Connect with us

Mitra Hijau

Brighty Tanam 1000+ Mangrove di Desa Bedono Kabupaten Demak

Published

on

Kegiatan penghijauan brighty

Brighty adalah brand kecantikan yang berdiri sejak tahun 2020. Beberapa produk yang dihadirkan antara lain brighty glowing underarm, underarm scrub, dan AHA HERO serum.

Brighty berkomitmen untuk memberikan produk-produk dengan bahan berkualitas tinggi membuat kulit tampak lebih sehat, cantik, dan bernutrisi. Hadirnya Brighty di tengah masyarakat Indonesia, menjadi solusi untuk meningkatkan rasa percaya diri setiap individu dan menjadi langkah dari keberhasilan perusahaan membantu lebih banyak orang.

Bagi para pengguna produk Brighty, produk-produk dari brand skincare ini layak digunakan karena tidak mengandung alkohol dan juga paraben, aman untuk ibu hamil, serta telah teruji BPOM. 

Selain itu, produknya tidak meninggalkan whitecast atau memberi efek dempul abu-abu di kulit penggunanya, mudah menyerap, dan pasti harganya terjangkau.

Baca juga: PT Haple Kosmetika Indonesia Tanam 2600+ Mangrove di Tambakrejo Semarang

Brighty Berikan Ribuan Mangrove untuk Desa Bedono

penanaman mangrove brighty
Mitra penggerak yang membantu penanaman mangrove oleh Brighty di lokasi penghijauan . (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Dalam menjalankan praktik bisnisnya, Brighty senantiasa menaruh perhatiannya terhadap kelestarian alam di Indonesia. Bersama LindungiHutan, brand kecantikan ini menginisiasi sebuah kampanye alam bertajuk “Pohon Untuk Desa Bedono” sebagai bentuk nyata kepeduliannya dengan lingkungan.

Setiap membeli 1 produk Brighty Glowing Underarm atau Ciara Natural Deodorant, konsumen telah ikut serta dalam aksi penghijauan bersama LindungiHutan.

Melalui kampanye tersebut, Brighty berhasil menanam 1.039 pohon mangrove (Rhizophora sp.) pada 24 Juni 2023 di Desa Bedono, Kabupaten Demak

Proses penanaman ribuan mangrove tersebut melibatkan beberapa stakeholder seperti tim LindungiHutan, Mak Jah sebagai petani penggerak di Desa Bedono, dan relawan yang turut berpartisipasi.

Upaya penghijauan yang telah dilakukan Brighty di Desa Bedono merupakan aksi baik dan patut kita apresiasi bersama. Besar harapan mangrove yang ditanam dapat memberikan manfaat untuk lingkungan dan masyarakat setempat.

Semoga, langkah ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat untuk bersama menjaga dan menghijaukan alam Indonesia.

Baca juga: Bank Indonesia Hijaukan Pulau Pari Kepulauan Seribu dengan 1000 Pohon Mangrove

Kondisi Sosial dan Lingkungan Desa Bedono

lokasi penghijauan brighty
Lokasi penanaman mangrove di Desa Bedono. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Desa Bedono terletak di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Lahan di Desa Bedono terbagi menjadi 3 area yaitu tambak, bangunan, dan tegalan. 

Tingkat pendidikan masyarakat disana tidak terlalu tinggi. Rata-rata penduduknya tidak tamat sekolah dasar sebanyak 549 jiwa. Mayoritas masyarakat disana berprofesi sebagai petambak. Pekerjaan lain dari masyarakat Desa Bedono adalah buruh tani, nelayan, buruh bangunna, buruh industri, dan pedagang.

Letak Desa Bedono yang menjorok ke laut dan topografinya landai, desa ini kerap kali terjadi banjir rob yang menyerang daratan. Dalam 10-20 tahun terakhir, Desa Bedono kerap mengalami pengikisan air laut. Sebanyak 200 rumah penduduk setempat tenggelam akibat abrasi terus terjadi. 

Salah satu penyebab terjadinya abrasi dan banjir rob di Desa Bedono karena kawasan ini memiliki sedikit kawasan hutan mangrove. Padahal, hutan mangrove berfungsi sebagai benteng alami dari kerasnya air laut yang menerjang daratan.

Mak Jah, salah satu warga Desa Bedono memilih bertahan di desa tersebut dan terus melakukan inisiatif untuk mempertahankan desanya. Mak Jah melakukan penanaman bibit mangrove secara mandiri yang dilakukan sejak awal tahun 2000-an.

Melihat aksi Mak Jah yang sampai saat ini terus melakukan penghijauan di Desa Bedono, membuat Brighty tergerak untuk membantu Mak Jah dan masyarakat setempat untuk memulihkan desanya kembali.

Baca juga: Kolaborasi Penghijauan Debellin dan LindungiHutan Tanam 600+ Mangrove di Kendal

LindungiHutan mengajak kamu semua untuk bergabung dalam aksi penghijauan di Desa Bedono melalui kampanye alam maupun donasi pohon. Klik tombol di bawah ini dan inisiasi kegiatan penghijauan untuk brand kamu di Desa Bedono.

Ingin ikut serta dalam menghijaukan Desa Bedono bersama LindungiHutan?

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Rawat Bumi LindungiHutan