Powered by ProofFactor - Social Proof Notifications

10+ Website Donasi Online Terpercaya & Galang Dana di Indonesia

Masyarakat Indonesia merupakan penduduk paling baik sedunia. Selain memiliki sifat solidaritas yang tinggi, banyak orang Indonesia yang tertarik dan aktif berbagi. Artikel ini mengulas 10+ situs donasi online terpercaya
Website donasi online terpercaya di Indonesia.

Di era yang sudah canggih ini, berbagai hal bisa dengan mudah diakses melalui gadget, kapanpun dan di mana saja kita berada termasuk berdonasi online. Langkah baik berdonasi dan bersedekah kini juga bisa dilakukan secara online dengan sebatas meng-klik tombol donasi.

Namun pastinya, kita juga perlu memastikan terlebih dahulu mengenai situs (website) tempat kita donasi online tersebut. Supaya niat baik yang kita harapkan tersampaikan kepada penerima manfaat dengan tepat.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas 10 website galang dana dan donasi online terpercaya di Indonesia.

1. LindungiHutan: Situs Donasi Online, Galang Dana dan Kerjasama untuk Hutan

LindungiHutan adalah sebuah website penggalangan dana, donasi online dan kerjasama untuk konservasi hutan dan lingkungan. LindungiHutan memiliki beragam kegiatan, mulai dari jelajah lingkungan untuk melihat akibat kerusakan lingkungan di sekitar, kemudian mencari komunitas dan petani hutan di wilayah tersebut untuk bersama-sama melangsungkan agenda penanaman.

Selain itu, LindungiHutan juga membuka kesempatan untuk bergabung menjadi relawan di setiap kota dan bersama-sama mewujudkan aksi penanaman di seluruh Indonesia.

Melalui website LindungiHutan.com, pengunjung bisa berkontribusi untuk hutan dengan berbagai cara, seperti berdonasi online pada Campaign yang tercantum di website, gabung aksi pada Campaign yang ada di daerahmu, ikut serta menyebarkan informasi Campaign ke orang-orang terdekatmu, dan kamu juga bisa memulai kampanye alam milikmu sendiri bersama LindungiHutan.

Mulai dari individu, komunitas, hingga perusahaan dapat bergabung untuk membuat Campaign di LindungiHutan.

LindungiHutan memiliki tagline “Bersama Menghijaukan Indonesia”. Harapannya, bersamaan dengan partisipasi dari masyarakat, aksi penghijauan Indonesia semakin meluas dan dapat memperbaiki kondisi hutan di seluruh Indonesia.

Jika kamu ingin berdonasi online, membuat kampanye, ataupun mempunyai brand atau bisnis yang , kamu dapat mengunjungi LindungiHutan.com untuk mengecek kegiatan yang mereka lakukan.

2. KitaBisa: Situs Galang Dana, Donasi dan Bayar Zakat

Kitabisa merupakan sebuah website penggalangan dana dan donasi online untuk inisiatif, campaign dan program sosial. Platform pelopor galang dana dan donasi online di Indonesia ini, telah menjadi wadah bagi banyak individu, komunitas, organisasi, hingga perusahaan yang juga disebut #Orangbaik untuk melakukan penggalangan dana dengan membuat halaman donasi online.

Melalui Kitabisa, pengunjung dapat menyalurkan donasi online untuk masyarakat yang membutuhkan untuk tujuan sosial, personal, kreatif, dan sebagainya. Kitabisa menerapkan kebijakan open platform, yang artinya siapapun dapat membuat halaman donasi online di Kitabisa selama persyaratan verifikasi identitas dapat dilengkapi dan tidak melanggar hukum di Indonesia.

Jika kamu berniat menjadi #Orangbaik, kamu bisa mengunjungi KitaBisa.com atau aplikasi yang dapat kamu unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store.

3. Aksi Cepat Tanggap (ACT): Donasi dan Sedekah untuk Sesama

ACT termasuk lembaga filantropi professional berskala global yang merespon cepat masalah-masalah penyelamatan kemanusiaan melalui program-program kreatif, holistik dan masif. Seluruh elemen masyarakat dilibatkan oleh ACT demi mewujudkan dunia yang lebih baik.

Hingga kini, ACT telah mengembangkan aktivitasnya pada ranah kegiatan tanggap darurat, program pemulihan pasca bencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program Qurban, Zakat dan Wakaf yang bersifat spiritual.

Lembaga kemanusiaan ACT mendapat dukungan donatur publik dari masyarakat yang memiliki kepekaan dan kepedulian tinggi akan permasalahan kemanusiaan serta partisipasi dari perusahaan melalui program kemitraan dan Corporate Social Responsibility (CSR).

Jangkauan aktivis program-program ACT mencapai 30 provinsi dan 100 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Sementara di level global, saat ini sudah mencapai ke 22 negara di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, Indocina, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa Timur.

