Connect with us

Mitra Hijau

PT DCI Indonesia Tbk Tanam 1.000 Pohon Alpukat di Subang

Published

on

CSR PT DCI Indonesia

PT DCI Indonesia Tbk merupakan perusahaan terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara. DCI menyediakan layanan infrastruktur pusat data cloud yang konsisten, aman, dan terpercaya. Perusahaan ini didirikan pada 18 Juli 2011 melalui Akta Notaris Buntario Tigris, S.H., S.E., M.H. Nomor 143 dan disahkan oleh Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-38321.AH.01.01 pada 29 Juli 2011.

Dalam perjalanan bisnisnya, DCI Indonesia senantiasa menerapkan strategi berkelanjutan untuk perusahaan. Hal tersebut diwujudkan melalui 3 pilar pedoman DCI yakni meningkatkan nilai perusahaan, melestarikan lingkungan, dan membangun pemberdayaan masyarakat.

Salah satu perwujudan pilar DCI pada bidang lingkungan dilakukan dengan membangun infrastruktur digital yang efisien dan ramah lingkungan. Perusahaan menyadari bahwa aktivitasnya turut menyumbang gas emisi rumah kaca yang berdampak pada lingkungan.

Oleh karena itu, PT DCI Indonesia menggandeng LindungiHutan dalam penerapan strategi keberlanjutan untuk perusahaan.

Lokasi penanaman PT DCI Indonesia
Lokasi CSR PT DCI Indonesia di Desa Koranji. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Program Penghijauan PT DCI Indonesia Tbk Hijaukan Desa Koranji, Subang

PT DCI Indonesia Tbk senantiasa terlibat langsung dalam aksi lingkungan dengan penanaman pohon. Melalui penanaman pohon, DCI Indonesia dapat mewujudkan perusahaan ramah lingkungan dan memberikan dampak berkelanjutan bagi masyarakat. 

Selain itu, penanaman ini bertujuan untuk menyeimbangkan karbon (Offset Emission) yang dilakukan perusahaan atas emisi karbon yang telah dihasilkan. 

Bersama LindungiHutan, PT DCI Indonesia Tbk kembali menginisiasi kampanye penghijauan “DCI: Continuing the Development of Sustainable Digital Infrastructure”. Melalui kampanye tersebut, PT DCI Indonesia berhasil menanam 1.000 pohon alpukat pada 2 November 2023 di Desa Koranji, Subang, Jawa Barat.

Penanaman pohon alpukat di Desa Koranji
Proses penanaman pohon alpukat di Desa Koranji. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Langkah nyata yang telah dilakukan oleh DCI Indonesia dalam menanam pohon dapat kita apresiasi bersama-sama. Dengan menanam pohon di Desa Koranji, diharapkan dapat mengurangi gas emisi karbon dioksida dan menciptakan manfaat baik untuk lingkungan serta masyarakat setempat.

Melalui penanaman pohon ini pula, dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan menciptakan inisiator peduli lingkungan lainnya yang turut melestarikan alam dan lingkungan.

LindungiHutan berharap, semakin banyak pihak yang terlibat, maka semakin terjaga alam Indonesia.

Baca juga: PT Asuransi Rama Satria Wibawa Kembali Tanam 4.000 Mangrove di Kota Semarang

Rehabilitasi Bersama Lahan Bekas Tambang di Desa Koranji

tim DCI Indonesia menanam pohon alpukat
Kegiatan CSR PT DCI Indonesia di Subang, Jawa Barat. (Dokumentasi: LindungiHutan)

Desa Koranji terletak di Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Mayoritas masyarakat setempat bermata pencaharian sebagai pedagang, petani, peternak, hingga pengusaha anyam-anyaman dan kue kering.

Pada tahun 2020, di desa tersebut telah dilakukan penambangan ilegal yang merugikan lingkungan dan masyarakat setempat. Sayangnya, praktik ilegal ini berlangsung cukup lama sehingga meninggalkan jejak yang terlihat seperti perubahan bentang alam ataupun berkurangnya luasan tutupan lahan. Oleh sebab itu, Desa Koranji terancam oleh kerusakan lingkungan yang dapat disebabkan oleh banjir dan tanah longsor apabila daerah tersebut dibiarkan begitu saja. 

Detti Sumiyati bersama Kelompok Tani Bima Tunas Sejahtera terus melakukan upaya rehabilitasi lahan untuk memulihkan area tersebut. Luasan hutan yang gundul mulai ditanami pepohonan yang cocok dengan kondisi tanah setempat. Biasanya, masyarakat Desa Koranji jenis tanaman buah seperti rambutan dan alpukat yang dapat diperjualbelikan sekaligus untuk penghijauan hutan tersebut.

Rencananya, Desa Koranji akan dimanfaatkan sebagai agroeduwisata yang dikelola oleh masyarakat setempat khususnya pohon alpukat. Peran DCI untuk merehabilitasi lahan akibat dari adanya galian ilegal merupakan langkah tepat untuk mendukung keberlanjutan di desa tersebut.

Baca juga: Inisiatif Baru LindungiHutan “Green Project”, Ajak Perusahaan Ciptakan Dampak Positif Berkelanjutan

Jalin Program CSR yang Berkelanjutan Bersama LindungiHutan

LindungiHutan mewadahi bagi perusahaan dan brand yang ingin terlibat bersama dalam aksi lingkungan. Kami telah menanam lebih dari 762.066 pohon di 45+ lokasi tersebar di seluruh Indonesia. Kami juga membantu 497 brand dan perusahaan peduli lingkungan dan menyerap lebih dari 400 ton CO2eq.

Dalam setiap aktivitasnya, kami juga bekerja sama dengan mitra petani setempat. Kerja sama ini terjalin dengan petani sebagai penyedia kebutuhan bibit yang akan ditanam pada setiap kegiatannya.

Baca juga: Selamat Hari Menanam Pohon Nasional dan Hari Pohon Sedunia

Jangan ragu, mari wujudkan CSR yang berdampak dan berkelanjutan bersama LindungiHutan. Isi form di bawah ini!

Sedekah Pohon LindungiHutan