Connect with us

Mitra Hijau

Watsons Go Green Tanam 1.000 Pohon di Teluk Benoa Bali

Published

on

Program CSR Watsons

Watsons adalah peritel produk kesehatan dan kecantikan yang terkemuka di Asia, yang pada saat ini mengoperasikan lebih dari 7.200 toko dan 1.500 apoteker di 13 pasar Asia dan Eropa, termasuk Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Macau, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam, Indonesia, Rusia, Turki, dan Ukraina.

Saat ini, Watsons Indonesia memiliki lebih dari 159 toko (per Oktober 2022) yang tersebar di Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatra. Watson Indonesia juga telah memperluas bisnisnya ke platform e-commerce dan toko resmi di beberapa marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan Blibi untuk lebih dekat dengan pelanggan dan dapat memberikan layanan tanpa henti.

Watsons Indonesia selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik di segala hal yang kami lakukan. Beberapa penghargaan berhasil diperoleh sebagai tanda prestasi di dalam bidang ritel kesehatan dan kecantikan.

Indonesia Most Admired Companies Award 2020 ‘Empowering The Emerging Generations’- Retail Category, merupakan salah satu bentuk apresiasi yang diberikan oleh Warta Ekonomi.

Watsons terus menerus menetapkan standar di pasar kesehatan, kebugaran, dan kecantikan, dengan memberikan nasihat dan penyuluhan yang bersifat pribadi di bidang kesehatan, kecantikan, dan perawatan diri.

Watsons Indonesia Gelar Program ‘Watsons Go Green Tanam Pohon’ Di Teluk Benoa, Bali

Komitmen untuk menjadi peritel produk kesehatan dan kecantikan terbaik, nyatanya juga diiringi oleh kesadaran Watsons Indonesia akan pentingnya kelestarian alam. Watsons Indonesia memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, mengingat isu lingkungan telah menjadi isu dan perhatian global dan merupakan tanggung jawab bersama bagi setiap pihak.

Maka dari itu, Watson Indonesia menggandeng LindungiHutan mengadakan kampanye alam dengan tajuk ‘Watsons Go Green Tanam Pohon’ sebagai partisipasi dalam upaya penghijauan Indonesia.

Melalui kampanye alam tersebut, Watsons Indonesia sukses menanam 1.000 pohon Mangrove di Teluk Benoa, Kabupaten Badung, Bali, pada 28 Juli 2022.

Aksi nyata Watson Indonesia ini sudah semestinya kita apresiasi bersama. Harapannya kampanye alam tersebut bisa menginspirasi banyak pihak sehingga makin banyak yang terlibat untuk bersama-sama menghijaukan Indonesia.

Baca juga: Gramedia Ecoliteracy: Program Penghijauan 250 Pinus di Gunung Andong Bersama LindungiHutan

Kondisi Ekologi Teluk Benoa dan Ekosistem Mangrove yang Beragam

Puteri Indonesia NTB ikut acara Watsons
Puteri Indonesia NTB 2022 turut serta terlibat kegiatan Watsons Go Green (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Teluk Benoa adalah wilayah pariwisata yang terletak di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Keanekaragaman ekosistem di Teluk Benoa sangat tinggi dan kompleks yaitu: ekosistem mangrove, terumbu karang (coral reefs), padang lamun (seagrass beds), dan daratan pasang surut (tidal flats).

Ekosistem-ekosistem tersebut tentunya memiliki keanekaragaman jenis flora, fauna, dan alam yang khas, saling berkaitan erat satu sama lainnya. Luas ekosistem mangrove di Teluk Benoa sendiri total sekitar 1.394,5 ha. Luas tersebut merupakan 62,9% dari hutan mangrove di Pulai Bali sekitar yang mana tumbuh melingkari sisi Teluk Benoa dari Tukan Loloan sampai Tanjung Benoa dan sebagian di Pulau Serangan.

Teluk Benoa sendiri menjadi salah satu wilayah terdampak aktivitas reklamasi dan alih fungsi lahan yang menyebabkan kerusakan lingkungan. Ekosistem mangrove yang rusak mengancam mata pencaharian nelayan sekitar.

Di samping reklamasi, kandungan microplastic di Teluk Benoa juga merupakan salah satu isu lingkungan yang perlu diperhatikan. Kendati nilai kandungan mikroplastik masih tergolong rendah, tetapi keberadaannya tetapi bisa membahayakan biota laut.

Baca juga: PT Nichias Sunijaya Jalankan Program CSR Tanam 1.000 Mangrove di Muara Sungai Cisadane, Tangerang

Lindungi Teluk Benoa, Watsons Indonesia Menanam 1.000 Mangrove Bersama LindungiHutan

Karyawan Watsons Indonesia ikut menanam bibit mangrove.
Perwakilan Watsons Indonesia ikut terlibat menanam bibit pohon bakau di pesisir Teluk Benoa, Bali (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Keberadaan ekosistem mangrove di Teluk Benoa sangat penting karena memiliki beberapa manfaat fisik, ekologi, maupun ekonomi. Secara fisik, hutan mangrove berperan sebagai barrier abrasi, tsunami, angin kencang, sekaligus menjadi sistem filter alami yang melindungi terumbu karang dan padang lamun dari sedimentasi dan sampah/limbah.

Selain itu, mangrove Teluk Benoa memegang peranan vital sebagai paru-paru kota mengingat letaknya yang strategis di daerah perkotaan. Dalam hal ini, mangrove dapat memproduksi oksigen sekaligus menyerap emisi karbon.

Selain beberapa peran vital seperti disebutkan di atas, pohon bakau menyimpan banyak manfaat seperti:

  • Penahan abrasi pantai,
  • Menangkap karbondioksida dan menukarnya dengan oksigen, sehingga mencegah pemanasan global,
  • Penahan badai dan angin yang bermuatan garam,
  • Penahan intrusi air laut ke daratan,
  • Tempat hidup beragam makhluk hidup baik itu yang berlindung, mencari makan, dan tinggal,
  • Menjaga kualitas air lewat akar tunjang yang mampu menyerap polutan-polutan.

Baca juga: Lemonilo Peringati Hari Bumi Tanam 100 Pohon di Semarang Bersama LindungiHutan

Semoga, inisiasi penanaman 1.000 pohon mangrove oleh Watsons Indonesia bisa membawa kebaikan baik untuk lingkungan maupun masyarakat setempat.

Rawat Bumi LindungiHutan