4. Rumah Zakat: Lembaga Pengelola Zakat, Infak, Sedekah dan Sumbangan Sosial

Rumah Zakat (RZ) merupakan sebuah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama, yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).

Mulai dari zakat emas, zakat penghasilan, hingga zakat tabungan bisa kamu tunaikan melalui Rumah Zakat. Jika kamu masih belum mengetahui jumlah zakat yang perlu kamu keluarkan, website donasi online ini menyediakan kalkulator zakat yang harus kamu keluarkan.

5. Sharing Happiness: Situs Donasi Online Inisiasi Rumah Zakat

Rumah Zakat juga meluncurkan platform lain yang bernama Sharing Happiness yang merupakan sebuah platform galang dana dan donasi online dalam pengelolaan Yayasan Berbagi Bahagia. Sharing Happiness menyediakan platform bagi pembuat project sosial baik untuk personal maupun organisasi untuk mempresentasikan ide mereka kepada audiens yang terhubung di seluruh dunia.

Sharing Happiness meyakini bahwa semua orang memiliki jiwa sosial dan kepedulian yang tinggi kepada sesama.

Melalui platform ini, diharapkan dapat menjadi wadah yang tepat agar dana yang dititipkan oleh para donatur dapat tersalurkan dengan baik kepada para penerima manfaat.

6. WeCare: Galang Dana dan Donasi Online untuk Kesehatam

WeCare.id adalah sebuah platform yang dibuat khusus untuk menggalang dana dan berdonasi online bagi pasien yang memiliki kemampuan finansial terbatas, tinggal di wilayah yang sulit dijangkau, serta belum terdaftar sebagai peserta BPJS atau kepesertaannya sudah tidak aktif. WeCare.id bekerja sama dengan dokter-dokter di rumah sakit untuk menghubungkan calon donatur dengan pasien sehingga mereka dapat memperoleh pengobatan dan fasilitas pendukung lainnya yang menyeluruh.

Situs donasi online ini percaya bahwa setiap individu di Indonesia punya hak yang sama atas pelayanan kesehatan yang diterima, sehingga mereka dapat berperan sebagai individu yang prima dan produktif. Selain mendukung program JKN dari pemerintah, WeCare.id juga memfasilitasi tiap individu yang masih memiliki tunggakan iuran BPJS.

Melalui website WeCare.id, para calon donatur memilih pasien yang ingin dibantu dengan melihat daftar dan informasi para pasien. Calon donatur bisa memberi bantuan dengan berdonasi online mulai dari Rp 25.000.

7. PeduliSehat: Website Donasi Online untuk Kesehatan

Pedulisehat.id merupakan sebuah platform donasi online Indonesia di bidang kesehatan. Melalui pedulisehat.id, sekarang kita bisa melakukan donasi kesehatan kapanpun dan dimanapun dengan cepat serta transparan dalam membantu pasien yang tepat. Pedulisehat.id berfokus pada mereka yang menderita penyakit kronis, tidak memiliki cukup dana untuk perawatan serta pengobatan dan dana untuk bertahan hidup.

Para calon penggalang bisa membuat kampanye penggalangan dana di pedulisehat.id dengan mudah dan tanpa dipungut biaya. Platform ini juga menghubungkan para pasien dengan calon donatur, serta donasi yang diterima dari para donatur selalu bersifat transparan, yang disertai doa baik dan komentar mendukung untuk pasien.

Tak perlu khawatir mengenai donasi yang kamu berikan melalui platform ini, karena pedulisehat.id juga dimonitori oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Selain dapat melakukan penggalangan dana dan donasi online melalui platform ini, kamu juga bisa membagikan kampanye yang ada di pedulisehat.id melalui media sosial populer dan aplikasi pesan instan seperti Facebook, Whatsapp, dan Twitter.

8. BenihBaik: Cara Mudah Galang Dana dan Donasi Online

Yayasan Benih Baik Indonesia (BenihBaik) didirikan sebagai bentuk kepedulian para founder terhadap beragam isu sosial, kemanusiaan, kebudayaan, keagamaan, hingga kesejahteraan sosial lainnya yang dananya kurang didukung untuk memenuhi kebutuhan dasar, pengembangan diri, dan/atau potensi ekonomi atau operasional lainnya yang mungkin belum terakomodir dengan baik oleh pemerintah.

BenihBaik menghadirkan sebuah platform digital yang memfasilitasi kegiatan penggalangan dana masyarakat secara sukarela. Melalui platform ini, BenihBaik memberikan kemudahan pada semua orang yang ingin berdonasi online dengan berbagai metode pembayaran yang disediakan.

Semua campaign yang digalang di BenihBaik telah melalui proses kurasi dan verifikasi untuk memastikan bahwa penggalangan dana benar-benar sesuai kebutuhan. BenihBaik menjamin bahwa semua penggalangan dan penyaluran dana diproses dengan sistem kurasi berbasis jurnalistik.

