Connect with us

Mitra Hijau

Logos Property Tanam 485 Bibit Mangrove di Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk

Published

on

CSR Logos Property

Logos Property adalah perusahaan yang menyediakan layanan logistik dan infrastruktur real estate terkemuka di dunia. Kepemilikan  saham Logos terdiri dari Logos ESR GROUP, manajer aset riil terbesar di APAC, dan manajer investasi real estat ketiga di dunia yang didirikan oleh John Marsh and Trent Iliffe.

Logos property menyediakan beberapa layanan seperti manajemen aset, pengembangan, dan investasi. Saat ini Logos Property memiliki sekitar 11,3 juta meter2 properti yang dikembangkan dengan total aset senilai lebih dari US$22,9 miliar yang tersebar di 35 bidang usaha.

Persebaran perusahaan Logos berada di wilayah Asia Pasifik seperti Australia, India, Jepang, Malaysia, Sianahaoira, China, Indonesia, Korea, Selandia Baru, dan hingga Vietnam.

Logos Property senantiasa memegang prinsip keberlanjutan yang diterapkan di perusahaan. Salah satunya dengan mengikuti aksi penghijauan sebagai upaya pelestarian lingkungan. Perusahaan menyadari bahwa setiap bisnis memerlukan keseimbangan antara bisnis dan lingkungan. Oleh karena itu, Logos Property bersama LindungiHutan turut bekerja sama dan andil dalam program penghijauan. 

485 Pohon Mangrove dari Logos Property sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan

logos property tanam ratusan mangrove
Program CSR Logos Property lakukan penanaman mangrove di PIK. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Logos Property senantiasa menerapkan aspek keberlanjutan dari segi sosial, ekonomi, dan lingkungan. Untuk mencapai lingkungan yang berkelanjutan, diwujudkan dengan kolaborasi perusahaan bersama LindungiHutan melalui program CSR. Upaya penghijauan ini juga menjadi langkah perusahaan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar.

Bersama LindungiHutan, Logos Property menginisiasi kampanye penghijauan bertajuk “LOGOS Indonesian – Trees For The Future” sebagai bentuk nyata upaya perlindungan dan pelestarian alam.

Tepat pada hari Kamis, 2 November 2023, Logos Property berhasil menanam 485 bibit mangrove di Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Kota Jakarta. Penanaman ini melibatkan rekan-rekan Logos Property, ESR, Kelompok Tani Hutan Flora Mangrove (Binaan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta), dan tim LindungiHutan.

LindungiHutan mengatakan bahwa upaya penghijauan yang telah dilakukan oleh Logos Property patut diapresiasi bersama. LindungiHutan juga berharap aksi ini dapat menginspirasi perusahaan lainnya untuk terlibat bersama dalam menghijaukan Pantai Indah Kapuk.

Melalui aksi ini, diharapkan mampu mencapai komitmen Logos untuk menciptakan dampak yang berkelanjutan. 

Baca juga: PT DCI Indonesia Tbk Tanam 1.000 Pohon Alpukat di Subang

Bagaimana Keadaan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk?

Serah terima bibit mangrove dari Logos Property
Serah terima bibit mangrove dari tim Logos Property kepada mitra petani. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Awalnya, wilayah pesisir utara Kota Jakarta adalah daerah rawa-rawa yang dihuni oleh hewan liar seperti ular dan monyet. Kemudian banyak hewan-hewan berpencar sebab pada tahun 1992 kawasan Ancol dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik minat bagi wisatawan. 

Seiring dengan pertumbuhan kegiatan bisnis di Kota Jakarta, banyak masyarakat yang kemudian berpindah dan bermukim di daerah tersebut. Lambat laun, populasi manusia di sekitar Pantai Indah Kapuk mengalami peningkatan namun diikuti dengan kerusakan lingkungan yang juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Akibatnya, alih fungsi lahan semakin tidak terkendali, luasan mangrove mengalami penurunan sehingga Kawasan Mangrove Pantai Indah Kapuk mengalami ancaman abrasi dan banjir rob. LindungiHutan berafiliasi dengan Kelompok Tani Hutan Flora Mangrove (Binaan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta) yang diwakili oleh Ujang Kustiawan, berkolaborasi untuk memperbaiki kondisi lingkungan dengan cara menanam mangrove. 

Sejak tahun 2015, Ujang bersama anggota kelompok tani lainnya mulai menanam mangrove di daerah PIK, Jakarta Utara. Penanaman mangrove dilakukan dengan tujuan menjadi penopang kehidupan, mengatur aliran air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, dan menjadi benteng pertahanan dari abrasi maupun tsunami.

Baca juga: AsetKu Bersama LindungiHutan Tanam 1.000 Mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Mari, Menjadi Bagian dari Aksi Lingkungan Bersama LindungiHutan!

tim logos property tanam mangrove di PIK
Ratusan mangrove ditanam tim Logos Property di PIK. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Sejak tahun 2016, LindungiHutan menggeluti bidang konservasi lingkungan untuk menyelamatkan hutan dari kerusakan. Sejumlah 772.000 pohon telah ditanam oleh LindungiHutan bersama dengan 506 mitra brand/perusahaan dan penggalang yang peduli terhadap pelestarian alam.

LindungiHutan juga bekerja sama dengan 118 penggerak di 47+ lokasi penanaman yang tersebar di seluruh Indonesia. Sampai saat ini, LindungiHutan telah berkontribusi dalam menyerap emisi sebesar 400 ton CO2eq.

Ingin terlibat dalam aksi lingkungan dan mengikuti jejak Logos Property dalam upaya pelestarian hutan bersama LindungiHutan? Silakan isi form di bawah ini.

Baca juga: PetroChina International Jabung Ltd Gandeng LindungiHutan Tanam 5.000 Mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan