Connect with us

Emisi Karbon

Ngitung Jejak Karbon Kalau Kerja Seharian di Rumah

Published

on

Jejak karbon kerja WFH

Ngomongin soal pemanasan global atau perubahan iklim kita selalu dituntut untuk mengurangi emisi karbon dari berbagai aktivitas yang dilakukan. Memangnya, berapa besar jejak karbon yang kita hasilkan dalam sehari—POV karyawan yang kerjanya WFH?

Pukul 06.00: Wakey-Wakey It’s Time For Work!

Bangun tidur, cari kacamata, lalu cari handphone, berharap seseorang mengirim pesan ucapan selamat pagi! Sayangnya tidak ada, bahkan kamu lupa ngecas HP-mu semalam. Kamu bangun karena kedinginan, AC 18oC membuatmu ingin kencing sekaligus menjadi alarm alami tiap paginya.

Jejak karbon AC
Kira-kira berapa besar emisi yang dihasilkan AC/pendingin ruangan?

Well, selama kurang lebih enam jam kamu menyalakan AC demi tidur yang pulas, jumlah emisi karbon yang dihasilkan sebesar 0,02 ton CO2eq.

Besar emisi karbon AC
Hasil perhitungan menggunakan kalkulator jejak karbon Imbangi

Baca juga: Apa Saja Penghasil Emisi Karbon di Dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Pukul 07.00: Siapkan Jiwa Dan Raga Karena Sebentar Lagi Bekerja

Setelah menghabiskan cukup lama waktu di kamar mandi sambil scrolling Twitter dengan sedikit baterai yang tersisa, kamu melirik jam di pojok kanan atas layar HP dan sadar sebentar lagi waktunya bekerja.

Kamu mandi dengan air dingin, barangkali 15 menit cukup—Jauh lebih cepat ketimbang main Twitter. BTW, mandi juga menghasilkan karbon loh! Menurut bbva.es, mandi dengan lama 5 menit menghasilkan emisi antara 90g CO2eq sampai 200 gram CO2  emisi karbon dan sebesar 500 gram CO2eq jika menggunakan ketel listrik.

Kelar mandi, badan segar, bikin kopi dulu sebelum duduk seharian di depan laptop. Satu gelas kopi (15 gram) yang kamu buat meninggalkan jejak karbon 0,4kg CO2 eq

Jejak karbon segelas kopi
Bikin kopi dulu!!!

Pukul 08.00: Kerja, Kerja, Kerja!!!

Gambar meja kerja
Kalau pakai laptop seharian buat kerja, berapa ya emisi karbonnya?

Saat kopi tersaji, akan ku gapai KPI!!! Bikin kopi sudah, kini kamu berpindah ke meja kerja. Menyalakan laptop. Berdasarkan hitungan kalkulator Imbangi, besar jejak karbonnya sebesar 0,6 ton CO2 eq per hari.

Besar jejak karbon laptop
Besar hitungan emisi karbon penggunaan laptop berdasarkan Imbangi

Mulai kerja, cek-cek email dulu biar enggak ada info yang ketinggalan. Faktanya, ngecek email tuh menghasilkan karbon juga loh! Menurut pawprint.eco, rata-rata jejak karbon yang dihasilkan email adalah 0,3g CO2 eq, dan untuk satu gambar atau lampiran 50g CO2 eq penggunaan internet juga menyumbang emisi.

Pukul 12.00: Lunch Time

Gambar memasak dan mie goreng
Masak mi goreng kayanya enak?

Lelah bekerja, kita rehat dulu bestie. Karena kamu kerja dari rumah, makan siang sepertinya tak perlu memesan dari layanan makan daring. Cuma, kali ini karena lagi ingin makan yang seger-seger, masak mie rebus pakai telur keknya enak ya!

Well, emisi rata-rata yang dihasilkan dari memasak adalah 97,68g CO2 eq.

Ingat juga jangan sampai makanannya nyisa. Sebab, sampah makanan yang tersisa menyumbang emisi karbon.

Pukul 13.00: Lunchtime Is Over, Kembali Kerja

Perut kenyang, hati senang, bekerja pun riang. But it’s another 4 hour work again, yang artinya akan ada 0,6 ton CO2 eq jejak karbon dari laptop yang dihasilkan lagi. Bedanya mungkin kamu enggak ngecas HP, tetapi ngecas laptop.

Kamu juga mungkin akan lapar dan merasa ngantuk di jam 15.00, secangkir kopi kembali dibuat yang artinya 0,4kg CO2 eq -lagi.

Baca juga: Lebih Besar Mana, Emisi Karbon Mobil atau KRL?

Pukul 17.00: Mari Pulang Marilah Pulang Bersama-Sama!

Pulang kemana? Kan udah di rumah? Akhirnya waktu bekerja selesai, hampir 8 jam kamu menghabiskan waktu duduk di depan laptop di kamar menyelesaikan banyak pekerjaan. Good job, sepertinya kamu pantas untuk mendapat sedikit hiburan.

Jejak karbon sepeda motor
Bosen seharian kerja di kamar, saatnya keluar nyari jajan dulu!

Mengingat, seharian di rumah kamu bekerja, keluar dan jalan-jalan mencari jajan tentu layak untuk dilakukan. Kamu mengeluarkan motor dari garasi, berkendara kurang lebih 5 km mencari jajanan kesukaanmu. Lalu pulang sambil rebahan menikmati waktu istirahat.

Eits, tadi keluar beli jajan berapa ya jejak karbonnya? Kalau dihitung pakai Imbangi jejak karbon yang dihasilkan sebesar 0,4 kg CO2.

Jejak karbon sepeda motor
Besar jejak karbon kendaraan bermotor hasil perhitungan Imbangi

Hitung Jejak Karbonmu dengan Imbangi

Kalkulator jejak karbon Imbangi.

Kamu juga bisa menghitung jejak karbonmu dengan kalkulator jejak karbon Imbangi di sini! Cara menggunakannya mudah, Kamu hanya perlu mengisi data-data yang dibutuhkan dan total emisi yang kamu hasilkan pun bisa diketahui. Kamu juga bisa menebus emisi karbon yang dihasilkan dengan melakukan penanaman pohon bersama LindungiHutan.Segera coba GRATIS kalkulator jejak karbon Imbangi di sinii

Sudahkah Kamu Menghitung Jejak Karbonmu Hari Ini?

Hitung jejak karbonmu sekarang juga dengan menggunakan kalkulator jejak karbon Imbangi. Melalui kalkulator karbon Imbangi, kamu bisa menghitung besar emisi karbon dari penggunaan kendaraan, listrik, dan peralatan elektronik lainnya!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan