Connect with us

Tips & Trik

Yuk Sedekah Pohon Bersama LindungiHutan, Investasi Kebaikan untuk Masa Depan (2022)

Published

on

Ilustrasi sedekah pohon.

Menjaga kelestarian hutan dan alam bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan menanam pohon. Sebab, setiap pohonnya dapat menyerap emisi karbon yang bisa menjadi pengurai masalah seperti bencana perubahan iklim.

Guna mewujudkan makin banyaknya pohon yang tertanam di Indonesia serta memberikan kemudahan fasilitas menanam pohon bagi semua orang, LindungiHutan memiliki kunci akan hal tersebut.

Selan berdonasi pohon melalui kampanye alam yang ada, LindungiHutan juga menginisiasi program unggulan berupa Sedekah Pohon yang telah berlangsung sejak tahun 2019. Melalui sedekah pohon semua orang bisa menanam pohon dengan mudah, transparan, dan berkelanjutan di berbagai pilihan kampanye alam dan lokasi yang tersedia.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan sedekah pohon?

Apa Itu Sedekah Pohon LindungiHutan?

Sedekah pohon adalah salah satu langkah yang dapat kita lakukan untuk memberikan manfaat kebaikan bagi hutan dan sesama makhluk hidup. Selain mudah, menanam pohon termasuk cara yang menyenangkan untuk mengatasi pemansan global dan perubahan iklim. Terlebih lagi, setiap orang dapat ikut terlibat dalam langkah hijau ini melalui donasi online.

Manfaat Hutan dan Menanam Pohon

Berbicara mengenai sedekah pohon, barangkali masih ada yang bertanya-tanya memangnya apa manfaat menanam pohon dan menjaga hutan?

Perlu diketahui bahwasanya pohon memiliki beragam fungsi dan manfaat secara ekologis, ekonomi, dan sosial budaya. Salah satu yang mungkin paling bisa kita rasakan adalah mengurangi pemanasan global.

Sederhananya, ketika kita berada di Ruang Terbuka Hijau atau taman yang penuh pohon tentu udara akan terasa begitu segar. Nah, bayangkan jika rimbunnya pohon tersebut tidak hanya sebatas di RTH, tetapi ada di seluruh bumi, pastinya oksigen yang kita hirup juga akan lebih baik dan kita makin betah dengan kondisi lingkungan yang hijau.

Selain itu, masih ada manfaat menanam pohon dan Sedekah Pohon untuk lingkungan antara lain:

  • Pohon bermanfaat untuk menghasilkan oksigen (O2) yang digunakan oleh semua makhluk hidup guna bertahan hidup,
  • Selain menghasilkan oksigen (O2), pohon mampu menyerap Karbon Dioksida (CO2) dari udara yang berpengaruh pada pemanasan global,
  • Mencegah potensi bencana alam (banjir, tanah longsor, abrasi, terjangan angin) serta menjadi salah satu langkah mitigasi bencana,
  • Menahan laju air hujan dan menjaga keberadaan air tanah untuk mengurangi risiko kekeringan di musim kemarau,
  • Mencegah erosi tanah (pengikisan lapisan tanah) akibat arus air, angin, dan faktor alam lain yang mengurangi jumlah lahan produktif,
  • Membantu mengurangi risiko desertifikasi (perubahan lahan menjadi gurun pasir) yang tandus dan gersang serta peningkatan area lahan kritis,
  • Menurunkan tingkat suhu di sekitar hutan dan kawasan pohon tumbuh serta meningkatkan kelembapan udara,
  • Tempat hidup berbagai satwa, hewan, serangga, primata, burung dan fauna lain yang menggantungkan diri dari kelestarian hutan,
  • Melindungi keseimbangan alam dan mengurangi polusi udara, cahaya, suara, dan zat polutan yang terjadi di kawasan perkotaan dan permukiman.

Perjalan Sedekah Pohon bersama LindungiHutan dari Masa ke Masa

Program Sedekah Pohon LindungiHutan bukanlah suatu hal yang baru, hingga sekarang telah berjalan kurang lebih selama 3 tahun. 3 tahun tentu bukanlah waktu yang sebentar, ada banyak momentum, orang, maupun pelajaran yang LindungiHutan dapat selama rentang waktu tersebut.

