Connect with us

Kegiatan

Program Gabung Aksi: LindungiHutan Hijaukan Tangerang Tanam 122 Ketapang

Published

on

Program Gabung Aksi LindungiHutan

Setelah menggelar program Gabung Aksi di Jabungan, Kota Semarang pada bulan Februari lalu, kali ini LindungiHutan kembali melakukan gerakan penanaman dalam program yang sama di Desa Sukawali, Kabupaten Tangerang.

Menyambung Kebaikan dari Program Gabung Aksi Jabungan hingga Sukawali

Gabung Aksi merupakan program sukarela penanaman pohon yang diinisiasi LindungiHutan dengan mengajak individu atau masyarakat umum terlibat dalam pelestarian lingkungan. 

Pada bulan Februari lalu, LindungiHutan berhasil menggelar aksi penanaman 294 pohon di Jabungan. Aksi tersebut, kembali dilanjutkan baru-baru ini pada 17 April 2024 dengan menanam 122 bibit ketapang kencana dengan melibatkan beberapa partisipan umum dan lokal bersama-sama menunjukkan komitmen dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Pemilihan ketapang kencana sebagai spesies pohon yang ditanam bukan tanpa alasan. Selain memiliki keindahan estetika yang memperkaya lanskap, ketapang kencana juga memiliki manfaat penting dalam menjaga lingkungan.

Sebagai penyerap polusi udara dan pohon peneduh, ketapang kencana menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan alami dalam ketapang kencana juga memberikan manfaat kesehatan bagi masyarakat sekitar.

Dalam program Gabung Aksi, LindungiHutan telah sukses menanam pohon-pohon yang berpotensi menjaga keragaman hayati dan mendukung ekosistem.

Baca juga: Aksi Keberlanjutan KLAYD Tanam 815 Mangrove di Hutan Mangrove Ambulu Cirebon

Dukungan Masyarakat dan Peran Generasi Muda

Generasi muda memegang peran penting dalam kelestarian alam Indonesia. LindungiHutan menginisiasi program Gabung Aksi dengan tujuan menambah kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan terlebih pada generasi muda saat ini. 

Dalam program Gabung Aksi ini, diikuti oleh Afni Anisah yang datang dari Depok hingga Dhimas Nurhidayat dari Tangerang Selatan. Keduanya memiliki motivasi yang sama yaitu ingin merasakan pengalaman langsung menanam pohon dan berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan. 

Keterlibatan generasi-generasi muda tersebut disambut dengan rasa senang dari Ahmad Marbawi, salah satu petani lokal di Sukawali.

“Sangat senang karena masih banyak orang yang peduli akan kelestarian lingkungan dan kegiatan konservasi terlebih anak-anak muda yang terlibat,” ucap Ahmad.

Melalui program Gabung Aksi, LindungiHutan berharap dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi Desa Sukawali dan Kabupaten Tangerang secara luas. 

Selain menjaga keberlanjutan lingkungan, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konservasi alam dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Dengan melibatkan berbagai pihak, dari masyarakat umum hingga mitra petani lokal seperti Ahmad Marbawi, upaya pelestarian lingkungan dapat terwujud dengan lebih efektif dan berkesinambungan.

Kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya sekedar aksi fisik, tetapi juga sebuah investasi untuk masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Semoga semangat Gabung Aksi ini dapat terus membara dan menginspirasi lebih banyak orang untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam.

Baca juga: Aksi CSR PT Honda Trading Indonesia Tanam 1.500 Mangrove di Sukawali Tangerang

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman yang Tersebar di Indonesia Bersama 500+ Perusahaan dan Brand

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Rawat Bumi LindungiHutan