Hingga saat ini, sudah lebih 40 perusahaan yang bekerja sama dengan BenihBaik dan ada lebih dari 40 miliar rupiah donasi yang telah tersalurkan.

9. Sedekah Online: Tunaikan Sedekah dan Zakat Online dengan Mudah

SedekahOnline merupakan Crowdfunding Muslim pertama di Indonesia yang dioperasikan oleh PPPA Daarul Qur’an Nusantara. Platform ini hadir untuk memudahkan umat Muslim dalam menggalang dana, sedekah, zakat, wakaf dan donasi online.

Melalui situs web SedekahOnline, para calon donatur dapat melakukan donasi online dalam penggalangan dana untuk aksi kemanusiaan, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan. Hasil sedekah para donatur disalurkan pada penerima manfaat yang tersebar di 411 kabupaten di 34 provinsi dan 7 negara.

SedekahOnline menyediakan layanan penggalangan dana secara online kepada pengguna, baik melalui web maupun aplikasi mobile.

10. Dompet Dhuafa: Lembaga Amil Zakat Nasional

Dompet Dhuafa merupakan sebuah lembaga filantropi dan kemanusiaan yang hadir sejak tahun 1993 silam. Platform ini bergerak untuk pemberdayaan umat dan kemanusiaan melalui pengelolaan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf, serta dana sosial lainnya yang terkelola secara modern dan amanah. Dompet Dhuafa mengutamakan konsep welas asih atau kasih sayang sebagai akar dari gerakan filantropis yang mengedepankan lima pilar program, yaitu kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial, serta dakwah dan budaya.

Hingga saat ini, kepercayaan dan partisipasi publik terus menuntun Dompet Dhuafa dalam menghadapi tantangan di negeri maupun global. Berawal dari kolom donasi, kini Dompet Dhuafa terus berkhidmat mengantarkan amanah para donatur maupun muzakki kepada para penerima manfaat.

Sejak berdiri di tahun 1993 hingga 2021, penerima manfaat dari hasil donasi para donatur di Dompet Dhuafa telah menyentuh angka 24 juta jiwa.

11. Peduli Muslim: Website Donasi Online dan Sedekah untuk Umat Islam

Peduli Muslim pada mulanya merupakan bidang kerja di bawah Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari (YPIA). YPIA merupakan yayasan dakwah yang memfokuskan kegiatannya di bidang dakwah mahasiswa dan pendidikan Islam.

Seiring waktu berjalan, YPIA membuka donasi kasuistik pada momen-momen musibah yang menimpa kaum muslimin, seperti Gempa Padang, Tragedi Penyerangan Syi’ah di Dammaj, dan bencana alam Gunung Merapi 2010.

Setelah penyelenggaraan kegiatan-kegiatan kasuistik tersebut, terbesit pikiran di antara para pengurus yayasan untuk membuat bidang khusus kemanusiaan yang permanen, agar pengelolaan donasi untuk membantu meringankan beban kaum muslimin yang tertimpa musibah menjadi lebih tertata, terencana, dan profesional.

Untuk itulah pada awal tahun 2013, Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari membentuk bidang kerja baru, Bidang Sosial Kemanusiaan. Tim yang bekerja di bidang ini kemudian disebut sebagai Tim Peduli Muslim.

12. Imbangi: Karbon Kalkulator untuk Serap Jejak Karbon

Imbangi adalah sebuah platform carbon calculator yang diluncurkan oleh LindungiHutan yang bisa membantu kamu untuk menebus jejak karbon yang sudah kamu tinggalkan. Melalui platform ini, kamu bisa menebus emisi karbon yang kamu hasilkan dengan berdonasi online untuk penanaman pohon.

Kamu bisa menggunakan kalkulator jejak karbon terlebih dahulu untuk mengetahui berapa banyak pohon yang perlu kamu tanam.

Mulai dari jejak karbon ternak, kendaraan, peralatan listrik, sampah, bahan bakar, hingga AC (pendingin ruangan) bisa kamu hitung dengan kalkulator jejak karbon melalui Imbangi.

Setiap website penggalangan dana dan donasi online di atas tentunya memiliki program dan visi yang berbeda-beda, namun semuanya tetap untuk tujuan kebaikan. Pastinya semua platform di atas bersifat transparan dan terpercaya.

Mulai Donasi Online dan Sedekah Pohon di LindungiHutan HANYA 10 Ribu Rupiah

LindungiHutan adalah website donasi online, galang dana dan kerjasama untuk kelestarian hutan Indonesia yang telah mempunyai izin dan terpercaya. Salurkan niat kebaikan untuk membantu sesama dan alam dengan sedekah pohon untuk keberlangsungan masa depan kita.