2019

Awal mula program Sedekah Pohon diinisiasi pada bulan Ramadan tahun 2019. Kala itu, lokasi kegiatan hanya ada di satu tempat yaitu pesisir Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Program Sedekah Pohon tahun 2019 berhasil mengumpulkan 1.345 pohon Mangrove Rhizophora Mucronata dari donasi online 111 sahabat alam di seluruh Indonesia. Kegiatan ini yang kemudian menjadi cikal bakal program Sedekah Pohon yang LindungiHutan jalankan setiap tahunnya.

2020

Tahun 2020, kondisi seluruh dunia sedang tidak menentu akibat pengaruh pandemi. Kemunculan virus pada awal tahun tersebut lantas mengakibatkan berbagai aktivitas penanaman ditunda untuk kebaikan bersama.

Namun, program Sedekah Pohon tetap harus dijalankan sebagai siasat untuk memberikan kemudahan terhadap masyarakat. Melalui halaman LindungiHutan.com/sedekahpohon2020, terkumpul 2.146 pohon yang ditanam di 4 provinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Jambi, dan Kalimantan Barat hasil dari donasi yang terkumpul.

 2021

Setelah melewati waktu yang sulit di tahun 2020, bulan Ramadhan 2021 menjadi awal yang baru untuk masyarakat kita menghadapi era new normal. Era di mana kita dituntut supaya bisa hidup berdampingan dengan virus dan pandemi global.

Sementara pada tahun ini pula, program Sedekah Pohon digabungkan dengan program Jaga Hutan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik terkait kelestarian hutan. Kegiatan Sedekah Pohon dan Jaga Hutan tahun 2021 diselenggarakan di 9 provinsi dan terkumpul ribuan pohon dengan jenis yang berbeda-beda.

2022

Program Sedekah Pohon pada tahun ini dijalankan secara sederhana tetapi bermakna. LindungiHutan pada kesempata ini berfokus untuk mengingatkan peranan kita sebagai makhluk berakal dan berbudi luhur untuk menjaga alam dan hutan.

FAQ

Kenapa saya harus bersedekah pohon?

Walaupun sedekah pohon secara online melalui LindungiHutan tidaklah wajib, tetapi ada banyak manfaat bersedekah pohon di antaranya:

1.   Berperan aktif dalam upaya kebaikan dengan penghijauan dan reboisasi yang bermanfaat untuk alam dan masyarakat.

2.   Ikut andil berlomba-lomba dalam kebaikan dan sedekah pohon termasuk amalan yang mudah dan memiliki manfaat berkelanjutan,3.   LindungiHutan menyediakan wadah untuk bersedekah pohon yang mudah dan transparan mulai Rp10 ribu/ pohon.

Siapa yang menerima donasi sedekah pohon?

Kami menjalin kerja sama dengan 40+ penggerak penghijauan, petani bibit, dan masyarakat sekitar kawasan penanaman pohon untuk menjalankan aktivitas baik ini. Setelah kampanye alam (campaign) selesai, LindungiHutan akan menyalurkan dana yang terkumpul untuk penggerak penghijauan di daerah yang tertera.

Apakah saya bisa bersedekah pohon secara anonim?

Tentu saja bisa, Kamu hanya perlu mencentang pilihan “sembunyikan nama saya (donasi anonym) saat mengisi data diri.

Berkat dukungan berbagai pihak dan sedekah online yang masyarakat amanahkan melalui LindungiHutan, ribuan pohon berhasil ditanam di 11 wilayah penghijauan di 7 provinsi. Pelaksanaan program Sedekah Pohon tahun 2022 juga menjadi langkah yang baru guna melibatkan berbagai lapisan masyarakat dalam kegiatan penanaman hutan kembali.

Itulah serba-serbi mengenai program Sedakah Pohon yang diinisiasi oleh LindungiHutan. Untuk kamu yang ingin turut serta dalam upaya pelestarian alam dan hutan, bisa langsung klik link ini.

Sedekah Pohon LindungiHutan