitas yang memberikan fungus hiburan adalah game online, film online, music online, dan sebagainya.

4. Fungsi Transaksi

Situs web dapat dijadikan sarana transaksi bisnis, baik barang, jasa, atau lainnya. Situs web ini mampu menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, transfer, atau dengan membayar secara langsung.

Jenis Website

Setelah mengenal apa definisi website dan juga fungsi-fungsinya. Selanjutnya, kita juga perlu memahami jenis-jenis website. Sebab, setiap jenisnya mempunyai tujuan dan kegunaan yang juga berbeda. Alhasil, pengunjung yang disasar tepat sasaran dan juga efektif. Mengutip dari buku berjudul Pemrograman Web Dasar (), situs/web dikategorikan menjadi beberapa jenis, yaitu:

Berdasarkan sifatnya:

1. Web Statis

Web statis adalah web yang berisi atau menampilkan informasi-informasi yang sifatnya statis atau tetap. Mengapa disebut statis? Karena pengguna website tidak dapat berinteraksi dengan web tersebut. Untuk mengetahui suatu web bersifat statis adalah dengan melihat tampilannya. Jika sebuah web hanya berhubungan dengan halaman web lain dan berisi informasi yang tetap, maka web tersebut bisa dikatakan web statis.

2. Web Dinamis

Kebalikannya dari web statis, web dinamis adalah sebuah situs yang menampilkan informasi serta dapat berinteraksi dengan pengguna. Web yang dinamis memungkinkan pengguna untuk berinteraksi menggunakan form sehingga bisa mengolah informasi yang ditampilkan menjadi lebih interaktif, tidak kaku, dan estetis.

Berdasarkan kepemilikan:

3. Website pribadi

Jenis website ini dikelola perorangan. Biasanya website pribadi dibuat menjadi sebuah blog gratis menggunakan layanan blogging seperti WordPress, Blogger, Wix dan sebagainya. Akan tetapi, ada juga web yang ditujukan sebagai portofolio fotografi, desain, maupun artikel.

4. Website Bisnis dan Website Perusahaan

Jenis website ini dibuat untuk menampilkan informasi terkait brand atau profil perusahaan terkait yang bertujuan guna menginformasikan kepada pengguna mengenai identitas mereka. Jika ingin membuat jenis web ini, sebaiknya buat halaman khusus yang diisi dengan blog berisi artikel yang ramah SEO(Search Engine Optimization) demi meningkatkan popularitas website.

5. Website Komunitas

Jenis website ini biasanya menggunakan ekstensi domain “org”. Tujuannya untuk saling berbagi informasi antar anggota, sebagai papan informasi virtual, atau forum sarana diskusi.

6. Website e-commerce

Jenis website satu ini mengacu kepada situs apa pun yang telah dibuat dengan tujuan menjual barang atau layanan online. Selain menjual barang, juga memanfaatkan website e-commerce untuk menampilkan informasi brand atau kampanye yang sedang dijalankan dalam bisnis.

Manfaat Website

Terakhir, kita juga perlu mengetahui apa saja manfaat website. Dengan kita mengetahui apa saja manfaat website, kita bisa mengira-ngira hal0hal atau keuntungan apa saja yang akan diperoleh setelah membuat website. Website sendiri mempunyai banyak manfaat, 4 di antaranya yaitu:

  • Memperluas jangkauan promosi suatu produk agar dapat dikenal dengan baik oleh masyarakat khususnya pengguna jaringan internet,
  • Tanpa batas yang membuat internet merupakan suatu media informasi tanpa batas. Dengan menggunakan website kita dapat mempromosikan produk kita selama 24 jam penuh.
  • Promosi yang luas dengan menggunakan internet yang memiliki jangkauan area yang tidak terbatas,
  • Media pengenalan usaha dapat memudahkan kita dalam mengenalkan perusahaan dengan menggunakan website.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, fungsi, jenis, hingga manfaat website. Dengan adanya website, kita jadi terbantu dalam menjalani banyak aktivitas. Banyak hal yang kemudian terasa lebih simpel jika dilakukan melalui website misalnya pendaftaran rumah sakit ataupun bentuk-bentuk pelayanan lainnya.

Baca juga: 10+ Manfaat Pohon Akasia untuk Lingkungan, Sosial, dan Kesehatan

Bersama LindungiHutan Kamu Bisa Menanam Pohon Tanpa Harus Ribet!

Dengan LindungiHutan kini semua orang dapat menanam pohon tanpa harus ribet! Melalui smartphone, kamu bisa menanam pohon secara online demi kelestarian hutan Indonesia mulai dari Rp10.000, per pohonnya

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. Nur

    05/10/2022 at 14:32

    terimakasih informasinya sangat bermanfaat, jadi tau lebih tentang website nih

  2. Annisa

    14/10/2022 at 10:29

    Terimakasih pengetahuannya tentang website. Sangat membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Survey LindungiHutan