Connect with us

Emisi Karbon

Tutorial Carbon Offsetting Menggunakan Kalkulator Jejak Karbon Imbangi

Published

on

Tutorial Carbon Offsetting Menggunakan Kalkulator Jejak Karbon Imbangi

Carbon offsetting atau mengimbangi karbon adalah skema yang memungkinkan individu dan perusahaan untuk berinvestasi dalam proyek lingkungan di seluruh dunia untuk menyeimbangkan jejak karbon mereka sendiri.

Jadi, perusahaan yang ketika menjalankan praktik bisnisnya menyumbang emisi karbon bisa menebus atau ‘mengganti rugi’ dengan melakukan carbon offsetting. Contohnya, industri penerbangan yang menghasilkan karbon dari pesawat kemudian melakukan carbon offsetting untuk mengimbangi emisi karbon yang dihasilkan.

Carbon offsetting tidak terbatas pada perusahaan atau sektor industri, bagi perorangan pun bisa.

Kenapa Penting Melakukan Carbon Offsetting?

Salah satu manfaat utama melakukan tebus karbon yaitu mengurangi dampak emisi karbon bagi bumi. Dengan melakukan carbon offsetting, emisi karbon dioksida akan berkurang sebab meningkatnya ketersediaan penyerapan gas CO2. Cara ini bisa menghambat laju perubahan iklim.

Adapun, manfaat lainnya seperti meningkatkan citra baik perusahaan. Perusahaan yang memiliki kepedulian dan concern terhadap lingkungan akan dinilai baik oleh konsumen maupun investor.

Hitung Karbonnya dengan Imbangi, Lakukan Carbon Offsetting bersama LindungiHutan!

Carbon offsetting mengenal berbagai macam cara. Salah satu yang cukup mudah dilakukan yaitu dengan menanam pohon. Perusahaan bisa mengadakan program penghijauan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang terperangkap di atmosfer dengan bantuan pohon.

Pohon akan menyerap karbon dioksida yang dihasilkan salah satunya oleh kegiatan manusia. Salah satu jenis pohon yang efektif menyerap karbon dioksida adalah mangrove.

Itulah kenapa hutan mangrove termasuk dalam ekosistem karbon biru yang paling efektif menyerap karbon dibandingkan ekosistem lain.

Baca juga: Carbon Footprint Scopes 1, 2, dan 3, Contoh serta Cara Menghitungnya

Faktanya, hutan mangrove dapat menyimpan karbon tiga sampai empat kali lipat dibandingkan hutan terestrial. Restorasi mangrove secara global memiliki potensi untuk menyimpan 69 juta ton karbon pada biomassa di atas permukaan tanah.

Nah, kami LindungiHutan dapat membantu perusahaan Anda melakukan carbon offsetting dengan melakukan penanaman mangrove. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menghitung besaran emisi karbon yang dihasilkan perusahaan menggunakan carbon calculator Imbangi. Berikut tutorialnya!

1. Kunjungi Alamat Kalkulator Jejak Karbon Imbangi

Kalkulator jejak karbon Imbangi
Klik di sini untuk buka carbon calculator Imbangi

2. Hitung Emisi Karbonnya

Hitung emisi karbon
Pilih kategori lalu hitung emisi karbonnya.

3. Pilih Lokasi Penanaman untuk Carbon Offsetting

Lokasi penanaman carbon offsetting
Ada berbagai pilihan lokasi penanaman yang LindungiHutan sediakan

4. Sampai di Tahap Pembayaran

Halaman pembayaran carbon offsetting
Metode pembayaran tersedia dalam berbagai pilihan

5. Terakhir, Klik “Donasi”!

penanaman pohon carbon offsetting
Lengkapi datanya, klik “donasi” !

Baca juga: Apa Itu Carbon Offset (Tebus Karbon)? Skema, Tren, dan Implementasi

Tertarik Coba Carbon Calculator Imbangi?

Jika Anda tertarik untuk mencoba GRATIS kalkulator jejak karbon Imbangi,  ikuti tutorial seperti penjelasan di atas. Anda juga bisa mengunjungi FAQ, guna mengetahui informasi lebih lanjut tentang kalkulator jejak karbon Imbangi dan hal-hal seputarnya.

Gambar kalkulator jejak karbon.

Sudahkah Menghitung Jejak Karbon Hari Ini?

Melalui kalkulator karbon Imbangi, Anda bisa menghitung besar emisi karbon dari penggunaan kendaraan, listrik, dan peralatan elektronik lainnya.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Sedekah Pohon LindungiHutan